Custom Search

Serius bisa dapat modal tanpa ngutang? trus dari mana dapat modalnya?, kalo sobat baca judul artikel saya ini , saya yakin bakal terbesit pertanyaan seperti ini di benak sobat?

Tenang sobat, ini serius koq, mendapatkan modal usaha tanpa ngutang itu sangat penting bagi kita yang baru belajar membuka usaha sendiri

Sehingga kalau usaha kita gagal, kita tidak bakal terbelit hutang yang bisa menggerogoti kita, apalagi jika hutang tersebut ada bunganya,, wah bisa berabe dech

Untuk itu sangat penting bagi kita, sebisa mungkin menghindari yang namanya hutang, meskipun untuk modal usaha

Trus gimana donk solusinya?

Tengan aja, berikut beberapa tips yang sudah saya siapkan buat sobat, tinggal di peraktekin aja :


1.Bagi yang sudah punya penghasilan, wajibkan diri kita untuk menyisihkan 1/3 dari penghasilan yang kita dapatkan, berapapun besarnya


tips mendapatkan modal usaha tanpa ngutang


Bagi kamu yang sudah punya penghasilan sendiri, maka menyisihkan 1/ 3 penghasilan kamu merupakan cara paling ampuh untuk mendapatkan modal buat usaha, berapaun besarnya, yang terpenting 1/3 dari penghasilan kamu

Jangan menunggu punya penghasilan besar baru mau menabung? karean justru selamanya kita tidak akan bisa menabung

Selain untuk modal usaha, menabung juga membiasakan diri kita untuk memanjement keuangan dengan baik, dan menggunakannya untuk hal-hal yang penting saja

Sehingga suatu saat, ketika kita memiliki penghasilan yang besarpun kita bisa memanjement keuangan dengan baik dan tidak menghambur- hamburkannya


2. Bagi Kamu Yang Sulit Menabung, Bedakan Antara Kebutuhan Dan Kemauan 


bedakan antara keperluan dan kemauan


Hal yang paling sulit adalah membedakan antara kebutuhan dan keperluan yang kadang membuat kita terjebak dan terlena, membeli sesuatu hanya untuk memuaskan kemauan dan nafsu saja

Padahal kita tidak benar-benar memerlukankannya, di sinilah mengapa terkadang sangat sulit untuk kita bisa menyisihkan sebagian penghasilan kita untuk di tabung

Padahal kalau kita lebih bijak, kita harus bisa membedakan, mana yang betul-betul kita perlukan, mana yang bisa kita kesampingkan dulu

Jangan mudah terpengaruh dengan lingkungan, karena bisa jadi mereka membeli barang-barang mewah karena memang mereka memerlukannya 


3. Dari Pada Barang-Barang Bekas Di Rumah Di Biarkan Tergeletak Begitu Saja, Mending Jual Saja Ke Pengepul, Kan Lumayan Buat Tambahan Modal


Jual barang bekas ke pengepul

Kan sayang banget tuh barang-barang bekas yang masih layak pakai kamu biarin begitu aja, mending kamu jual aja ke pengepul barang- barang bekas, kan uangnya bisa jadi tambahan modal

Yang terpenting jangan barang-barang yang masih bagus aja sobat jual, hehe

Apalagi di zaman sekarang, apa sih yang gak jadi duit? besi bekas sama kertas aja bisa di jadikan duit,

So, gak ada salahnya kalau sobat cara ini, apa lagi kalau sobat bisa ngumpulin barang-barang bekasnya dari tempat keluarga juga

Wah, pasti bisa lebih banyak tu dapat tambahan modalnya

Baca Juga : Karakteristik Seorang Pengusaha Sukses
                  : Tips Sukses Jualan Online Untuk Pemula
                  : Apa Itu Bisnis Franchise Atau Waralaba
                  : 7 Alasan Kamu Harus jadi Blogger Mulai Dari Sekarang

4. Arisan Bareng Teman-Teman Juga Bisa Jadi Solusi Mendapatkan Modal Usaha Tanpa Ngutang


arisan bareng teman


Bersatu kita teguh, bercerai kita runtuh, dari pada kita ngutang ke bank, maka arisan bareng teman-teman merupakan salah satu solusi untuk dapat modal, 

Gak usah terlalu banyak, cukup kumpulkan 20 sampai 25 orang temanmu, kemudian ajak mereka untuk arisan modal, maka dalam waktu yang gak terlalu lamu kamu bakalan dapat modal untuk buka usaha baru

Yang terpenting adalah teman-teman yang kita ajak adalah orang-orang yang bisa di percaya dan memiliki visi dan misi yang sama

Agar tidak terjadi sesuatu yang tidak di inginkan nantinya

5. Kalau Masih Sulit, Maka Menjadi Reseller Atau Affiliasi Dari Toko Online Ternama Bisa Jadi Pilihan


jadi reseller toko online



Di era digital marketing ini, ada banyak sekali toko online yang menawarkan kerjasama menjadi reseller ataupun affiliasi dari poduk-produk yang mereka jual tanpa menggunakan modal sepeser pun

Maka, peluang ini bisa kamu manfaatkan buat ngumpulkan modal dan belajar usaha sebelum kamu mempunyai usaha sendiri

Bahkan banyak juga lho yang sukses dengan cara ini tanpa harus membuka usaha sendiri, karena keuntungan yang mereka dapatkan lumyan


EmoticonEmoticon