Ingin menghasilkan uang dengan menjadi penulis artikel online?

Tapi tak tau bagaimana cara agar bisa memperoleh banyak job?

Atau masih bingung bagimana cara menulis artikel blog yang menarik?

Gak usah khawatir.

Sobat gak sendiri, karena hampir semua penulis lepas online baru pasti merasakan hal yang sama seperti yang sobat rasakan di awal-awal mereka meniti karirnya.

Itu wajar.

Karena, menulis untuk media online sangat jauh berbeda dengan menulis secara offline.

Kenapa?

Karena jika kita menulis secara online, tujuan utama kita hanyalah  bagaimana caranya agar tulisan yang kita buat bisa di minati oleh para pembaca, yaitu manusia

Nah, berbeda dengan menjadi penulis lepas online.

Selain di tuntut agar artikel kita bisa di sukai oleh pembaca, artikel yang kita buat juga harus di sukai oleh robot mesin pencari seperti google, agar bisa memperoleh banyak pengunjung

Karena tak dapat kita pungkiri sumber traffik yang paling banyak untuk media online adalah dari mesin pencari google.

Jadi mau tidak mau artikel yang kita buat selain harus di sukai oleh banyak pembaca, artikel yang kita buat haruslah di sukai oleh mesin pencari seperti gooel, bing, ataupun yandex

Tapi gimana caranya?

Emang mesin punya perasaan ya?

Nah di situlah tantangannya dan inilah yang akan kita bahas pada kesempatan kali ini, so ! jangan kemana-mana, langsung aja yuk kita bahas.


Penulis lepas online


1. Persiapan

Seperti kata pepatah, gagal membuat rencana berarti kita merencanakan kegagalan kita.

Jadi, apapun yang akan kita lakukan hauslah membuat perencanaan dan persiapan lebih dulu, agar kita bisa memperoleh keberhasilan kelak.

Apa yang harus kita siapkan?

Pertama : mental

Perlu sobat ketahui menjadi seorang penulis lepas dibayar itu tidak gampang karena kita harus mengikuti semua kemauan pelanggan.

Jadi kita harus siapkan mental lebih dulu, untuk menghadapi keinginan dari custumer kita, ingin ini ingin itu semua harus kita turuti.

Kedua : kemampuan

Seperti yang saya bilang sebelumnya menulis untuk media online berbeda dengan kita menulis untuk menida offline.

Karena di media online sasaran kita tak hanya manusia melainkan juga robot mesin pencari, untuk itu mau tidak mau kita harus mempunyai kemampuan untuk menarik perhatian sang robot.

Dengan cara melakukan Search Engine Optimation ( SEO ).

Apa itu seo?

Merupakan segala daya upaya yang kita lakukan agar artikel yang kita buat bisa memperoleh peringkat yang bagus di hasil pencarian google.

Jadi tantangannya buat kita adalah bagaimana membuat artikel yang tak hanya di sukai banyak pembaca tetapi harus di sukai juga oleh robot google.

Ketiga : jam terbang

Jika kita benar-benar baru di dalam dunia online.

Apapun ceritanya kita tetap butuh jam terbang.

Kenapa?

Karena tentu tidaklah mudah untuk mempelajari dan menerapkan suatu ilmu yang baru kita pelajari.

Apalagi SEO juga bukanlah suatu ilmu yang bisa terlihat hasilnya dalam sesaat, melainkan juga butuh waktu dan porses.

Jadi, mau tidak mau jika sobat ingin menjadi freelnce penulis lepas, maka sobat harus konsisten untuk belajar menulis dan menerapkannya

Dan untuk ini cara terbaiknya adalah dengan membuat blog

Karena dengan membuat blog sendiri, kita bisa praktek secara langsung bagaimana cara membuat artikel yang baik yang di sukai oleh pembaca dan juga mesin pencari.

Tolak ukurnya adalah artikel yang kita buat bisa masuk halaman pertama google dan juga di baca dalam waktu yang cukup lama.


2. Cara Memperoleh Jobs Menulis

Setelah persiapan kita matang, maka sekarang kita sudah siap mencari job menulis artikel kita secara online.

Ada 3 cara yang bisa kita lakukan.

Pertama : Menjadi penulis tamu berbayar

Cara yang pertama ini adalah yang paling gampang untuk sobat mendapatkan job menulis artikel online.

Cukup dengan menulis artikel tamu di blog orang lain, maka jika artikel kita di publikasikan kita kan mendapatkan sejumlah bayaran.

Hanya saja tidak semua blog menerima penulis tamu berbayar, untuk itu sobat harus mencarinya sendiri di pencarian google, dengna keyword " penulis tamu berbayar" atau yang sejenisnya.

Salah satu contoh blog yang menerima penulis tamu berbayar adalah Klikmania.net milik mas Gani sebastian.

Sayapun jika ada waktu luang , sesekali menulis di blog tersebut.

Kedua : Mencari jobs menulis di situs situs lowongan kerja freelance

Selain menjadi penulis tamu, untuk menjadi penulis lepas sobat juga bisa mencari jobs menulis di beberapa situs lowongan kerja freelance yang terpecaya.

Karena di sana ada banyak sekali orang-orang yang membutuhkan jobs dari orang-orang seperti kita, salah satunya jobs menulis.

Namun untuk mendapatkan job tersebut tentunya kita harus bersaing dengan para pencari jobs lainnya..

Untuk itu setidaknya kita harus punya sesuatu yang bisa membuktikan bahwa kualitas tulisan kita adalah yang terbaik di bandingkan yang lainnya.

Ketiga : Membuka jasa penulisan artikel sendiri

Cara yang ketiga ini sangat saya rokomendasikan buat sahabat semua.

kenapa?

karena meskipun sulit di awalnya, namun untuk masa depan yang lebih baik tentu membuka jasa sendiri adalah yang terbaik.

karena kita tidak mungkin selamnya menggantungkan pekerjaan dari pihak lain.

Karena pastinya penghasilan yang kita dapatkan terbatas, dan sulit untuk berkembang jika kita tidak membuka jasa sendiri.

Gimana caranya?

Yaitu dengan cara mebuat blog sendiri, yang sobat khususkan untuk jasa pembuatan artikel. di blog tersebut juga bisa sobat isi dengan artikel-artikel sebagai contoh yang bisa sobat tunjukan kepada calon custumer tentang kualitas tulisan yang sobat buat.

Dengan membuat blog sendiri juga, akan lebih banyak kesempatan dan peluang bisnis yang bisa kita kembangkan kelak.

Dan suatu saat, jika orderan menulis sudah tidak mampu sobat tangani sendiri, maka sobat bisa merektrut penulis untuk bergabung bersama sobat di jasa penulisan yang sobat miliki sendiri.

Jadi, untuk cara yang ketiga ini sangat cocok buat sobat yang ingin menjadi penulis profesional.


3. Tips Sukses Menjadi Penulis Lepas

Menulis adalah sebuah seni merangkai kata-kata yang bisa memikat para pembaca hingga terbawa dan terhanyut kepada alur cerita tulisan yang kita buat.

Untuk itu, jika kita ingin menjadi penulis yang sukses, kita harus mampu membuat rangkaian-rangkaian kata yang indah yang tersusuan dengan rapi dan terstruktrur dengan baik.

Dan tentunya untuk itu kita harus banyak membaca tulisan-tulisan karya penulis penulis ternama, atapun belajar dari penulis penulis website yang sudah sukses.

Karena dari situ kita bisa belajar, bagaimana cara membuat tulisan yang baik hingga mampu bertahan di tengah persaingan yang setiap saat akan semakin ketat.

Jadi mau tidak mau, kita harus terus membaca dan menambah perbendaharaan kata kita agar mampu menghasilan tulisan yang bisa menggungah dan mengajak para pembaca untuk terlibat.


EmoticonEmoticon