Ingin jualan online? tapi sudah gentar lebih dulu karena membayangkan betapa ribetnya berurusan dengan teknologi yang mengharuskan mampu otak-atik layout website dan ecommerce.

Bagi sobat yang benar-benar pemula pasti merasakan hal ini.

Padahal pasar internet di indonesia begitu besar, ada kurang lebih 90 juta pengguna internet yang ada di negara kita ini.

Inilah yang kadang membuat kita yang gaptek pun pusing tujuh keliling, tentang bagaimana cara memanfaatkan pasar yang sebesar ini.

Bagai pungguk yang merindukan bulan, keinginan hanya tinggal keinginan apalah daya tangan tak sampai.

Padahal jualan online salah satu cara paling efektif untuk mendapatkan uang dari internet

Eits......

Jangan sedih dulu, banyak jalan menuju roma.

Dimana ada keinginan di situ pasti ada jalan.

Pada kesempatan kali ini saya akan membagikan sebuah tips jualan online yang simple namun bisa mendapatkan banyak pembeli.

Dimana sobat gak harus berurusan dengan layout toko online seperti ecommerce, namun sobat masih bisa berjualan .


cara jualan online


Dan yang paling penting cara ini tetap efektif koq.

Tapi ada tapinya ni....

Cara jualan online yang akan saya bagikan ini hanya cocok untuk jualan barang 1-5 item saja.

Jadi barangnya tidak beraneka ragam seperti yang di jual di toko-toko online besar seperti lazada.co.id ataupun mataharimall.com.

Tapi gak usah khawatir, banyaknya barang yang di jual bukanlah jaminan untuk mendapatkan banyak penghasilan.

Tapi buktinya toko online besar itu bisa menjual banyak barang?

"Pemilik toko online besar itu mampu  menjual beraneka ragam barang sekaligus, karena mereka tidak bekerja sendirian

Ada ratusan orang di balik layar mereka yang berkompeten dan bahu membahu dalam membangun toko online tersebut"

Sedangkan sobat?

Hanya sendirian, jadi sangatlah tidak efektif kalau kita menjual banyak barang sekaligus.

Dan sobat gak usah khawatir peluang suksesnya sama koq.

Karena yang menentukan kesuksesan jualan online bukanlah banyaknya produk.

Salah satu contoh Men's Republic milik mas Yasa Singgih yang fokus terhadap penjualan fashion pria mensrepublic.info

Merupakan bukti nyata bahwa untuk sukses jualan online itu gak harus menjual banyak produk, namun yang terpenting bagaimana cara kita memasarkannya

Ok,, yuk langsung saja kita bahas bagaimana cara berjualan online yang efektif


1. Membuat Blog

Kenapa harus blog?

Karena penggunaannya mudah banget.

Tidak perlu berurusan dengan kode html dan pengaturan layout yang ribet yang tentunya memakan banyak waktu untuk mempelajarinya.

Berbeda dengan blog.

Cukup dengan template blog dua kolom seperti blog saya ini aja sudah cukup koq untuk kita mulai bisnis jualan kita.


membuat blog

Membuat blog dengan template seperti di atas gampng koq, gak sampai lima menit sudah kita bisa buat.

Atau sobat bisa juga pilih tamplate blog di beberapa penyida tamplate blog gratis seperti www.arlinadzgn.com jika kita membuat blognya menggunakan blogspot atau blogger.com.

Untuk panduang lengkap membuat blognya silahkan sobat baca di blog tresnamedia : Panduang Membuat Blog Untuk Pemula

Di situ di jelaskan secara detail tentang cara membuat blog di blogspot, pengenalan menunya dan cara mengganti tamplate blog sobat.

Silahkan sobat pelajari lebih dulu.

Artikel terkait : 8 Cara Menghasilkan Uang Dari Blog Paling Populer


2. Membuat Artikel Marketing

Salah satu kelebihan jualan online melalui blog adalah kita tidak hanya mengandalkan gambar dan persentasi produk kita saja untuk sarana promosinya.

Karena itu terkadang kurang efektif.

Kenapa?

Karena pada dasarnya orang-orang tidak suka jika kita tawarkan barang kepada mereka, apalagi melalu social media.

Tak jarang yang kita dapatkan hanya kesan negatif saja dari mereka.

Untuk itu cara menyiasatinya adalah dengan Artikel Marketing.

Tapi sebelum kita bahas lebih lanjut, sobat harus tahu, banyak pradikma yang salah beredar tentang artikel marketing.

Yang sangat penting untuk sobat ketahui .

# Menganggap Artikel Marketing Hanya Tentang Mempromosikan Konten

Ini kesalahan yang paling umum.

Menganggap artikel marketing hanya tentang mempromosikan konten.

Padahal tidak sedangkal itu.

Artikel marketing bukan hanya tentang mempromosikan konten melainkan meliputi analisa, perencanaan dan pembuatan kontennya.

Kenapa saya katakan demikian?

Karena jika artikel marketing yang kita buat hanya tentang mempromosikan konten, maka saya jamin pelanggan kita akan kabur sebelum mereka membeli sesuatu.

Kenapa?

Karena seseorang yang membeli suatu barang itu tidaklah membeli secara tiba-tiba melainkan ada suatu proses yang di lalui sebelum mereka memutuskan untuk membeli produk yang kita tawarkan.

Pertama : 

  • Mereka sadar akan permasalahan, dan apa yang akan mereka beli
  • Mereka sadar akan keberadaan kita sebagai penjual

Kedua :

  • Mengetahui bahwa produk yang kita tawarkan adalah solusi terbaik bagi mereka
  • Mempertimbangkan dan memilih produk yang kita tawarkan

Ketiga :

  • Memutuskan untuk membeli

Saya akan coba jelaskan biar lebih mudah di mengerti :

Anggap saja ada seseorang yang bernama Adi.

Dia punya suatu permasalahan akan komputernya yang rusak, dari situ dia butuh informasi akan permasalahan yang dia hadapai serta apa solusinya.

Maka dia mulai mencari informasi melalui internet dan menemukan artikel sobat sebagai solusi dari permasalahannya.

Maka dia memutuskan membeli produk dari sobat.

Masih belum paham, kita lanjut dulu ke kesalahan pradikma yang ke 2, karena masih berhubungan.

# Menganggap Artikel Marketing Merupakan Artikel Yang Berisi Persentase Penjualan Saja

Kembali pada kasus di atas.

Si adi memutuskan membeli sesuatu dari kita, setelah dia menemukan artikel yang berisi solusi dari permasalahan yang dia hadapi.

Dari situ dia mengenal kita.

Dan tanpa kita tawarkanpun maka si Adi akan dengan sendirinya membeli produk dari kita karena dia sudah yakin akan kredibilitas kita akan suatu produk tersebut.

Coba sobat bandingkan.

Jika artikel marketing yang kita buat hanya berisi persentase produk dan penjualan saja, apakah adi akan menemukan kita dan memutuskan untuk membeli?

Bisa tapi kemungkinannya sangat kecil.

Karena umumnya orang-orang jika ingin membeli sesuatu cenderung membelinya dari tempat-tempat yang sudah populer dan memiliki track record yang bagus.

Inilah fungsi konten marketing untuk kita para pebisnis online pemula.

Kita melakukan pemasaran dua arah, dengan memberikan solusi permasalahan yang masih berhubungan dengan produk yang kita tawarkan.

Barulah setelah itu kita dorong para pengunjung untuk melakukan pembelian.

Jangan buang-buang waktu dengan langsung menawarkan produk ke orang-orang yang belum tentu membuatuhkan produk yang kita tawarkan.

Tak jarang malah kita di anggap melakukan spamming.

3. Mempromosikan Blog

Kini kita sampai ke tahap ke tiga yang juga tak kalah pentingnya dalam melakukan jualan online menggunakan blog.

Yaitu mempromosikan blog.

Karena sebagus apapun blog dan artikel yang kita buat, akan menjadi sia-sia kalau tidak di promosikan.

Karena tidak akan ada yang tau keberadaannya.

Itulah mengapa, bahkan sebuah toko online yang sudah besar sekalipun masih melakukan promosi .

Baca juga : Cara Memulai Bisnis Baju Online Untuk Pemula


promosi blog

Gambar di atas salah satu contoh iklan dari toko online blibli.com yang menggunakan google adword sebagai saran promosi.

Jika toko online yang sudah besar aja melakukan promosi, maka tentunya kita yang baru memulai dan hanya seorang diri tentu harus lebih rajin lagi melakukan promosinya.

ya, butuh kerja keras memang..

Namun inilah konsekuensi yang harus kita hadapi jika kita mau sukses, karena tidak ada suatu kesuksesan yang di dapat dengan mudah

Tapi yakinlah, jika kita sabar dan tekun kita pasti akan meraih kesuksesan tersebut.


Cara Promosinya Gimana?

Untuk sobat yang masih pemula dan minim modal, gak usah khawatir, kita gak usah ikut-ikutan promosi menggunakan cara promosi seperti toko yang udah gede.

Karena masih banyak cara promosi yang lainnya koq.


Di antarnya :

# Promosi Di Group Facebook Yang Masih Berhubungan Dengan Produk Yang Akan Kita Jual

Di facebook ada banyak sekali group yang berhubungan dengan produk yang akan kita jual.

Sobat bisa mencarinya dengan mengetikan group" kata kunci "

Nah di sanalah tempat kita mempromosikan artikel marketing yang sudah kita buat.

Namun hati-hati, sebelum promosi sobat harus perhatikan aturan dan cara promosi yang sudah di buat oleh admin group tersebut.

Agar promosi kita tidak di anggap spam.

# Promosi Di Komunitas Google +

Gak hanya di facebook, di google + juga ada banyak sekali komunitas yang bisa kita gunakan sebagai sarana promosi artikel marketing yang sudah kita buat.

Sama seperti di fb kita bisa mencarinya dengan mengetikkan kata kunci komunitas yang sesuai dengan produk yang akan kita jual.

Untuk cara promosipun sama, harus memperhatikan rules yang ada di komunitas tersebut.

# Menjadi penulis tamu di blog orang lain

Cara yang ketiga ini juga jangan sampai sobat lewatkan.

Karena promosi dengan cara menjadi penulis tamu, gak cuma traffik yang akan kita dapatkan.

Tapi kita juga akan mendapatkan backlink.

Yang sangat bagus untuk kredibilitas blog kita di mata mesin pencari google, yang nantinya bisa berguna agar kita bisa mendapatkan pengunjung dari google.

Namun yang perlu di perhatikan untuk menjadi penulis tamu adalah.

Kualitas artikel yang kita bagikan di blog tamu tersebut juga harus berkulaitas dan original agar pemilik website mau mempublikasikannya.

Dan usahakan menjadi penulis tamu di blog-blog yang masih ada kaitannya dengan produk yang akan kita jual maupun dengan yang masih berkaitan dengan minat target pasar kita.

Agar backlink yang di dapat juga berkualitas.

# Promosi di forum-forum besar

Hampir setiap website website besar di indonesia seperti kompas.com, viva.co.id, okezone.com menyediakan sebuah forum untuk para penggunjungnya.

Nah, ini bisa juga kita gunakan sebagai saran promosi blog jualan kita agar bisa lebih di kenal dan mendapatkan kredibilitas yang baik.

# Promosi Di Web Ecommerce

Website ecommerce seperti bukalapak.com dan olx.co.id memang di buat sebagai sara berjualan bagi para pengusaha online di indonesia.

Jadi jangan sampai ini kita tidak manfaatkan dengan baik, sebagai sarana mendapatkan pengunjung ataupaun custumer.

Yang terpenting harus sobat ingat adalah.

Tatakrama dalam promosi.

Jangan sampai melakukan promosi secara berlebihan dan tidak sesuai dengan aturan dari admin group maupun forum.

Karena tidak ada manfaat yang akan kita dapatkan selain dari citra buruk kita di mata para pengguna internet.

Jadi dalam berpromosi harus selalu kita jaga tatakrama tersebut.

Demikianlah cara jualan online yang bisa saya bagikan, jangan lupa untuk membagikannya ke teman-teman yang lain melalui tombol shate di bawah ini.


EmoticonEmoticon