Memulai usaha franchise sebenarnya sama saja dengan memulai usaha-usaha baru pada umumnya, hanya saja jika di dalam bisnis franchise atau waralaba barang yang kita perdagangkan sudah memiliki brand yang cukup terkenal, maka akan sedikit lebih mudah dalam hal pemasarannya.

Saya katakan sedikit lebih mudah karena meskipun suatu franchise tersebut sudah memilik brand sendiri bukanlah suatu jaminan pasti untuk kita meraih keuntungan yang berlimpah di dalam menjalankan bisnis waralaba tersebut.

Tetap saja di perlukan, kerja keras, cerdas dan kesabaran dalam mengembangkan usaha franchise tersebut agar berhasil.

Jadi sobat jangan berfikir bahwa kalau sobat bisnis waralaba lantas merupakan suatu kepastian untuk mendapatkan keuntungan yang melimpah dan menjadi orang sukses dengan mudah.

Karena tidak ada sesuatu yang instan di dunia ini, dan tidak siapapun yang bisa memberikan zaminan kesuksesan  kepada kita kecuali Tuhan.

Hal ini juga untuk menghindari agar sobat tidak mudah tergiur dengan iming-iming kesuksesan dan para franchisor yang mungkin kurang bertanggung jawab dan hanya mementingkan keuntungan bisnis mereka saja.

Untuk itu kali ini saya akan sedikit berbagi Tips memilih bisnis franchise yang baik dan benar :


1. Pilih Bisnis Waralaba Yang Sesuai Dengan Minat Dan Hobi Anda


Sepopuler apapun suatu franchise, namun jika itu tidak sesuai dengan minat anda maka saya rasa akan sulit untuk berkembang dan memperoleh kesuksesan.

Contohnya jika sobat sehari-hari palaing anti dengan yang namannya memasak di dapur, lalu tiba-tiba sobat di suruh masak, bagaimana rasanya?

Sama halnya dalam memilih bisnis waralaba, jika sobat memilih franchise yang tidak sesuai dengna minat sobat , maka saya yakin sobat tidak akan antusias dalam mengelola dan mengembangkannya.

Apalagi jika keuntungan di awal tidak sesuai dengan keinginan kita , maka saya yakin kita akan cepat jenuh dan menyerah dalam bisnis tersebut.

Untuk itu sangat penting untuk kita utamakan memilih bisnis dalam bidang yang sesuai dengan minta kita, agar kita lebih antusias dan semangat dalam mengembangkannya.


Cara Memilih Bisnis Franchise Yang Baik Dan Benar Untuk Memulai Usaha Sendiri


2. Jangan Mudah Percaya Dengan Iming Iming Kesuksesan Cepat Dari Franchisor Jika Belum Ada Buktinya


Setiap franchisor tentu akan memberikan keyakinan akan keuntungan dalam mempromosikan waralaba mereka, itu wajar dalam dunia bisnis tidak ada orang yang menjelek-jelakan usaha mereka.

Untuk itu jangan sampai kita muda percaya dengan iming-iming kesuksesan dan hasil yang melimpah sebelum benar-benar ada bukti nyata dari mereka.

KIta harus selektif dalam memimilih dan memilah bisnis waralaba mana yang memang benar-benar memberikan prospek yang cerah dan mana yang hanya memberikan angan angan kosong belaka.

3. Lakukan Survei Di llingkungan Sekitar Dimana Kita Ingin Memulai Usaha


Kenapa?

Agar kita tahu usaha franchise manakan yang sesuai dan bisa kita aplikasikan di lingkungan kita tersebut.

Karena populritas dari suatu franchise saja tidak cukup jika bisnis tersebut tidak cocok dan sesuai dengan lingkungan tempat kita akan membuka usaha.

Dengan melakukan survei juga, kita akan mengetahui seperti apa karakteristik dari lingkungan dan seberapa besar tingkat persaingan bisnis waralaba tersebut.

Apalagi jika di lingkungan sobat sudah ada beberapa waralaba yang berkembang, maka ini bisa juga kita jadikan bahan pertimbangan usaha franchise mana yang akan kita geluti.

4. Pastikan Bisnis Waralaba Yang Akan KIta Ikuti Sudah Memiliki Izin Resmi Yang Legal


Jangan samapi ketinggalan juga untuk memastikan izin resemi dari bisnis waralaba yang akan kita ikuti untuk menghindari masalah masalah di kemudian harinya.

Karena setiap usaha waralaba harus dan wajib memiliki izin resmi lebih dulu dalam memulai usaha mereka.

5. Jangan Mudah Tergiur Hanya Karena Modal Yang Murah


Ada banyak sekali usaha waralaba murah yang menawarkan modal kecil dalam berbagai bidang terutama waralaba makanan dan minuman.

Untuk itu saya harap sobat lebih berhati-hati dalam memilihnya jangan karena hanya tergiur karena modal murahnya saja.

Karena yang terpenting bukan modalnya yang terjangkau, tapi kualitas dari barang dagangan tersebutlah yang menentukan sukses atau tidaknya bisnis kita nantinya.

Percuma jika harganya terjangkau tapi tidak potensial ataupun sebaliknya.

6. Analisa Juga TIngkat Resiko Yang Akan Kita Hadapi


Segala sesuatu pasti ada resiko yang harus kita hadapi di dalamnya, termasuk dalam berbisnis, apapun jenis bisnisnya.

Untuk itu sangat penting bagi kita untuk menganalisa tingkat resiko dari bisnis waralaba yang akan kita pilih, agar kelak jika memang itu terjadi kita sudah siap dan berusaha meminimalisnya seminim mungkin.

Demikianlah beberapa tips cara memilih bisnis franchise atau waralaba yang bisa saya berikan semoga bisa bermanfaat buat sahabat yang mungkit ingin menggeluti bisnis ini


EmoticonEmoticon