Punya bisnis sampingan di rumah, tentu dambaan semua karyawan, apalagi di zaman yang serba sulit ini, di mana kita di tuntut harus bisa lebih kreatif dan efisien dalam memanfaatkan waktu agar bisa bersaing dengan perkembangan zaman yg pesat.

Dimana jika kita hanya mengandalkan satu sumber penghasilan saja maka akan semakin sulit bagi kita untuk memenuhi kebutuhan hidup kita kelak, apalagi jika kita hanya bekerja sebagai karyawan pabrik, dengan penghasilan yang pas pasan.

Tentulah di perlukan usaha sampingan di rumah untuk bisa memenuhi kebutuhan hidup yang semakin hari semakin tambah mahal saja.

Untuk itu sudah selayaknya dari sekarang, kita harus mulai belajar melakukan kerja sampingan dan mencari peluang usaha yang bisa menjadi sumber penghasilan kedua kita.

Lebih cepat lebih baik, karena sebagai seorang karyawan, tidak mungkin selamanya kita akan bekerja di perusahaan tersebut, ada saatnya kita harus keluar dari perusahaan itu baik karena pensiun ataupun phk atau bahkan karena masalah lainnya.

Tapi usaha sampingan apa ya?

Tenang aja buat sahabat kerjaonline.my.id semua, kali ini saya akan membagikan 13 contoh peluang bisnis sampingan karyawan dengan modal kecil yang bisa di jalankan dari rumah.

 Bisnis Sampingan


1. Usaha Conter Pulsa Elektrik Dan PPOB


Komunikasi menggunakan ponsel sudah menjadi kebutuhan pokok yang hampir semua kalangan menggunakannya.

Jadi sobat gak usah ragu untuk memulai usaha conter pulsa karena takut tidak ada orang yang membelinya, karena pulsa elektrik sudah menjadi kebutuhan utama yang tidak bisa di kesampingkan lagi.

Apalagi jika sobat menggabungkannya dengan usaha PPOB atau (Payment Point Online Banking) maka usaha sobat akan semakin lengkap.

Karena kita bisa menjual beraneka ragam jasa pembayaran seperti, tagihan listrik pra bayar dan pasca bayar, pdam, cicilan kredit, telpon bahkan tiket pesawat terbang.

Untuk mendapatkan modal nya gimana?

Tenang aja karena untuk usaha ppob dan counter pulsa bisa kita jalankan bahkan dengan modal 1 juta saja, jadi sobat gak usah khawatir akan terkendala oleh modal.

Hanya saja dalam bisnis ini kita harus pandai dalam mengatur dan mengelola keungannya, jangan sampai uang modal usaha dan keuntungannya tercampur adukan sehingga sulit untuk mengontrolnya.

Baca juga : Cara membuka loket pembayara listrik online di rumah

2. Usaha Cuci Sepeda Motor


Saat ini hampir setiap rumah memiliki sepeda motor sendiri baik untuk keperluan anak sekolah maupun untuk keperluan kerja di kantor.

Tentunya ini peluang yang besar bagi kita, karena tidak semua orang sempat untuk mencuci motor sendiri karena kesibukan mereka sehari-hari, atau karena memang banyak di antara mereka yang malas untuk mencuci motornya.

Maka bisnis sampingan ini sangat layak buat sobat coba apalagi jika rumah sobat berada dekat di pinggir jalan ataupun dekat dengan area kampus, maka sangat tepat untuk membuka bisnis cuci sepeda motor ini.

Untuk modal awal sobat hanya harus menyediakan pompa penyemprot air dan tempat untuk mencuci motornya serta peralatan untuk mencuci motor saja yang bisa sobat dapatkan dengan modal sekitar 5 jutaan.

3. Usaha Tambal Ban 


Jangan sobat remehkan bisnis sampingan yang satu ini, karena meskipun terlihat sepele namun usaha ini cukup menguntungkan untuk kita jalankan.

Terutama buat sobat yang rumahnya berada di pinggir jalan dan dekat degan area wisata maupun keramaian, karena hampir setiap hari pasti ada saja orang yang memerlukan jasa tambal ban ini.

Usaha tambalpun bisa di bilang usaha dengna modal yang relatif kecil sehingga tidak memberatkan untuk kita jalankan .

Baca juga : Membuka usaha tambal ban secara online? mengapa tidak !

4. Usaha Pangkas Rambut


Peluang Bisnis Sampingan Modal Kecil

Buat sahabat yang pandai memangkas rambut, maka usaha pangkas rambut merupakan salah satu bisnis rumahan yang sangat potensial untuk sobat jalankan.

Karena selama rambut manusia masih tumbuh maka selama itu juga manusia memerlukan jasa ini untuk memangkas rambutnya.

Apalagi usaha ini tidak memerlukan tempat khusus karena kita bisa memulainya dengan menyediakan sebagian ruangan dari rumah kita untuk memulai usaha pangkas rambut ini.

Untuk hasilnya jangan di sepelekan lho sob.

Jika hasil pangkas rambut kita memuaskan dan sesuai dengan selera trends saat ini maka hasilnya juga akan memuaskan.

karena untuk saat in,i untuk daerah saya saja, rata-rata tarif pangkas rambut Rp.10.000 .

Jika sobat bisa mendapatkan custumer sebanyak 20 0rang saja sehari, maka berapa pendapatan yang bisa sobat dapatkan?

Hitung sendiri ya.. hehe

5. Bisnis Laundry


Bisnis sampingan yag satu ini sangat cocok buat ibu rumah tangga yang ingin punya penghasilan tambahan buat membantu suaminya.

Karena cukup bermodalkan sebuah mesin cuci dan setrika saja kita sudah bisa memulai bisnis ini.

Yang terpenting pastikan hasil cucian kita bersih, rapi dan wangi agar para pelanggan puas dengan jasa yang kita tawarkan, sehingga mereka akan kembali lagi menggunakan jasa kita.

Dan tidak mustahil mereka akan merekomendasikannya kepada teman-teman dan kerabat mereka jika hasil kerja kita memuaskan.

Karena yang terpenting dalam bisnis jasa adalah pelayanan agar para pelanggan puas

Lebih lengkap silahkan sobat baca : Tips bisnis laundry rumahan.


6. Usaha Jual Gorengan


Hemm,, siapa yang tidak suka dengan gorengan?.

cemilan khas teman di saat santai maupun kumpul bareng teman dan keluarga, saya rasa hampir semua kalangan menyukai gorengan ini.

Untuk itu tentu ini merupakan peluang usaha sampingan yang potensial buat kita jalankan karena tidak terlalu sulit untuk menjalankannya.

Yang terpeting pastikan lokasi untuk jual gorengannya mudah di akses dan terletak di area keramaian.

Untuk modal jual gorengan saya rasa tidaklah terlalu sulit karena yang kita perlukan hanyalah modal untuk membuat adonan gorengan yang hanya berkisar 100.000 s/d 300.000.

So !!, apa salahnya untuk di coba !!

7. Usaha Menjahit


Masih berhubungan dengan ibu rumah tangga, ya meskipun gak menutup kemungkinan usaha menjahit juga di geluti oleh kaum pria.

Usaha menjahit layak untuk di pertimbangkan sebagai bisnis sampingan kita.

Karena selain bisa kita jalankan dari rumah, bisnis menjahit juga menjanjikan keuntungan yang lumayan besar, apalagi jika mendekati hari raya ataupun tahun ajaran baru di mana banyak anak-anak sekolah menjahit pakaian baru mereka.

8. Jasa Lest Private


Buat para mahasiswa maupun kalian yang memiliki keahlian khusus di bidang tertentu, maka lest private merupakan salah satu bisnis sampingan yang layak di coba.

Karena tentunya adanya banyak sekali orang-orang yang ingin memiliki keahlian khusus sanggup untuk membayar seseorang untuk mengajari mereka agar merekapun bisa menjadi ahli.

Yang pasti dalam menjalankan bisnis ini kita harus punya metode yang tepat dalam mengajar karena setiap orang memiliki karakter yang berbeda beda.

Jadi kita harus tau metode apa yang harus kita gunakan pada setiap individu tersebut.

9. Jasa Service AC


Bagi sobat yang punya keahlian dalam service alat elektroni seperti AC, maka segeralah tekuni bisnis ini, karena bisa di bilang hasilnya cukup lumyan.

Apalagi jika kita bisa bekerja sama dengan perhotelan dan perkantoran maka kita bisa mendapatkan hasil setia bulannya.

Karena tentunya setiap perusahaan maupun perkantoran punya anggaran khusus untuk perawatan alat-alat mereka setiap bulannya.

Jadi tunggu apa lagi, jangan ragu untuk muali berwira usaha.

10. Jada Penulisan Artikel Website Atau Blog


Peluang Bisnis Sampingan Modal Kecil Yang Bisa Di Jalankan Dari Rumah

Di jaman sekarang, kebutuhan akan konten artikel di blog ataupun website bukanlah hal yang awam lagi.

Karena artikel merupakan salah satu senjata marketing yang paling ampuh buat mendatangkan pengunjung yang tertarget baik melalui search engine seperti google maupun melalui social media.

So !! buat sahabat yang hobi menulis maka membuka jasa penulisan artikel blog atau website layak buat sobat geluti.

Namun tentunya sobat harus menerti dulu tentang dasar-dasar penulisan artikel di blog, karena sangatlah berbeda dengan kita menulis untuk majalah ataupun media offline lainnya.

Karena untuk artikel di blog, selain di tuntut harus menarik , artikel juga harus seo friendly agar bisa mendapatkan posis yang bagus di serp pencarian google.

11. Usaha Ternak Ayam Kampung


Punya pekarangan lebih di rumah anda?

Maka bisa anda mamfaatkan untuk memelihara aya kampung sebagai bisnis sampingan di rumah.

Karena selain tidak memerlukan perawatan yang rumit, berternak ayam kampung bisa kita lakukan sembari santai sepulang kerja maupun di hari libur.

yang penting cukup dengan memberi makannya 2 kali sehari, ayam kampung akan tumbuh besar dengan sendirinya.

Baca juga : Usaha ternak yang potensial dan  menjanjikan untung besar.

12. Agen Pemasaran Umroh Dan Haji


Indonesia merupakan negara dengan umat islam terbesar di dunia dimana untuk jamaah umroh kurang lebih hingga 1,5 juta jamaah dalam setiap priodenya dan untuk haji antrian tunggunya sudah mencapai belasan tahun.

Tentu ini menunjukan bahwa pemasaran umroh dan haji merupakan bisnis yang sangat sangat potensial untuk kita jalankan.

Yang terpenting pastikan kita bergabung dengan biro perjalan haji yang benar benar terpercaya, karena banyak sekali kasus yang terjadi tentang penelantaran jamaah haji dan umroh oleh oknum-oknum biro perjalan yang tidak bertanggung jawab.


13. Jual Es Kelapa Muda Atau Es Tebu


Di saat terik panas matahari menyegat maka es kelapa muda dan es tebu adalah teman yang tepat untuk melepaskan dahaga.

Tentu bagi kita yang jeli ini merupakan suatu peluang usaha yang tidak boleh kita lewatkan.

Karena selain tidak perlu modal yang besar, usaha ini sangat simple dan mudah untuk kita jalankan.

Cukup dengan membuka lapak di penggir jalan, saya yakin maka akan banyak yang menyerbu kedai es kelapa mudah maupun es tebu kita.

Yang terpenting pastikan tempat kita berjaualan dalam keadaan bersih dan nyaman agar menimbulkan kesan yang sehat dan higenis bagi custumer.

Demikianlah 13 contoh peluang bisnis sampingan yang bisa saya sampaikan pada kesempatan kali ini.

Sebenarnya masih banyak lagi peluang-peluang bisnis yang ada di sekitar kita, yang kalau saya tuangkan dalam satu artikel ini tidaklah mungkin cukup.

Salam,,, semoga bermanfaat.



EmoticonEmoticon