Namanya anak muda pasti sukanya nongkrong bareng teman-teman entah itu di cafe ataupaun di mall

Sebenarnya oke-oke aja sih, namanya manusia pasti butuh hiburan dan butuh waktu ngumpul bareng teman juga

tapi masalahnya kalau pas lagi gak punya uang tiba-tiba teman-teman pada ngajakin nongkrong, giman tuh?

Mau bilang gak punya uang malu, mau minta traktirpun malu. haha

Tapi tenang aja, kali ini saya akan berbagai tips sederhana biar kamu bisa nongkrong bareng teman meski gaji pas-pasan dan masih bisa nabung pula

Karena pada dasarnya manusia itu gak pernah merasa cukup, seberapa besar pemasukan kitapun tetap aja kurang kalau kita tidak bisa memanajemennya

Apalagi masa-masa muda, yang kadang masih suka ngumpul dan jalan-jalan, kalau kita tidak pandai menyiasati , maka kantong akan bolong dan masa depan akan suram

mau tau tipsnya?

1. Bagi gajimu menjadi empat bagian, untuk kebutuhan pokok seperti pulsa,paket internet, Untuk ngasih orang tua, untuk di tabung dan untuk biaya nongkrong

Berapapun gajimu pada saat gajian, jangan biarkan uang kamu jadikan satu, tapi langsung di bagi sesuai kebutuhan

Ini untuk menjaga agar kita lebih hati-hati dalam menggunakan uang kita sehingga tidak mengganggu kebutuhan lainnya

Karena seringkali tanpa kita sadar kita banyak menggunakan gaji kita pada satu kebutuhan saja, sehingga untuk kebutuhan yang lainnya kita tidak bisa penuhi dan ujung-ujungnya harus ngutang dech.


tips sederhana biar bisa nongkrong bareng teman meskipun gaji pas-pasan

2. Jangan nongkrong di awal gajian, karena pada saat itu biasanya kita merasa menjadi orang kaya

Usahakan sebisa mungkin jangan nongkrong pada saat kita gajian, karena pada saat itu kita cenderung boros dan mengeluarkan uang seenaknya saja serasa seperti bos saja

Apalagi, kalau kita nongkrongnya habis ngambil uang gaji dari ATM, bisa-bisa di borong semua tuhch apa yang di lihat

Setelah sampai rumah baru kita sadar, ternyata kita sudah menghabiskan separo gaji untuk poya-poya

Dan ujung-ujungnya menyesal

Baca juga : Peluang bisnis modal kecil

3. Sebisa mungkin hindari hutang, kecuali memang benar-benar untuk keperluan mendesak dan sangat penting

Kebiasaan paling buruk yang sering kita lakukan adalah suka ngutang untuk hal-hal yang tidak terlalu penting, dengan alasan lebih mudah karena tidak harus menggunakan uang cash,

Padahal secara tidak sadar, kebiasaan berhutang justru mendidik kita boros karena terkadang kita tidak bisa mengontrol pengeluaran kita dengan baik

Akibatnya, setiap habis gajian kita harus memotong uang gaji kita untuk bayar hutang dan gak bisa nongkrong karena uangnya habis untuk bayar hutang

Alangkah baiknya kalau kita menggunakan anggaran yang sudah kita tentukan tiap bulannya, sehingga kita bisa mencegah mengeluarkan uang untuk hal-hal yang tidak terlalu penting

4. Usahakan makan dulu dari rumah sebelum nongkrong, agar kita gak perlu beli makanan lagi saat nongkrong,cukup dengan minum dan beberapa cemilan saja

Hitung-hitung agar kita bisa berhemat saja, karena dengan perut kenyang kita tidak perlu lagi beli makanan pada saat nongkrong, cukup dengan minum dan beberapa cemilan saja, yang pentingkan bisa nongkrong bareng teman-teman kan?

ini kita lakukan agar kita tidak membelanjakan uang kita secara membabi buta, karena uang tersebut untuk anggaran selama satu bulan

Dan lagi kitakan nongkrong gak cuma sekali aja, jadi kita harus bisa mengatur anggran uang hiburan kita dengan bijak

5. Nongkrong di cafe yang ada Wifi nya karena dengan segelas jus saja cukup buat kita menghabiskan waktu di sana

Jika mau nongkrong, pilahlah cafe yang ada wifinya karena cukup dengan satu gelas minuman saja kita bisa nongkrong sambil online dan menghabiskan waktu di sana

hitung-hitung modal kecil namun tetap exist. hehe

Apalagi buat kita para blogger, kalo lagi jenuh di rumah bisa gunakan cara ini, agar kita tetap bisa membuat beberapa artikel meskipun kita lagi nongkrong bareng teman-teman 

Baca juga : bisnis online google adsense

6. Gak usah malu untuk berburu promo di cafe, karena ini bukan masalah gengsi, yang terpenting kita bisa senang-senang bareng teman-teman

Gak usah malu dech untuk berburu promo di cafe, karena kita bisa menghemat pengeluaran badget untuk nongkrong kita dengan cara ini, yang terpentingkan kita bisa senang-sengan bareng teman-teman

Untuk itu kita harus punya daftar list cafe yang banyak, sehingga kita bisa tau pada saat mereka mengadak promo atau diskon

Gak usah terpaku pada satu tempat tongkrongan saja

7. Ajak teman-teman untuk patungan di saat kondisi keuangan benar-benar seret

Ini penting, gak usah ragu untuk ngajak teman-teman kita patungan di saat keuangan kita udah seret, karena saya yakin teman-teman kita pasti bisa mengerti

dengan cara ini juga, kita bisa bersama-sama mencari tempat tongkrongan yang sesuai dengan budget dan gak memaksa kita untk mengeluarkan anggaran lebih

Syukur-syukur kalau ada teman-teman kita yang punya rezeki lebih dan mau mentraktir kita, itulah indahnya persahabatan, susah senang bersama-sama

baca juga : Menyiasati pendapatan bulanan yang kurang

Kesimpulan :

Bijaklah dalam mengelola keuangan kita, apalagi buat kita yang gajinya pas-pasan karena hidup bukan untuk saat ini saja, ada masa depa yang sedang menanti kita

Belajar bijak menggunakan uang akan membantu kita menjadi pribadi yang tidak boros dengan menggukan sesuatu sesuai dengna kemampuan kita

Dan mungkin suautu saat kita bisa menjadi orang sukses dengan di awali pengelolaan keuangan yang baik


EmoticonEmoticon