Layaknya sebuah nyawa pada manusia, stategi marketing merupakan hal yang sangat vital dalam kelangsungan sebuah bisnis, agar bisa berjalan secara continue dan makin berkembang dan menjadi sebuah bisnis yang besar.

Kenapa?

Karena tanpa strategi marketing yang bagus dan tepat maka bisa di jamin bisnis kita akan mati, bahkan sebelum bisa berkembang,meskipun kita mempunyai produk yang sangat sangat berkualitas.

Hal ini bisa terjadi karena tanpa marketing yang jelas maka target penjualan kita akan sangat sulit tercapai dan tentunya profit dan keuntunganpun akan sulit untuk kita dapatkan.

Untuk itu, bagi kita para calon pengusaha wajib mengetahui macam macam strategi yang umum di gunakan oleh para pengusaha sukses agar kita juga bisa sukses seperti mereka.

Dan , kabar gembiranya berikut akan saya sajikan imformasi tentang beberapa strategi marekting yang umum di gunakan tersebut.

1. Marketing Online

Strategi Marketing

Ini adalah strategi marketing yang paling power full manurut saya pribadi, karena terbukti sudah banyak melahirkan miliarder miliarder baru dengan menggunakan metode marketing yang satu ini.

Karena memang jangkauannya yang luas serta sangat mudah dan cepat untuk bisa memperkenalkan dan mempromosikan produk yang kita miliki ke masyarakat luas di seluruh dunia.

Maka tak heran jika srategi marketing online ini merupakan stratgei marketing no 1 yang banyak di gunakan oleh para pengusaha saat ini.

Baik itu menggunakan website, blog, social media, semuanya memiliki dampak yang sangat bagus untuk mencapai target penjualan dari bisnis kita.

2. Direct Marketing

Apa itu direct marketing? 

Sesuai dengan namanya, direct marketing merupakan pemasaran secara langsung kepada target cusumer dengan cara mendatangi mereka secara langsung.

Baik melalui sosialisasi dari rumah ke rumah, kantor ataupun dengan cara mengadakan seminar dan bazar, sehingga target custumer kita bisa melihat dan berinteraksi secara langsung produk produk yang kita tawarkan, beserta kelebihan dan kekurangannya.

Sistem marketing yang satu ini sampai saat ini masih cukup efektif dan masih banyak di gunkan oleh para pelaku usaha, karena lebih menumbuhkan kepercayaan para custumer dengan bertemu langsung dengan para penjualnya.

3. Konten Marketing

Strategi konten marketing ini lebih berfokus kepada teknik marketing dengan cara membuat konten konten yang menarik yang sesuai dengan produk yang ingin kita tawarkan, baik berupa artikel, vidio, gambar ataupun menggunakan banner dan brosur.

Yang kemudian bisa kita gunakan sebagai alat promosi dengan menggunakan berbagai macam media. seperti tv, korang ataupun menggunakan media media online. 

Cara ini sangat efektif karena kita bisa menjaring custumer dari berbagai macam sumber media sesuai dengan konten yang kita gunakan.


4. Multi Level Marketing

Atau yang lebih kita kenal dengan sebutan MLM ini merupakan salah satu strategi marketing yang juga cukup populer dan banyak di gunakan oleh para pengusaha dengan cara melibatkan pembeli sekaligus sebagai agen penjualan mereka, sehingga bisa dengan cepat memajukan bisnis mereka.

Terlepas dari banyaknya pro dan kontra tentang strategi marketing yang satu ini, menurut saya MLM merupakan salah satu marketing yang juga sangat bagus untuk pemasaran produk kita.

Dengan catatan menggunakan harga yang wajar serta tidak menjajikan bonus yang tidak sesuai dengan keuntungan perusahaan, sehingga bisa menyebabkan ketidakseimbangan keuangan.

Terbukti sampai saat ini masih ada beberapa perusahaan yang menggunakan sistem MLM masih berjalan dengan baik, seperti Oriflame dan Paytren.

5. Affliate Marketing


Satrategi marketing yang satu ini lebih agresif lagi karena kita bisa memanfaatkan para influence maupaun para custumer kita untuk ikut memasarkan produk milik kita melalui link affiliasi dengan imbalan komisi tentunya.

Stategi marketing yang satu ini umumnya banyak di gunakan oleh perusahaan perusahaan yang berbasis online seperti amazon.com, clikbank.com, lazada.co.id dan masih banyak lagi yang lainnya.

Yang saya perhatikan hampir seluruh toko toko online memanfaatkan affilate marketing sebagai salah satu strategi marketing mereka.

Artikel terkait : Cara Daftar Affliate Lazada


6. Sistem Franchiese Atau Waralaba

Berbicara sistem marketing maka jangan sampai ketinggalan juga tentang sistem franchise atau waralaba ini, karena juga merupakan salah satu sistem marketing yang cukup populer dan banyak di gunakan oleh para pebisnis untuk mengembangkan bisnis mereka.

Bahkan pebisnis pebisnis lokalpun sudah banyak yang menggunakan sistem ini dan terbukti berhasil mengembangkan saya hingga keluar negeri sebur saja seperti Radja Cendol, Es teler77, J.co,  dan masih banyak lagi yang lainnya.

Demikianlah sedikit tentang macam macam strategi marketing yang wajib di ketahui oleh semua calon pengusaha, semoga bisa bermanfaat


EmoticonEmoticon