Siapa jack ma? bagi kita para blogger dan internet marketer tentu sudah mengetahui seluk beluk tentang pendiri alibaba.com, salah satu ( situs raksas e-commerce di dunia saat ini ).

Bagaimana tidak?

Sudah banyak ulasan demi ulasan tentang biografi jack ma dengan bisnis alibabanya, yang ia bangun benar benar dari nol besar hingga menjadi salah satu raksasa e-commerce di dunia saat ini, dengan penuh perjuangan dan kegigihan menghadapi segala kepahitan.

Untuk itulah sangat sayang, jika saya juga tidak mengulasnya untuk sahabat pembaca kerjaonline.my.id, karena banyak pelajaran serta nilai motivasi yang bisa kita dapatkan dari kisah seorang jack ma ini.

Siapa tahu dengan membaca sejarah tentang orang orang sukes seperti pemilik aliababa group ini, kita juga bisa ketularan sukes dan bisa menjadi seperti dia, yang merupakan salah satu deretan miliarder dunia.

Ok, yuk langsung saja kita simak kisah tentang jackma alibaba menjadi orang terkaya di china setelah menjalani kepahitan hidup di bawah ini.


Latar Belakang Keluarga Dan Pendidikan

jack ma alibaba
Jack Ma Alibaba Via : Wikipedia
Jack ma terlahir dari latar belakang keluarga yang kurang mampu, karena ayahnya hanyalah seorang pemuslik dan pendogeng tradisional di daerah Hangzhau, china. dimana konon katanya ayahnya hanya mendapatkan penghasilan sebesar Rp.500.000 untuk mencukupi seluruh kebutuhan keluarganya tersebut.

Karena memang pada saat itu, masih merupakan era komunisme yang masih sangat kaku dan keras, sehingga sangat sulit untuk mencari penghidupan yang baik pada saat itu.

Jackma kecilpun bukan seorang yang pandai dan jenius, karena di ceritakan bahwa untuk masuk SD saja jackma harus berkali kali tes sebelum akhirnya bisa di terima karena lemah dalam hal akademis.

Namun satu kelebihannya, sejak umur 12 tahun seorang jackma sudah menyukai bahasa inggris dan tertarik untuk mempelajarinya, iapun menghabiskan masa kecilnya sebagai seorang pemandu wisata di sebuah hotel di dekat danau Hangzau tak jauh dari kediamannya..

Dari sinilah, setelah dewasa jack ma dewasa dia mendaftar di universitas keguruan Hangzhau dalam bidang keguruan bahasa inggris, di mana setelah lulus dia langsung mengajar di universitas tersebut, namun dengan gajia hanya sebesar Rp.114.000 s/d Rp.142.500 per bulan.

Namaun apa boleh buat, karena saat itu hanya ini peluang pekerjaan yang bisa dia lakukan, karena di saudah pernah melamar selama 30 kali di perusahaan namun tidak pernah di terima, bahk jack ma pernah melamar di KFC, saat itu ada sekitar 25 pelamar, namun hanya jack ma lah yang tidak di terima.

Titik Balik Kesukesan Hingga Berhasil Mendirikan Alibaba.com

Setelah mengalami lika liku kehidupan yang cukup pahit, akhirnya dia mendapatkan titik balik kesuksesan ketika dia menjadi seorang penerjemah bahasa dan mendapatkan undangan dari seorang temannya untuk berkunjung ke tempatnya, yakni di kota Seattle, Amerika Serikat.

Di sanalah pertama kali jack ma mengenal internet dan mesin pencari, yang di perkenalkan oleh temannya tersebut.

Pada saat itu kata pertama yang jack ma cari di serach engine adalah "Beer" namun dia tidak melihat satupun hasil pencarian yang menunjukan produk beer dari china.

Dari sinilah insting bisnisnya memanggil !!

Dan sepulangnya dari "seattle" diapun memutuskan untuk membangun sebuah perusahaan berbasis internet di china. Singkat cerita, perusahaannyapun berhasil dan diapun menjalin kerjasama dengan salah satu perusahaan china lain, yang kemudian mereka beri nama Cofortune Information Technology.

Namun karena terjadi perbedaan prinsip dengan pimpinan cofortune laiinnya jack ma memutuskan untuk hengkang dari perusahaan tersebut dan bergabung bersama kementrian luar negeri Tiongkok, untuk memasarkan produk tiongkok lewat internet, karena perkembangan internet yang semakin menggeliat.

Namun ini juga tidak bertahan lama, karena dia tidak tahan bekerja sebagai pegawai dengan sistem birograsi yang berbelit belit, dan akhirnya pun di keluar dari pemerintahan.

Tidak mau putus asa, akhirnya pada tahun 1999 dia bersama rekannya merintis situs bernama alibaba.com yang terispirasi dari amazon.com ( situs toko online terbesar di dunia ),Namun alibaba.com berfokus untuk mempertumukan atara penjual dan pembeli di seluruh dunia.

Namun tidak serta merta alibaba.com bisa di terima di sana.

Di awal awal peluncurannya jack ma dan rekannya menawarkan jasa alibaba kepada perusahaan mapan untuk mengguakan alibaba.com, namun malah di tertawakannya.

Dari situ dia mengincar perusahaan skala mengengah dan kecil yang tidak punya kesempatan mengikuti pameran internasional, dan alhasil di sambut baik oleh banyak perusahaan menengah dan kecil di sana, karena awalnya jack ma menawakan jasanya secara gratis.

Namun dari sinilah alibaba.com mulai dikenal luas oleh masyarakat, bahkan pernah suatu ketika ketika jackma makan di suatu restoran, ketika dia hendak membayar ternyata sudah dibayar oleh salah seorang pemilik perusahaan yang merasa terbantu dengan adanya alibaba.

Singkat cerita alibaba pun mulai booming hingga sekarang, dengan mendapatkan pendanaan dari beberapa perusahaan ternama.

Kunci Sukses Seorang Jackma

1. Pantang Menyerah

Dari kisah di atas kita bisa simpulkan bahwa kunci sukses seorang jack ma bisa meraih semuanya, karena dia tidak pernah mau menyerah dengan keadaan dan kegagalan, namun justru sebaliknya dia merasa tertantang untuk terus mencoba sampai berhasil.

Bisa kita lihat sejak kecil, meskipun dia bukan seorang yang jenius dan sering gagal pada saat tes akademik , namun dia terus mencoba dan akhirnya berhasil, bagitu juga yang dia terapkan dalam membangun usahanya.

2. Tidak Takut Gagal

Bagi jac ma kegagalan adalah bila kita tidak berani untuk mencoba dan bertindak, itulah mengapa dia selalu optimis dan yakin dalam melakukan segaga sesuatu, termasuk pada saat di awal awal mendirikan alibaba.com.

Dia tidak memikirkan apakah usaha tersebut akan gagal, yang dia fikirkan adalah bagaimana caranya untuk mengembangkan usahanya tersebut agar cepat di kenal dan di terima oleh masyarakat di seluruh dunia.

3. Membangung Branding

Nama alibaba di pilihnya oleh jack ma, karena nama tersebut mudah di ingat dan sudah dulu di kenal oleh masyarakat seluruh dunia lewat dongeng harta karun, inilah yang di manfaatkannya agar dia bisa lebih cepat dalam membangun branding alibaba.com.

Dan dia tidak perlua susah payah untuk memperkenalkan nama brandnya tersebut ke masyarakat, karena mereka sudah mengetahuinya.

4. Membangun Relasi Dan Kepercayaan

Relasi dalam bisnis adalah hal yang mutlak, apalagi buat kita para pengusaha baru, dengan memiliki relasi dan kepercayaan dari pihak lain yang sudah berhasil, maka tidak menutup kemungkinan kita akan mendapatkan kucuran modal dan bantuan untuk mengembangkan bisnis kita.

Demikianlah sedikit tentang jack ma alibaba yang menjadi orang terkaya di china setelah menjani berbagai kepahitan hidup, semoga bisa bermanfaat dan menjadi sumber isnpirasi untuk kita semua yang membacanya.


EmoticonEmoticon