Hai sahabat e4-Blog,kali ini izinkan saya berbagi sedikit informasi tentang sejarah kota kelahiran saya yaitu Kumai di blog ini saya sengaja membuat submenu tentang "kumai zone" mengingat sedikit sekali informasi yang bisa saya dapatkan tentang kota kumai dan perkembangannya di internet,tak tau mengapa,mungkin karena sedikit sekali bagi teman-teman di kumai yang berkecimpung di dunia blogging ataupun internet marketing,atau mungkin sangat sulit bersaing di mbah google.he he,untuk itu melalui blog ini saya ingin memperkenalkan tentang kota kumai yang berada di pulau kalimantan,tepatnya di Kalimantan Tengah.

Langsung saja ya kita mulai perkenalannya saya harap teman-teman di kumai sudah tau tentang sejarah kotanya,kalo gak tau,jangan ngaku-ngaku jadi orang kumai yach...!!! untuk teman-teman yang ada di luar daerah semoga bisa berkunjung ke kota kumai yang terkenal dengan Taman Nasional Tanjung Putingnya ini.



Teluk Kumai
Teluk Kumai

Sejarah Kumai

Kumai pernah menjadi bagian dari monarki kotawaringin,yang pada awalnya di pimpin oleh pangeran Bendahara yang kemudian di lanjutkan oleh Muhammad Cik,kepala desa kumai ,yang selanjutnya di lanjutkan oleh Bpk Amsar yang kemudian mencadi Camat Kumai

Kumai merupakan pusat perjuangan para pahlawan di kotawaringin barat untuk menyerang belanda dan jepang pada zaman penjajahan,tepatnya pada Taggal 14 Januari 1946 pernah terjadi pertempuran yang banyak menewaskan para pejuang .

Maka untuk mengenang pristiwa tersebut pemerintah membangun sebuah monument di sei tendang untuk mengenang perjuangan para pahlawan kumai,dan masyarakatpun selalu memperingatinya setiap tanggal 14 januari dan selalu di hadiri oleh bupati kotawaringin barat.

Kumai memiliki luas wilayah sekitar 2921.00 km yang sebelah barat berbatasan dengan kecatamatan arut utara dan kabupaten seruyan,sebelah timur berbatasan dengan laut jawa serta sebelah barat berbatasan dengan Arut selatan.

Perkembangan Kumai Sekarang

Setelah kita membahas sejarh singkat kota kumai,kali ini saya akan memberikan sedikit gambaran perkembangan kumai pada saat ini ,yang bisa di bilang sangat lambat terutama dalam hal pembangunan sarana dan prasarana.

Padahal kalau di lihat dari lokasi dan letak wilayah serta industri yang ada di kumai sangatlah strategis dan merupakan pintu masuk pengiriman barang dari daerah lain,khususnya pulau jawa,melalui perlabuhan panglima utarkumai merupakan modal yang cukup untuk menjadi daerah yang mampu bersaing dengan derah-derah lainnya di indonesia.


Sejarah Kumai Dn Perkembangannya Hingga Sekarang
Pelabuahan Panglima Utar Kumai
Gambar di atas merupakan pelabuhan panglima utar kumai,yang menjadi akses utama peredaran barang dan jasa ke daerah lain,dan menjadi salah satu aset kebanggaan masyarakat kumai,selain pelabuhan di kumai juga banyak terdapat perkebunan dan pabrik kelapa sawit ,PLTU dan Pertamina.

Demikian sejarah singkat kumai dan perkembangannya hingga sekarang,semoga kedepannya kumai bisa menjadi lebih baik dan mampu bersaing dengan daerah-derah lainnya di indonesia.

2 komentar

banyak ko blogger kumai, tapi malas menulis kotanya sendiri hehe :D BTW loe orang mana? kumai jua kah?


EmoticonEmoticon