Bagaimana cara seseorang dalam memasakran produk, merupakan ujuk tombak dari suatu bisnis, karena sebagus apapun produknya, jika cara memasarkannya salah maka produk tersebut akan sulit dikenal dan di terima di masyarakat, yang tentu akan berujung sulitnya mendapatkan selling.

Terutama buat produk baru yang memang belum di kenal sama sekali oleh masyarakat, sangat memerlukan strategi marketing yang tepat, agar bisa populer dan memperoleh hasil seperti yang kita inginkan.

Jangan sampai kita sudah capek capek membuat dan mendesain produk sabaik mungkin, tetapi ternyata kurang diminati dan tidak laku di pasaran, karena menggunakan cara pemasaran produk yang salah.

Untuk itu pada kesempatan kali ini saya akan berbagai sedikit tips cara memasarkan produk baru agar cepat di kenal dan laku di pasaran.


1. Buat Manjemen Pemasaran Beserta Konsepnya

Ini adalah yang paling penting dalam dunia marketing dan bisnis, tanpa manajemen pemasaran yang baik dan terkonsep maka bisa di pastikan kita sudah gagal sebelum berperang.

Karena tanpa manajemen dan kosep pemasaran yang baik, kita hanya meraba raba dalam melakukan promosi dan pemasaran.

Yang berakibat memasarkan seperti Untung- Untungan.

Padahal dalam suatu bisnis semua harus di perhitungkan dengan benar dan tepat, jika kita mau berhasil, iInilah kesalahan yang banyak di lakukan oleh para pebisnis pemula dalam memasarkan produk mereka.

Untuk itu sebelum melangkah lebih jauh buatlah manajem pemasaran yang baik yang meliputi, segmenting, targeting dan positioning.

Untuk lebih jelas silahkan sobat baca di artikel saya sebelumnya tentang : Manajemen Pemasaran berserta cotohnya.

Cara Memasaran Produk


2. Buat Toko Online Ataupun Blog Untuk Mempermudah Promosi Online

Saat ini semua sudah serba online, cukup dengan satu klik di depan komputer, maka barangpun akan sampai di rumah.

Nah jika produk baru kita ingin di kenal dan laris di pasaran, maka mau tidak mau, suka tidak suka kita harus membuat toko online maupun blog sendiri.

Karena dengan mempunya toko online sendiri maka kita akan lebih mudah dalam mempromosikan dan memperkenalkan produk baru kita melalui internet.

Selain itu !

Masyarakatpun bisa lebih mudah dalam mendapatkan impormasi seputar kelebihan dan kegunaan dari produk yang kita tawarkan dari website ataupun toko online kita hanya dengan mengetikkan alamat url toko kita di internet.

                        Cara Membuat Toko Online Sendiri

3. Gunakan Social Media Dan Marketplace Untuk Promosi Secara Online

Nah, jika kita punya blog atau toko online maka bisa mempermudah kita dalam mempromosikan produk secara online melalui social media ataupun marketplace ?

Kenapa?

Karena jika kita hanya mengharapkan sumber pengunjung dari search engine seperti google ataupun yahoo, butuh waktu yang cukup lama sebelum akhirnya kita bisa memperoleh pengunjung organik tersebut.

Oleh karena itu, untuk menyiasatinya, maka kita bisa menggunakan socail media seperti facebook, twitter, instagram, google+ dan lain sebagainya, untuk mempercepat proses promosi kita.

Untuk itu silahkan sobat baca artikel yang sudah saya buat sebelumnya.
Saat ini pertumbuhan blogger di indonesia sangat pesat, bahkan banyak di antar mereka yang sudah menjadi profesi.

Nah, jika kita bisa mengundang langsung para blogger untuk bisa terlibat dalam mempromosikan produk kita, maka peluang untuk cepat di kenal dengan cepat akan sangat terbuka lebar.

Caranya dengan membuat konters blog seo, dengan cara memberikan hadiah bagi para blogger yang bisa menduduki halaman pertama google untuk membuat konten artikel yang sudah kita tetapkan.

Dalam hal ini, tentu artikelnya harus berhubungan dengan produk baru kita dan dengan syarat harus memberikan backlink ke website ataupun toko online kita, sehingga bisa mempercepat perolehan pengunjung dari mesin pencari.

Ini sangat efektif menurut saya, namun membutuhkan biaya yang cukup besar.

5. Buat Konten Marketing Yang Baik

Dalam pemasaran online, konten marketing adalah kuncinya, para pakar internet marketingpun menyebutnya dengan istilah "konten is the king"

Karena memang keberhasilan seseorang dalam memasarkan produk mereka secara online tergantung dari seberapa bagus konten marketing yang dia buat.

Dan dalam hal ini satu kesalahan yang sering di buat oleh para pemula adalah membuat konten marketing dengan cara membuat deskripsi produk maupun langsung mengajak para pengunjung untuk membeli produk mereka,karena mereka menganggap konten marketing hanya tentang mempromosikan konten.

Bukan, jangan sampai ada terjebak !

Sekali lagi konten marketing bukan hanya tentang mempromosikan konten.

Tetapi lebih dari itu, konten marketing mencakup secara keseluruhan dari mulai proses perencanaan, pembuatan serta penganalisaan.

Supaya lebih jelas, saya akan memberikan sobat contoh :

Anggap saja ada seseorang bernama Ardi.

Ketika ardi ingin membeli sesuatu, tentu dia tidak langsung tiba-tiba membeli, melainkan adanya proses yang di laluinya, yakni :

  • Ardi menyadari dia mempunyai suatu permasalahan, karena itu dia butuh imformasi lebih untuk menyelesaikan permasalahan yang dia alami
  • Selanjutnya Ardi menemukan konten kita sebagai solusi terbaik dari permasalahan yang dia hadapi
  • Maka diapun memutuskan untuk melakukan pembelian
Masuk akal kan?

Nah selanjutnya kesalahan kedua yang sering para pemula lakukan adalah membuat konten marketing yang berisi penjualan.

Kenapa? kalau kita berkaca pada proses ardi bisa membeli tadi, seharunya kita banyak menyediakan konten yang bisa menyelesaikan permasalah besar dari custumer target pasar kita, seperti ardi tadi.

Maka tanpa susah payahpun kita bisa dengan mudah untuk memancing custumer seperti ardi tersebut untuk melakukan penjualan.

Bandingkan jika kita langsung membuat konten tentang penjualan yang berisi dengan deskripsi produk dan layanan yang kita jual, sedangkan mereka belum mengenal kita?

Tentu mereka akan merasa terganggu, dan tidak akan pernah melakukan pembelian.


6. Menjadi Sponsor Di Suatu Acara Atau Lomba

Meskipun memasarkan produk secara online sangat efektif, tapi bukan berarti pemasaran secara offline kita tingggalkan lho, karena sebenarnya masih banyak juga cara yang cukup efektif untuk promosi secara offline, seperti menjadi sponsor di suatu acara atau lomba.

Maka secara otomatis produk ataupun brand yang kita promosikan di lomba tersebut akan cepat di kenal oleh peserta lomba ataupun penontonya.

Itulah mengapa, kalau sahabat perhatikan banyak brand brand ternama rela membayar mahal untuk menjadi sponsor di olahraga olahraga terkenal seperti bola ataupun bulutangkis.

Karena tenunya dengan logo mereka yang menempel di baju para atlet, maka brand merekapun juga akan ikut terkenal, yang secara tidak langsung akan berimbas pada meningkatnya penjualan.

7. Bagi Bagi Produk Gratis Untuk Promosi

Layaknya seperti memancing, menggunakan umpan ikan kecil untuk mendapatkan ikan yang lebih besar lagi.

Begitu juga dalam hal bisnis, gak ada salahnya kita memberikan produk secara cuma cuma untuk mempromosikan produk kita agar lebih di kenal oleh masyarakat, karena imbasnya nanti kita akan mendapatkan keuntungan yang jauh lebih besar.

Namun tentunya kita membagaikan produk gratis kepada orang orang yang sesuai dengan target market kita yang sudah kita susn dalam manajemen pemasaran di point pertama tadi.

8. Peduli Dengan Isu Di Sekitar Masyarakat

Maksudnya? kita bisa menggunakan strageti promosi dengan memanfaatkan psikologi manusia.

Misalnya dengan cara membuat penggalangan dana yang akan di sumbangkan ke komunitas ataupun organisasi seperti panti asuhan ataupun lainnya dari sebagian hasil penjualan produk kita.

Kalau sobat jeli, banyak lho merek merek terkenal di indonesia yang menggunakan strategi promosi ini.

Gak ada yang salah koq, selama kita berkomitmen dengan apa yang kita usung dan kita promosikan.

Justru kita akan mendapatkan nilai lebih di masyarakat, karena mau peduli dengan lingkungna sekitar, dan kitapun akan mendapatkan keuntungan dari penjualan.

Demikianlah cara memasarkan produk baru agar cepat di kenal dan di terima di masyarakat, semoga bisa bermanfaat.


EmoticonEmoticon