Sebenarnya sudah sejak lama saya amati fenomena ini, tepatnya ketika bulan kemaren saya liburan ke kota semarang selama kurang lebih satu minggu, saya sama sekali tidak bisa update artikel di blog, dan hanya bisa memantau akun adsense dari aplikasi android.

Ya maklumlah sob, namanya juga lagi liburan. hehe

Namun ada yang aneh sekaligus senang ketika saya memantau penghasilan adsense saya melalui aplikasi android, karena justru selama liburan, dan tidak bisa update artikel selama satu minggu, malah penghasilan adsense saya meningkat.

Wah ada apa ini gerangan ! ( gumam saya dalam hati ).

Usaut punya usut setelah saya cek, ternyata nilai Cpc atau Bpk nya yang meningkat pesat, yang bisanya hanya berkisar di antar $0.03 s/d $0.04 saja, tiba tiba meningkat pesar berkisar di antara $0.07 s/d $0.10.

Namun karena saya sedang liburan, saya tidak begitu memperdulikan hal ini, mungkin rezeki anak soleh pikir saya dalam hati. Hehe

Begitulah awalnya, sampai saya selesai liburan dan kembali ke kampung halaman tercinta menggunakan pesawat Nam Air, di temani pramugari pramugari yang cantik. ^_^

Baca juga : Iklan adsense tidak bisa tampil karena 3 kali Pin tidak terkirim

Kemudian saya kembali beraktifitas kembali seperti biasa, kerja sambil ngeblog, dan sayapun kembali update artikel secara rutin di beberapa blog saya salah satunya di blog kesayangan saya ini.

Awalnya saya tidak begitu memperhatikan fenomena yang terjadi pada saat liburan tersebut, dan saya melakukan seperti apa yang saya lakukan sebelum sebelumnya, yakni membuat artikel dan membagikannya di social media terutama di facebook dan google+.

Namun entah kenapa tiba tiba saya teringat kejadian pada saat saya liburan di semarang tersebut, dan akhirnya saya putuskan untuk tidak membagikan artikel terbaru yang baru terbit di social media lagi.

Dan benar saja, selang 3 hari saya tidak membagikan artikel ke sosmed, tiba tiba CPC adsense naik significan dengan rata rata $0.07 s/d $0.10 bahkan ada beberpa klik yang nilainya cukup besar hingga $30 s/d $1 ( mungkin sekitar 1 kilik yang nilainya segini ).

Berikut screenshot nilai CPC saya kemaren tepat tnggl 12 oktober 2017.

cpc adsense meningkat


Sebenarya saya juga belum tahu pasti sih apakah memang lalu lintas dari social media memang mempengaruhi nilai CPC.

Namun yang jelas kedepannya saya akan uji coba terus hal ini, dengan tidak membagikan artikel ke social media lagi, kalau memang trends ini terus berlangsung, berarti memang benar adanya bahwa salah satu penyebab cpc kecil adalah lalu lintas dari social media.

Tapi emang nanti gak ngaruh ke traffic blog mas?


Saya rasa enggak sih, karena memang traffic blog saya hampir 90 % dari google, jadi tidak begitu pengaruh terhadap traffic blog meskipun saya tidak membagikan artikel ke sosmed.

Malahan saya juga sekalian ingin membuktikan, seberapa besar sih pengaruh sosmed itu terhadap rangking artikel kita di search engine.

Kalau memang nanti ternyata gak begitu berpengaruh, maka akan saya coba terapkan di blog saya yang lainnya juga, karena walau bagaimanapun cpc yang cukup besarkan juga sangat berpengaruh terhadap penghasilan adsense kita, apalagi buat pemula seperti saya ini yang masih dalam tahap proses.

Baca juga : Fakta menarik tentang goole adsense yang harus kamu tahu

Lalu masa artikel barunya cuma di biarin aja mas?

Yang Nggak gitu juga, saya akan menyiasatinya dengan cara memberikan internal link dari artikel artikel yang sudah lama dan sudah memiliki traffic yang cukup dari serach engine, jadi artikel baru kita juga bisa cepat ke index sama googlenya.

Cara lainnya adalah dengan menjadi guust post di blog blog yang sudah cukup terkenal dan memiliki kredibilitas yang baik, kemudian menautkan link ke artikel baru kita.

Saya rasanya 2 cara itu saja udah cukup koq untuk mempercepat popularitas artikel baru meskipun tidak membagikannya ke social media.

Tapi tunggu aja nanti hasilnya ya !

Namanya juga saya masih uji coba, karena kalau kita tidak melakukan uji coba sendiri kita gak bakalan tahu hasilnya, kalau coba ngandelin dari pengalaman orang lain dan tutor yang ada di search engine mah belum tentu itu memang berdasarkan dari hasil pengalaman mereka.

Jadi gak usaha takut untuk melakukan uji coba, karena ngeblog itu adalah seni dan ajang kreatifitas, gak usah terlalu terikat dengan omongan omongan orang lain, oke.

Selanjutnya tunggu saja hasilnya di blog ini, pasti aku update lagi koq, apakah memang berhasil atau tidak dan apakah memang traffic dari social media itu memperngaruhi cpc atau tidak.

Sekian dulu.., and Happy Blogging.


EmoticonEmoticon