Kedengarannya mungkin sedikit konyol !

Tapi memang itulah yang saya lakukan ketika beberapa minggu belakangan ini saya sedikit kehilangan semangat untuk menulis yang saya sendiri gak tahu sebabnya.

Padahal jika di bandingkan dengan awal awal ngeblog dulu yang belum bisa menghasilkan uang sama sekali dari blog, justru saya sangat produktif bisa menghasilkan 3 artikel bahkan lebih dalam satu hari.

Dan sekarang ketika sudah mulai bisa menghasilkan uang baik itu dari adsense maupun content placemnet dan iklan mandiri, yang terjadi malah sebaliknya, semangat menulis saya sendikit kendur tak tahu mengapa.

Dan tentu jika hal ini terus di biarkan akan sangat berbahanya untuk karir blogging saya, karena menulis dan membuat artikel adalah nyawa dari suatu blog, tanpa artikel maka blog tersebut akan mati secara perlahan.

Oleh sebab itulah saya mecoba memaksakan diri untuk selalu menulis meskipun saya sedang buntu ide dan tak tahu harus menulis apa.

Yang terpenting saya pastikan saya login ke dasbor blog dulu, meskipun kadang cuma bisa planga plongo tanpa ada sepatah katapun yang bisa saya tulis, yang pasti saya coba hangatkan otak agar kembali bisa menghasilkan artikel dengan rutin kembali.

Selanjutnya sebisa mungkin saya hindari membuka social media baik itu facebook, twitter dan lain sebagainya karena itu cenderung membuat saya tidak fokus dan tidak bisa mendapatkan ide ide menulis.

Saya menyiasatinya dengan melakukan blogworking dan membaca di situs situs terkenal untuk mencari bahan referensi artikel yang menarik untuk segera di tulis.

Dan alhamdulillah dengan banyak membaca dan blogworking maka biasanya dengan cepat bisa mendapatkan ide untuk bahan membuat artikel.

Atau jika cara di atas masih tidak bisa mengalirkan ide tulisan yang akan kita tulis, maka saya coba menulis artikel ringan yang terlintas di otak saya yang mengandung opini, tanpa harus memilikirkan kualitas, seo, dan lain sebagainya, yang terpenting adalah kita bisa menerbitkan tulisan lebih dulu.

Mengembalikan Semangat Menulis Dengan Memaksa Menulis

Seperti artikel ini, benar benar saya tulis mengalir berdasarkan opini yang ada di otak saya, dan yang sedang saya rasakan saat ini, jadi mohon maaf jika mungkin sobat anggap kurang berkualitas.

Namun blogger juga manusia biasa, adalkanya kita jenuh akan rutinitas kita sehari hari, jadi mau tidak mau harus di lakukan pemanasan dengan menulis artikel artikel ringan lebih dahulu.

Yang terpenting artikel yang kita buat tetap mengandung pesan yang bisa di petik oleh teman teman yang membaca artikel yang kita buat, sehinga merekapun tidak merasa sia sia dalam membacanya.

Dan lagi, memang terkadang kita harus sedikit di "paksa" barulah kita bisa terpacu kembali untuk memulainya

Artikel terkait : Tips menulis artikel pendek namun efektif


EmoticonEmoticon