Custom Search

Masa tua merupakan masa di mana saatnya kita menikmati semua yang telah kita usahakan sebelumnya,



fase di mana kita bisa menikmati hidup bahagia karena sudah berada di ujung produktif.Untuk itu kita harus bisa mempersiapkan sedini mungkin dan harus bisa membangun keungan dari sekarang.

Karena masa tua bukan masa untuk menerima apalagi memberi dan biasanya tidak bisa lagi mendapatkan penghasilan yang normal,



sudah seharusnya kita bisa mempersiapkannya agar kelak bisa hidup mandiri salah satu caranya dengan membedakan antara kebutuhan dan keinginan.





Berikut Beberapa Tips Membangun Keungan Demi Masa Tua



1.Mengalokasikan Dana Rumah Tangga Secara bijak

Sahabat harus bisa mengalokasikan dan mengatur dana untuk kebutuhan rumah tangga secara rinci dan harus ada perhitungan yang jelas sesuai kebutuhannya yang semuanya harus menjadi total 100%.yang biasanya dana kebutuhan sekitar 60% tabungan dan sosial sekitar 30% dan sisanya untuk bersenagn-sengan 10%.

Dengan mengatur dan mengelolanya secara jelas,maka kita akan lebih mudah mengontrol pengeluaran dan bisa dengan mudah membedakan mana kebutuhan pokok dan mana yang hanya sekedar keinginan.

2.Bijaklah Dalam Berhutang

Hampir semua orang memiliki hutang dan sebenarnya tidak ada yang slah dalam berhutang baik yang konsumtif ataupun produktif,hanya saja kita harus bijak dalam menentukan hutang terutama untuk keperluan konsumtif,kita harus benar-benar bijak sana dalam memilih barang yang benar-benar kita perlukan dan membawa manfaat

Sedangkan untuk utang produktif usahakan beban cicilan tidak lebih dari 30% totoal penghasilan anda,agar kita tidak terbebani dan lebih mudah dalam mengelola dan mengatur keungan keluarga

Tips membangun keuangan demi kebahagian di masa tua


3.Menyiapkan Dana Darurat Untuk Beberapa Bulan Ke Depan

Kita tidak tau apa yang akan terjadi di masa depan,untuk itu alangkah bijaksananya bila kita dapat menyishkan sebagian dari penghasilan kita untuk dana darurat sampai beberapa bualan ke depan.

Agar Jika sewaktu ada hal-hal yang tidak kita inginkan terjadi kita tidak terjetat hutang dan bisa menggunakan dana darurat tersebut

4.Hindari Budaya Konsumtif

Hindari menghambur-hamburkan uang untuk hal-hal yang belum begitu kita perluakan,ataupun hanya sekedar untuk memenuhi gaya hidup semata,karena hal-hal demikian bisa mengakibatkan kita terjebak dalam budaya komsumtif.

Sehingga kita akan sulit untuk mengatur dan mengelola keuangan keluarga kita,karena kebanyakan orang cenderung menghambur-hamburkan uang tanpa memikirkan akibatnya kelak.

5.Persiapkan Dana Pendidikan Anak

Anak Merupakan Aset paling berharga dan merupakan buah hati kedua orang tua,untuk itu sahabat harus bisa sedini mungkin mempersiapkan dana pendidikan anak,jangan tunggu anak dewasa jika sahabat tidak ingin kewalahan dalam pendidikannya kelak.

Mulailah mempersiapkan dan pendidikan anak sedini mungkin,kalau perlu dari balita sudah kita persiapakan tabungan khusus untuk dana pendidikan anak,agar pada saatnya nanti bisa kita guanakan .

6.Berinvestasi dan membangun Aset

Investasi juga merupakan hal yang penting untuk kita persiapkan jika kita ingin merasakan hidup bahagia pada masa tua nanti,karena dengan investasi kita tidak perlu mengeluarkan banyak tenaga lagi untuk bisa mendapatkan penghasilan

Untuk itu persiapkanlah dan usahakan semaksimal mungkin agar kita bisa memiliki aset investasi jangka panjang yang bisa kita gunakan untuk masa tua kelak.


EmoticonEmoticon