Saat ini bisnis online kian menjamur begitu cepatnya layaknya virus mematikan yang tidak ada satupun orang yang bisa mencegahnya.

Salah satu seperti bisnis online shop atau yang biasa kita sebut dengan bisnis toko online .

Bagi yang suka berselancar di internet ataupun yang senang berbelanja online, saat ini pasti bisa dengan mudah menemukan online shop - online shop yang bertebaran di internet dengan baraneka ragam barang yang di jajakannya.

Apalagi dengan banyaknya marketplace marketplace besar dan juga media sosial yang tentu lebih memudahkan para pebisnis online shop untuk mendapatkan pembeli dan juga mempromosikan toko online mereka agar bisa lebih di kenal olah khalayak luas dengan cepat.

Nah apa sebenarnya bisnis onlie shop ini? dan bagaimana cara memulai bisnis online shop ini? bisakah seorang yang "gaptek" menggeluti usaha online shop?

Ini yang akan kita bahas pada kesempatan kali ini.

So !! kalau sobat ada niatan ingin terjun di bisnis online shop, tidak perlu bingung dan resah lagi karena sudah sedikit mengerti.

Ok, yuk langsung saja kita simak ulasanya di bawah ini :


Apa itu bisnis online shop?

Bisnis Online Shop

Seperti yang saya jelaskan sedikit di atas, bisnis online shop ini sebenarnya sama saja layaknya kita berjualan barang pada umumnya, hanya saja bisnis online shop ini memanfaatkan internet untuk menjajakan produk mereka.

Jadi, tidak harus lagi bersusah payah untuk pergi kepameran, pasar malam, ataupun dari rumah ke rumah hanya untuk sekdear menawarkan produk yang kita miliki.

Wah enak donk kalau gitu?

Ya itulah salah satu kelebihan berjualan menggunakan teknologi, kita bisa lebih mudah dan lebih efisien dalam menjual barang yang kita miliki.

Tapi meskipun terlihat mudah, untuk menjalankannya tidaklah semudah yang kita bayangkan, tetap saja di perlukan kemauan untuk belajar dan keterampilan dalam menggunakan internet tersebut untuk berjualan ( nanti akan kita bahas di point kedua ).

Selain itu, jualan dengan sistem online shop juga memiliki jangkauan pasar yang lebih luas di bandingkan dengan jualan secara konvensional, karena bisa menjangkau seluruh indonesia bahkan dunia. selama di daerah tersebut ada jangkauna internet.

Jadi dengan kata lain, bisnis online shop ini adalah bisnis jualan yang menggunakan sistem online dan memanfaatkan internet untuk pemasarannya.

Baca juga : Contoh bisnis online syariah yang terpercaya

Bagaimana Cara Memulai Bisnis Online Shop?

Nah sekarang sobat sudah mengerti apa itu bisnis online shop, jika sobat tertarik untuk memulai bisnis online shop, berikut langkah langkah yang harus sobat siapkan lebih dahulu.


1. Memilih Produk Yang Akan Di Jual

Untuk sahabat yang sudah memiliki produk, lewatinya saja step ini, namun buat sahabat memang ingin memulai dari nol, maka memilih produk yang akan di jual adalah hal utama yang harus sobat lakukan.

Caranya?

Kalau saran saya pribadi sih, jangan menjual produk karena hanya sedang tren ataupun lagi booming, karena biasanya trens tersebut tidak berlangsung lama, dan lagi sudah barang tentu banyak pesaingnya.

Lebih baik sahabat menjual produk yang sesuai dengan profesi sobat saat ini, atau yang masih berhubungan dengan minat dan hobi sobat.

Kenapa harus demikian?

Agar sobat bisa menjalaninya dengan senang hati. dan kalian juga sudah tidak bingung lagi dalam memilih produk yang berkualitas, karena kalian sudah benar benar paham dan menyukai bidang tersebut, sehingga bisa lebih mudah dalam mempersentasikan produk kepada custume kelak.

Trus untuk dapat produknya dari mana?

Sobat bisa membelinya dari pusat pusat grosir di indonesia seperti di tanah abanng, jakarta, ataupun bisa mencarinya di kota kota besar lain seperti bandung dan surabaya, karena di daerah sana ada banyak sekali pusat pusat grosir yang tentunya memberikan harga lebih murah di bandingkan di pasaran.

Tapi aku gak punya waktu dan modal juga terbatas, gimana donk?

Tenang aja, jika memang demikian sobat bisa berjualan dengan sistem reseller ataupun dropshipper dulu, karena sekarang juga sudah banyak online shop yang membuka sistem keagenan dengan cara reseller dan dropshipper.

Sehingga bagi kalian yang tidak punya cukup waktu ataupun keterbatasan modal masih bisa melakoni bisnis online shop sendiri.


2. Membuat Blog Atau Toko Online

Nah, setelah produk yang akan kita jual sudah siap, tentu kita memerlukan sarana untuk menawarkan dan mempromosikan produk kita melalui internet, dan itu bisa kita lakukan dengan membuat blog atau toko online.

Kenapa harus membuat blog sih? kan bisa jualan lewat facebook dan media social lain?

Ya itu mungkin benar adanya? tapi sampai kapan kita mau numpang jualan di facebook dan marketplace lain? karena walau bagaimanapun, facebook dan social media lain itu adalah milik orang lain yang sewaktu waktu bisa saja tutup.

Terlebih lagi, kalau kita berjualan online hanya dengan mengandalkan media sosial saja, kita akan sangat sulit untuk mendapatkan pelanggan tetap, karena kita terlihat tidak ada bedanya dengan para penjual penjual lain.

Itulah kenapa kita harus membuat blog dan toko online, untuk sosmed dan marketplace kita gunakan untuk sarana mempromosikan dan memperbesar toko online kita saja.

Tapi saya gaptek mas, gak bisa membuat blog atau toko online sendiri?

Dimana ada kemauan disitu pasti ada jalan, mereka mereka yang mendapatkan gelar master dan ahli di bidangnya saat ini, juga berawal dari ketidakbisaan dan tidak tahu apa apa, namun karena mereka mau belajar dan berlatih secara terus menerus akhirnya mereka bisa menjadi ahli dan di akui dunia.

Saya ambil contoh seperti Andrew Darwis sang pendiri kaskus.co.id ( forum online terbesar di indonesia ).

Dia mendirikan kaskus.co.id dengan hanya bermodalkan sekitar Rp.30.000 saja, dengan segala keterbatasan kemampuan dan keterampilan, serta hampir lebih dari 3 tahun tidak mendapatkan hasil yang seperti dia inginkan.

Namuan dia tetap sabar dan pantang menyerah, dan terus berlatih dan mengasah diri, akhirnya saat ini kaskus menjaddi forum no 1 di di indoensia.

Jadi sebenarnya gaptek atau apalah itu sebutannya bukanlah alasan untuk kita maju dan berkembang, asalkan kita mau belajar dan berlatih.

Kembali ke topik kita tadi, untuk sobat yang ingin membuat blog dan toko online sendiri, sudah saya buatkan panduannya di artikel saya yang lain, silahkan baca : Cara membuat toko online sendiri .

3. Promosi, Promosi Dan Promosi

Pernah terbesit enggak di benak sobat  kenapa banyak brand brand besar yang rela menggelontorkan miliaran rupiah hanya untuk promosi di televisi ataupun menjadi sponsor di event event bergengsi seperti sepak bola dan bulu tangkis?

Padahal kalau di fikir fikir, brand mereka sudah cukup di kenal dan memiliki banyak pelanggan.

Itu semua mereka lakukan demi menjaga kelangsungan bisnis mereka agar tetap di kenal dan semakin memperbesar popularitas mereka, semakin di kenal maka akan semakin mudah mereka melakukan pemasaran.

Atau seperti cemilan atatu sncak dengan keuntungan per piece yang bisa di bilang sangat kecil, tapi mereka rela untuk menggelontorkan banyak uang untuk promosi.

Kenapa demikian? karena mereka menggunakan faktor kali, semakin di kenal produk mereka, semakin banyak yang beli, semakin banyak pula keuntungan mereka, walaupun satu pice hanya mendapatkan keuntungan Rp.300 tapi kalau di kalikan dengan 1 juta piece, sudah berapa?

Untuk itulah dalam hal bisnis apapun, promosi merupakan hal yang wajib kita lakukan jika kita ingin berhasil dalam bisnis tersebut.

Begitu juga dalam dunia online, tanpa promosi maka mustahil toko online kita akan di kenal dan akan mendapatkan pembeli.

Untuk itulah, pelajari strategi marketing dan cara pemasaran online yang baik di internet, dan lakukan secara sabar dan konsisten, maka kesukesan akan menghampiri kita semua.

Artikel terkait : Cara promosi online yang justru berbahaya untuk kelangsungan bisnismu


EmoticonEmoticon