Seperti kita ketahui, promosi merupakan ujung tombang dari  keberhasilan suatu bisnis, apapun bisnis yang sedang kita geluti saat ini.

Apalagi buat sobat yang saat ini menggeluti dunia internet marketing, baik itu blogging, affilate marekting, dan jualan online, tentu lebih di tuntut lagi agar bisa kreatif dalam memasarkan produk dan mempromosikan konten agar bisa di terima oleh para pengguna internet.

Karena menggingat, persaingan yang semakin ketat, serta banyaknya toko online yang sudah lebih dahulu populer ( bagi sobat yang ingin jualan online ), ataupun banyaknya website atau blog yang berkualitas ( bagi sobat yang saat ini sedang menggeluti dunia blogging).

Tentu bagi kita para pendatang baru bukanlah hal mudah untuk bisa bersaing dan menjadi profesional seperti para pendahulu kita.

Akibatnya, saya melihat banyak para internet marketer pemula yang banyak menggunakan segala macam cara untuk mempromosikan bisnis mereka, dengan harapan bisa membesarkan bisnis mereka.

Padahal kenyataan yang di dapat malah sebaliknya, karena memang cara cara yang mereka gunakan tersebut justru lambat laun akan membayakan kelangsungan bisnis yang sedang mereka bangun.

Dan tidak menutup kemungkinan justru akan mati secara perlahan.

Nah, jika sobat tidak ingin mengalami demikian, maka hindarilah beberapa cara promosi online yang justru bisa berbahaya di bawah ini.


1. Mempromosikan blog atau berjualan online di komentar istagram, ataupun media social lainnya

Ini yang sering saya temukan, apalagi di instagramnya para selebritis indonesia, setiap mereka mengunggah foto baru maka akan banyak di serbu oleh para pedagang yang memasarkan produk mereka.

Contohnya di salah satu postingan di instagramnya ayu ting ting berikut ini:

cara promosi online

Coba lihat !! komentarnya di penuhi oleh orang orang yang menawarkan dagangan mereka.

Padahal apa coba yang mereka dapatkan? bukannya malah mendapat pembeli tetapi mendapatkan cap sebagai pedagang murahan, jangankan mau mebeli membacanyapun saya yakin orang orang sudah males dan ennek duluan, syukur syukur gak muntah dech. haha.


2. Promosi Di Beranda Facebook Orang Lain

Nah selain di instagram saya juga banyak menemukan para pelaku bisnis pemula mempromosikan bisnis dan barang dagangan mereka melalui beranda facebook orang lain tanpa seizin pemiliknya, dengan harapan pemilik facebook tersebut bisa tertarik.

Padahal coba kita kembalikan pada diri kita sendiri, kalau seandainya beranda facebook kita di penuhi oleh promo promo dari orang lain.

Apa yang kita rasakan? jengkelkan, bukannya malah tertarik, yang ada kita akan menghapus postingan tersebut dan menandainya sebagai spam.

Inilah yang kadang kurang di sadari oleh para pebisnis pemula dalam mempromosikan bisnis mereka.

Jangan sampai sobat tiru ya, karena gak akan ada hasilnya untuk perkembangan bisnis kita, malah yang ada adalah sebaliknya.

3. Menandai Banyak Teman Atau Tagging Berlebihan

Pernahkah sobat di tandai oleh seseorang di sebuah postingan yang berisi penjualan produk atau yang berbau promosi lainnya?

Apa yang kalian rasakan?

Tentu merasa kesal dan jengkel apalagi jika orang yang menandai tersebut merupakan orang yang tidak kita kenal sama sekali.

Nah, begitulah juga kalau kita menandai banyak teman sekaligus dalam promosi kita, pasti orang juga akan merasa kesal, meskipun mereka tidak mengungkapkannya, di dalam hatinya pastilah mereka merasa kesal dan mengangap kita tidak sopan dan tidak punya etika dalam ber promosi.


4. Membuat Tread Di Forum Hanya Tentang Deskripsi Produk Dan Promosi Saja

Seperti yang sudah saya jelaskan di artikel saya sebelumnya, bahwa ada banyak sekali media social yang bisa kita gunakan untuk promosi, salah satunya adalah forum forum online seperti kaskus.co.id ataupun forum.detik.com.

Namun untuk promosi menggunakan forum tersebut bukan berarti kita harus membuat tread yang berisakan deskirpsi produk ataupun jasa kita, karena itu hanya akan membuat orang malas untuk membaca atau bahkan di lempar keluar oleh moderator forum tersebut.

Yang benar adalah kita membuat tread yang masih ada hubungannya dengan barang yang kita jual, namun sifatnya bukan promosi tetapi memberikan panduang atau tutorial yang bermanfaat, barulah setelah itu bisa kita arahkan menuju ke link blog ataupun toko online milik kita.

5. Menggunakan Robot atau sofware otomatis

Ini adalah cara promosi yang paling gila dan paling gak ada gunanya menurut saya, karena sasaran promosi kita itu bukan robot melainkan manusia, tentu sangat sangat tidak efektif jika kita promo menggunakan bot ataupun sofware massal, karena terkesan kaku dan sembarangan dalam promosi.

Mungkin dalam jangka pendek cara ini akan berhasil, tapi percayalah itu tidak akan betahan lama, dan lama kelamaan orangpun akan bosan .

6. Terlalu Sering Promosi

Setiap saat setiap waktu kita melakukan promosi justru akan membuat orang semakin jemu dan menggapnya sebagai hal yang aneh, dan penganggu.

Itulah mengapat banyak yang menyarankan agar kita mengatur posting kita di jam jam tertentu yang pada saat itu merupakan jam santai seseorang dan merupakan jam saatnya mereka online dan berselancar di internet.

Sehingga semua promosi dan strategi marketing kita tepat sasaran tanpa di anggap menggangu dan terlihat kampungan.

Demikianlah sedikit tentang cara promosi online yang justru bisa berbaya bagi kelangsungan bisnis kita.

Semoga kita bisa belajar lebih bijak dan lebih sabar dalam mengembangkan dan mempromosikan bisnis kita, agar kita bisa sukes dan berhasil terhadap apa yang sedang kita perjuangkan saat ini.


EmoticonEmoticon