Selama ini bisnis properti rumah terkenal dengan bisnis dengan modal yang sangat besar, karena memang tanah dan rumah bisa dibilang 2 hal yang memiliki harga yang cukup mahal dan selalu berkembang setiap tahunnya.

Maka tak heran jika banyak yang menyerah sebelum bertanding ketika hendak terjun ke bisnis properti ini.

Padahal prospek bisnis properti ini bisa di bilang sangat cerah secerah sinar mentari lho, karena selain memang kebutuhan akan perumahan yang tidak pernah ada habisnya, bertambahnya populasi penduduk setiap tahunnya juga ikut andil untuk perkembangan bisnis yang satu ini.

Selain itu banyak juga masyarakat yang menjadikan properti sebagai investasi jangka panjang, sebagai salah satu strategi untuk mengembangkan keuangan mereka agar tidak tergerus laju inflasi yang semakin kencang seperti angin.

Nah untuk itu pada kesempatan kali ini saya akan sedikit berbagai tips jitu bisnis properti permumahan bagi sobat yang mungkin tidak punya modal.

1. Mencari Calon Penjual 

Karena kita hendak memulai bisnis properti tanpa modal maka mau tidak mau jalan satu satunya adalah dengan menjadi penjual perantara, dgan menawarkannya kembali dengan harga sedikit lebih tingga ataupun dengan meminta komisi terhadap penjualnya.

Ada beberapa cara yang bisa kita lakukan untuk mencari calon penjual properti ini.

  • Rajin melihat iklan properti yang akan di jual di majalah ataupun internet
Ini salah satu cara yang cukup efektif agar kita bisa menemukan calon penjual properti, karena bisanya mereka yang akan menjual akan memasang iklan di koran ataupun di internet atau juga melalui social media.

Nah, rajin rajinlah untuk melihat iklan, dan jika sobat menemukannya, maka segera hubungi calon penjual properti tersebut dan tawarkan kerja sama kepada mereka, bahwa sobat siap untuk membantu pemasaran mereka.

Tentunya dengan mendapatkan komisi ( buat kesepakatan dengan penjual ), kalau perlu buat hitam di atas putih.
  • Rajin Mendatangi Pameran Properti
Cara kedua untuk menemukan calon penjual adalah dengan rajin mendatangi pameran properti di daerah sobat, karena di sana akan ada banyak sekali para pengusah properi yang akan mendwarkan produk mereka kepada masyarakat.

Nah, selanjutnya jangan ragu untuk menawarkan kerja sama seperti pada poin pertama.

  • Mendatangi Pihak Pengembang Properti
Yang terakhir untuk mendapatkan calon pembeli ada dengan mendatangi pihak pengembang properti di daerah sobat, terutama pengembang perumahan dalam bentuk KPR .

Karena biasanya produk mereka lebih cepat laris dan di buru masyarakat karena adanya subsidi dari permeintah.

Dah biasanya juga merekapun sangat welcome kepada kita yang ingin turut memasarkan produk mereka, dan sudah menyiapkan komisi untuk setiap terjadinya pembelian dari custumer yang kita bawa kepada mereka.

2. Melakukan Pemasaran ( Mencari Calon Pembeli )

Nah setelah kita mendapatkan calon penjual properti dan menjalin kerja sama dengan mereka, maka kita saatnya kita melakukan pemasaran, dan disinilah kemampuan marketing kita di uji sekaligus kesempatan kita untuk belajar, sebelum akhirnya nantinya kita memiliki perusahaan pengembang sendiri.

Banyak cara untuk melakukan pemasaran perumahan ini seperti :

  • Menawarkan Kepada Teman Sekantor Yang Belum Memiliki Rumah
Nah, buat sahabat yang kerja di kantor atau di pabrik ada keuntungan tersendiri nich, karena kita bisa menawarkan pemasaran property ke teman teman sekantor kita yang belum memiliki rumah.

Terutama untuk KPR kan biasanya bisa di kredit, jadi cukup terjangkau lah untuk kalangan karyawan dan pegawai.

Untuk kita yang gak biasanya menawarkan produk atau barang ini pasti agak sedikit sulit sih untuk komunikasinya, tapi kalau kita mau maju, ya mau gak mau harus kita coba dan singkirkan semua keraguan.


  • Menawarkan Kepada Kerabat Dan Tetangga
Jangan lupa juga untuk menawarkan kepada kerabat atau tetangga, karena barang kali mereka ada yang ingin berinvestasi properti ataupun memang memerlukan tempat tinggal.

Terutama buat keluarga atau kerbat yang baru saja menikah, tentu mereka memikirkan agar bisa mempunyai tempat tinggal sendiri agar bisa mandiri.

  • Menawarkan Secara Online
Media online saat ini juga harus bisa kita manfaatkan secara maksimal untuk bisa memperluas jaringan ataupun mendapatkan pembeli ada banyak media online yang bisa kita manfaatkan untuk promosi seperti.

Social media ( Facebook, twitter, istagram ) dll, atau juga bisa dengan cara mempromosikannya melalui blog atau website milik kita sendiri.
Bisnis Properti

3. Sabar Dan Konsisten

Apapun bisnis yang kita tekuni, kalau kita tidak sabar dan konsisten maka mustahil kita akan berhasil dan bisa meraih kesuksesan.

Apalagi untuk kita yang benar benar memulainya dari NOL besar, di mana kita tidak memiliki kamampuan dan juga tidak memiliki pengalaman yang cukup.

Maka di perlukan kesabaran serta konsistensi yang tinggi untuk menekuninya,

Karena di awal awal, tentu kita masih butuh pembelajaran bagaimana cara promosi yang baik, bagaimana cara melakukan penawaran yang baik, cara menjalin kerja sama, semuanya itu tentu memerlukan proses yang cukup panjang sebelum akhirnya kita bisa menjadi ahli di bidang tersebut.

Untuk itu jika memang sobat ada memiliki passion di bisnis property ini, maka tekuni dengan sabat dan konsisten, lambat laun kita akan menemukan jalan sukses kita disini.

4. Jangan Lupa Menabung Dan Manajemen Keuangan Yang Baik

Ini adalah hal yang juga jangan sampai lupa sobat lakukan, karena buat kita yang menapak dari bawah, untuk sukses maka mau tidak mau kita harus bisa memenej keuangan dengan baik.

Sisihkan sebagian uang untuk di tabung, dan jangan membeli barang barang karena gengsi, padahal barang tersebut tidak kita perlukan, yang akan berakibat selamanya keuangan kita tidak bisa berkembang.


5. Banyak Berteman Dengan Para Pengusaha Properti

Kata orang kalau kita ingin kecipratan wangi, maka bertemanlah dengan tukang minyak wangi, kalau kita ingin berbau alkohol maka bertemanlah dengan tukang mabuk.

Begitu juga kalau kita ingin menjadi pebisnis properti maka banyaklah bergaul dengar para pengusaha properti tersebut, gali ilmu dari mereka sebanyak mungkin, karena bukan tidak mungkin suatu saat kita bisa sukes seperti mereka.

Demikianlah sedikit tentang cara jitu bisnis properti tanpa modal, kuranga lebihnya mohon maaf dan semoga bermanfaat.


EmoticonEmoticon