Seiring dengan perkembangan teknologi yang semakin pesat, maka pihak perbankan di indonesiapun juga ikut memanfaatkannya untuk menambah layanan kepada masyarakatnya.

Salah satunya adalah sms banking dan mobile banking yang merupakan layanan e-banking, yang memungkinkan para nasabah bank terkait untuk bisa bertarasksi perbankan tanpa harus pergi kebank bersangkutan, melainkan hanya melalui handphone sang nasabah.

Menarik bukan?

Nah pada kesempatan kali ini, yang akan kita bahas ada cara daftar sms banking bni dan panduan penggunaanya, karena kebetulan saya sendiri sudah lama menggunakan sms banking bni ini, baik untuk transfer antar bank bni ataupun lintas bank, ataupun hanya untuk sekedar cek saldo saja.

Jadi lebih enak di ceritakan kepada sobat semua, karena pernah menggunakannya sendiri, untuk cara daftar sms banking di bank bank lain, lain kali dah akan saya bagikan juga.

Ok, langsung saja yuk kita simak langkah demi langkah untuk melakukan aktifasi sms banking Bni.


1. Regestrasi BNI Sms Banking Melalui ATM

Cara Daftar Sms Banking BNI

Nah ini adalah langkah utama yang harus sobat lakukan jika ingin menggunakan sms banking bni .

lho emang gak bisa daftar sms banking bni lewat hp mas? ya gak bisa donk, soalnya kan no hp kita belum terdaftar di server bank bni, jadi bagaimana kita mau mendaftarkannya, jadi mau gak mau kita harus mendaftar sms bankingnya lewat ATM.

Caranya :

  • Masukkan kartu ATM bni, kemudia pilih menu "Regerstrasi E-channel"
  • Pilih menu"BNI Sms Banking"
  • Masukkan no handphone yang akan kita gunakan untuk sms banking 
  • Buat Pin Sms Banking Bni ( 6 digit ) sesuai keinginan kita, saran saya yang mudah di ingat saja
  • Masukkan lagi 6 digit Pin sms banking yang anda buat tadi
Selelsai,, sobat akan mendapatkan print out pendaftaran sms banking bni, dan sobatpun akan mendapatkan pemberitahuan lewat sms dari 3346 bahwa sobat sudah sudah berhasil melakukan pendaftaran sms banking.

Nah sampai disini sebenarnya kita sudah bisa menggunakan sms banking bni melalui hp kita, tetapi hanya sebatas untuk transaksi non tunai saja seperti cek saldo, riwayat transaksi, cek tagihan dll, selain transaksi tunai.

Untuk itu, agar sms banking bni kita bisa di gunakan transaksi tunai seperti transfer uang, pembelian pulsa ataupun peluanasan tagihan, maka kita harus melakukan aktifasi sms banking bni .


2. Melakukan Aktifasi Sms Banking Bni

Seperti yang sudah saya jelaskan sedikit di atas, agar sms banking kita bisa di gunakan untuk transaksi tunai maka kita harus melakukan aktifasi ke custumer servie bni dengan datang langsung ke kantor cabang bni terdekat.

Caranya :
  • Bawa Buku tabungan / Rekening Bni
  • Kartu ATM
  • KTP dan print out pendaftaran sms banking dari atm
Selanjutnya sobat tinggal datang ke bank bni terdekat di daerah sobat, dan langsung datang saja ke custumer servicenya, jika di tanya oleh satpam, bilang saja mau melakukan aktifasi bni sms banking, (maka akan di tunjukan oleh satpam ke cs ).

Selanjutnya jika antrian tidak terlalu panjang, maka aktifasi sms bankin sobat bisa di lakukan dengan cepat oleh cs.

Untuk mobile banking gimana?

Untuk sobat yang ingin menggunakan mobile banking maka sobat tinggal  download aplikasi sms banking bni di playstore, dan login dengan data dat yang sudah sobat daftarkan tadi.

Jika bingung, sekalian saja sobat minta tolong sama custumer servie bni untuk di ajarkan cara menggunakan mobile banking.

Sampai di langkah ke dua ini, maka sudah lengkaplah aktifasi sms banking sobat dan bisa di gunakan untuk segala macam transaksi baik tunai maupun non tunai .

Artikel terkait : Cara menjadi agen bni 46 .

Panduan Menggunakan Sms Banking BNI

Nah setelah sobat mendaftar dan melakukan aktifasi, untuk menggunakannya sobat harus menghapal beberapa format sms transaksi dan mengerimkannya ke center bni yakni ( 3346 ).

Berikut beberapa format transaksinya

Cek saldo : ketik SAL kirim ke ( 3346 ) maka dengan segera sobat akan mendapatkan balasan jumlah saldo di rekening sobat

Transfer ke bank bni : TRF (Nomer Rekening Tujuan) (Nominal transfer)
Contoh : TRF 0192597481 1000000 

Transfer ke bank lain : TRF ANTARBANK (Kodebank+Rekening tujuan) (Nominal transfer)
Contoh : TRF ANTARBANK (156)0033265441 1000000

(156) merupakan kode bank sinarmas

Cek tagihan PLN : TAG PLN Nomer pelanggan

Cek histori transaksi : HST

Cek tagihan telkom : TAG TELKOM (kode area+no telepon)

Cek tagihan credit card bni : TAG BNI (nomer credit card)

Catatan : Semua format transaksi sms banking tersebut di kirim ke 3346.

Demikianlah cara daftar sms banking bni berserta panduan menggunakannya, semoga bisa bermanfaat untuk sahabat semua.


EmoticonEmoticon