Tak dapat kita pungkiri lagi, saat ini internet marketing menjadi salah satu magnet yang sangat banyak di minati oleh para pebisnis, dari level pemula sampai level expert.

Bagaimana tidak, sejak adanya internet marketing mereka yang dulunya bukan siapa siapa kita bisa menjelma menjadi seorang pengusaha sukes dalam waktu yang di relatif singkat di bandingkan menggunakan metode konvesional.

Bahkan banyak di antar mereka yang sukses adalah para anak anak muda belia yang masih berusia belasan tahun, namun sudah bisa menjadi pengusaha dengan penghasilan yang wow.

Sebut saja sepertu Yasa Singgih, pemilik brand M'ens Republik atau seperti Laksita Pardnya Parmitha sang pengusaha kaos kaki berpenghasilan puluhan juta perbulan, dan yang terbaru Wakdoyok seorang mantan buruh kasar yang sukses membuat produk penumbuh jambangnya menjadi trends center dunia berkat adanya internet marketing.

Mereka merupakan salah satu contoh bukti dari dahsyatnya pengaruh pemasaran internet di dalam bisnis di era sekarang ini.

Maka tak heran jika sekarang banyak sekali orang melirik dan ingin belajar tentang seluk beluk marketing online ini, mengingat begitu dahsyatnya manfaat yang bisa di rasakan oleh mereka.

Dan Untuk semua itu ada beberapa cara belajar internet yang umum di lakukan oleh orang orang :
Belajar Internet Marketing

Baca juga : Cara memulai bisnis online

1. Otodidak

Ini adalah cara yang paling umum dan banyak di lakukan oleh orang yang ingin belajar interenet marketing, karena pada awalnya memang hampir semua orang yang belajar internet marketing minim akan imformasi dan tak tahu harus belajar dimana.

Sehingga mereka memutuskan untuk belajar sendiri dengan cara mencari imformasi melalui google dan situs situs populer tentang IM, nongkrong di forum forum IM, atau bertanya langsung pada pakar pakar IM yang sudah bepengalaman ( ya meskipun butuh perjuangan).

Gak ada yang salah dengan cara otodidak ini, karena terbukti banyak juga pakar internet marketing yang sukses dengan belajar otodidak, hanya saja memang memerlukan waktu yang tidak sebentar yang kadang membuat kita lelah dan bosan.

Dan bagi mereka yang tidak memiliki mental dan jiwa petarung, maka saya yakin akan berhenti ditengah jalan sebelum akhirnya mereka bisa menjadi seorang ahli.

So, jika sahabat ingin belajar internet marketing secara otodidak, maka pastikan sahabat sudah menyiapan mental, dan harus rajin uji coba serta rajin membaca dan berkunjung ke forum forum IM. 

2. Belajar Melalui Kursus Online

Metode belajar yang ke dua in lebih mudah di bandingkan dengan yang pertama, karena kita akan di bimbing langsung oleh pakarnya langsung, yang sudah berpengalaman dan mengerti seluk beluk tentang IM.

Hanya saja , tidak ada kursus online yang gratis, jadi jika kita ingin belajar dengan cara ini pastikan kita harus menyiapkan modal untuk mengikuti kursusnya.

Dan pastikan juga kita belajar di tempat tempat yang tepat, yang sudah memiliki trak record yang bagus, serta benar benar di kelola oleh sang ahli, agar kita benar benar mendapatkan hasil yang kita harapkan setelah belajar dari mereka.

Sampai saat ini, setahu saya tempat kursus internet marketing yang bagus adalah Asianbrand.com milik Anneahira dan Edubisnis.net milik Yodhia Antariksa

3. Belajar Melalui Seminar

Sobat juga bisa belajar melalui seminar seminar tentang marketing online yang biasanya banyak di bawakan oleh pakar pakar internet marketing yang sudah kawakan dan berpengalaman.

Hanya saja dengan cari ini waktunya sangat singkat sekali hanya berkisar antar 2 s/d 5 jam, jadi untu benar benar memahami materi, tidak cukup hanya ikut 1 seminar saja, melainkan harus rajin mengikuti setiap seminar yang ada, dan juga harus sering mempraktekkan ilmu yang di dapat di rumah.

Dan usahakan sobat meminta soft copy dari materi yang di berikan agar sobat bisa membaca dan memperlajarinya kembali di rumah.


4. Belajar Melalui Kursus Offline

Selain kursus online, bagi sobat yang tinggal di kota kota besar sobat juga bisa mengikuti kursus im secara langsung bertatap muka dengan pakar im yang ada di kota sobat.

Sehingga hasilnya bisa lebih maksimal karena bisa melihat secara langsung cara yang di terapkan oleh mereka dalam melakukan tekni internet marketing.

Hanya saja, untuk menemukan orang yang benar benar tepat, sobat harus melihat dari testemoni orang orang yang sudah pernah belajar dari mereka, ataupun dengan cara melihat blog ataupun website yang mereka kelola.

Karena walau bagaimanpun seorang yang benar benar ahli dalam bidang internet marekting bisa kita lihat dari seberapa populer website yang mereka kelola dan pernah mereka kembangkan.

5. Belajar Melalui Ebook

Saat ini sudah banyak ebook ebook seputar internet marketing yang bertebaran di internet dari yang gratis maupun yang berbayar.

Nah ini tentunya bisa kita manfaatkan untuk belajar dan menggali ilmu dari ebook ebook tersebut.

Cari sebanyak banyaknya internet marketing ebook yang berhubungan dengna IM baik dari blog dalam negeri ataupun luar negeri, dan jangna lupa untuk melakukan ujicoba dari ebook ebook yang sudha dapatkan, maka suatu saat sobat bisa menemukan cara yang tepat dan sesuai dengan yang sobat inginkan.


EmoticonEmoticon