Saat ini keberadaan media social di tengah tengah masyarakat sudah tidak bisa kita nafikan lagi, Karena selain sebagai sarana penghubung ke internet, jejaring social atau sosmed juga banyak di gunkan sebagai tempat silaturahmi serta tempat berbagi cerita kepada kerabat dan seluruh teman yang ada di media social tersebut.

Terbukti di indonesia sendiri pengguna media socialnya selalu berbanding lurus dengan pengguna internet, ini artinya hampir setiap pengguna internet pasti mempunyai akun media social dan minimal login ke social media mereka 1 bulan sekali.

Inilah yang kemudian banyak di manfaatkan oleh para pelaku bisnis di internet, baik itu blogger, affliate marketing dan yang lainnya, sebagai sarana untuk promosi bisnis dan juga untuk jualan online.

Nah untuk para pebisnis pemula banyak yang hanya mengenal media social yang itu itu saja sebagai sarana promosi mereka.

Padahal sebenarnya ada banyak sekali lho media social yang sangat efektif untuk jualan online dan promosi bisnis.

Penasaran kan?

Tenang aja saya sudah siapkan data dari 12 meida social yang bisa sobat gunakan untuk promosi tersebut, yuk langsung kita simak ulasannya.


1. Facebook

Kalau yang satu ini saya yakin sobat semua sudah pada tahu, karena memang social media yang di dirikan oleh Mark Zuckerberg ini sangat merakyat dan merupakan media social paling populer di dunia, karena penggunaanya yang mudah serta tampilannya yang di namis.

Untuk indonesia sendiri menempat uratan ke 4 pengguna terbesar di dunia selain negara asalnya USA, india dan brazil.

media social
Negara Pengguna Facebook Di Dunia

Maka tak heran kalau facebook masih merupakan media social yang paling umum di gunakan oleh para pebisnis online untuk mempromosikan bisnis mereka, tak terkecuali di indonesia.

2. Youtube

Media social berbasis vidio yang satu inipun saya sudah banyak yang tahu juga, karena selain untuk sarana berbagi dan berkreasi lewat vidio, banyak juga yang akhirnya menjadi artis dan terkenal karena vidio yang mereka buat menjadi vital di youtube.

Yang sebut saja seperti, briptu norma kamaru, sinta jojo, ayu tingting, cita citata dan yang lainnya.

Ini menunjukan bahwa youtube merupakan media social yang cukup efektif jika di gunakan sebagai sara promosi bisnis maupun jualan online, asalkan kita bisa menampilkan materi promosi yang kreatif dan bisa di terima oleh masyarakat indonesia.

Terbukti lho, dari data terbaru yang di rilis pada bulan januari kemaren, youtube menempati urautan pertama sebagai sosmed yang paling banyak di gunakan di indonesia.

Ini dia datanya.

jenis jenis media sosial


Tapi kalau misalnya promosi produk berupa barang emang bisa menggunakan youtube?

Kenapa Nggak, kita bisa membuat vidio berupa persentasi produk, atau membuat vidio tutorial yang masih ada kaitannya dengan produk yang kita jual, sehingga bisa dengan mudah kita mengarahkan para subscriber channel youtube kita untuk melakukan pembelian

3. Instagram

Bisa di bilang istagram merupakan media social pendatang baru yang sedang naik daun, bagaimana tidak, terbukti isntagram berada di urutan ke 3 sebagai sosmed yang banyak di gunakan di indonesia.

Karena memang media sosial yang satu ini sangat cocok sekali untuk sarana mempromosikan produk berupa barang, karena memang basic dari social media yang satu ini adalah untuk share foto foto dan vido singkat.

Maka, untuk sobat yang ingin promosi di internet, jangan lupa untuk membuat akun instagram dan memanfaatkannya untuk promosi ya.

4. Twitter

Meskipun sosmed yang satu ini hanya berupa cuitan cuitan pendek yang tak lebih dari 140 karakter, namun twiiter sangat efektif untuk promosi menggunakan link yang menuju ke blog ataupun website kita ataupun menuju ke akun sosmed kita yang lain.

Untuk itulah jangan sampai sobat lupakan twitter untuk mempromosikan bisnis sobat, karena masih sangat efektif, apalagi sekarang di twitterpun sudah bisa menguploa foto dan gambar, tentu ini sangat mendukung untuk mempromosikan produk yang kita miliki.

5. Google+

Meskipun tak sepopuler pendahulu pendahulunya seperti facebook dan youtube, google+ memiliki kelebihan yang tidak di miliki social media lain lho, yakni sangat berpengaruh di serp google.

Karena google akan menampilkan hasil pencarian yang kita post di google+ kepada mereka yang menjadi follower kita.

Masak sih mas? ia bener.

Berikut hasil yang di tampilkan google ketika saya mencarai artikel tentang Cara mengingkatkan cpc adsense.

contoh media sosial

Pada bagian bawah, google menampilkan postingan milik orang yang saya follow di google+.

Itulah mengapa google+ banyak sekali di gunakan oleh para blogger dan pebisnis online lain, karena memiliki keistimewaan tersebut.

6. Linkedin

Nah, kalau linkedin ini merupakan media social yang banyak di gunakan oleh kalangan expert lho sobat, karena memang tujuan awal jejaring social yang satu ini adalah untuk membantu para profesional dan para pencari kerja di seluruh dunia.

Namun, tentu gak ada salahnya juga kalau kita gunakan untuk jualan online dan promosi bisnis, karena sama tahu di sana kita bisa menemukan custumer kelas kakap.

7. Pinterest

Untuk media social pinterest ini lebih efektif kita gunakan untuk mempromosikan blog ataupun toko online kita, karena di sana umumnya merupakan kumpulan website atau blog dengan berbagai macam kategori.

Yang menarik dari pinterest ini adalah tersedia tombol PIN yang memudahkan kita untuk menyimpan foto ataupun artikel yang kita suka dengan menekan pin tersebut yang sudah kita instal sebelumnya.

8. Kaskus.co.id

Kalau yang ini merupakan media social asli buatan indonesia sob, yang didirikan oleh Andrew Darwis, merupakan forum online terbesar no 1 di indonesia jauh sebelum adanya marketplace yang lain.

Sehingga kaskus ini cukup memiliki pengunjung loyal yang snagat banyak setaip harinya, karena memang sudah cukup di kenal di kalangan masyarakat indonesia terutama dalam hal jual beli barang.

Jadi kaskus ini pas banget buat kita promosi jualan online dan promosi bisnis kita,, namun tetap mengikuti peraturan yang sudah di tetapkan yang sob.

9. Forum.detik.com

Nah forum milik salah satu media online ternama di indonesia ini juga jangan sampai sobat lewatkan untuk promosi di internet, karena juga sudah cukup terkenal dan memiliki pengguna aktif jutaan setiap harinya.

Jangan sangat potensial untuk kita jadikan sebagai sarana promosi, ya meskipun memiliki beberapa aturan, namun kita masih bisa tetap promosi dengan membuat tread yang bisa kita arahkan ke website kita.

10. Forum.kompas.com

Gak mau kalah dengan detik.com media online kompas.com juga memiliki forum online yang bisa kita manfaatkan untuk promosi sob, karena umumnya forum forum media online di indonesia ini cukup memiliki pengguna aktif yang relatif banyak yang sayang kalau tidak kita manfaatkan.

11. Viva.co.id

Yang menarik dari viva.co.id adalah mengijinkan kita untuk mengerim artikel blog yang akan di muat di viva.co.id.

Tentu ini adalah hal yang sangat bagus untuk sarana promosi kita, karena tentunya peluang untuk memperoleh pengunjung yang cukup banyak dari viva.co.id sangatlah terbuka.

Pengalaman saya pribadi ketika 1 artikel saya di terima dan di terbitkan di viva, saya bisa mendapatkan hingga 1000 pengunjung lebih dalam 1 hari dari artikel yang di muat di viva tersebut.

12. Kompasiana.com

Adalah fasilitas blog dari kompas.com yang memungkinkan kita untuk menulis artikel dan mempuplikasikannya.

Tentu ini sangat bagus karena kompasiana.com sudah memiliki kredibilitas yang baik di mata search engine di bandingkan dengan kita harus membuat blog baru, sehingga bisa kita gunakan untuk mempromosikan blog ataupun toko online kita melalui link yang kita sisipkan di dalam artikel.


EmoticonEmoticon