Jika sampai saat ini anda masih meremehkan pekerjaan freelance, dan menganggap pekerjaan freelance sebagai pekerjaan yang kurang potensial.

Maka segeralah buang jauh jauh pikiran tersebut.

Karena di era pertumbuhan teknologi impormasi dan perkembangan internet saat ini, gaji seorang freelance dengan skill yang komersial bisa saja mengalahkan gaji seorang manajer bahkan direktur di suatu perusahaan.

Bagaimana tidak demikian?

Seorang freelancer, baik online maun offline,dalam satu kali pengerjaan projectnya bisa di bayar hingga jutaan rupiah lho, bayangkan bila dia mampu menyelesaikan puluhan proyek dalam satu bulan? maka tentu pundi pundi penghasilan mereka sangat besar.

Meski memang tidak semua pekerjaan freelance memiliki bayaran yang cukup besar, namun setidaknya ini membuktikan bawa kerja freelance, bukanlah pekerjaan yang bisa kita anggap enteng.

Terutama buat anda yang memang memiliki skill di bidang tertentu yang saat ini bayak di butuhkan.

Nah untuk itu saat ini saya akan membagikan 13 contoh pekerjaan freelance terbaik untuk mencari tambahan penghasilan atau bahkan sebagai pekerjaan utama anda.


1. Website Developer

Coba sobat perhatikan tabel penghasilan website devleloper di beberapa negara di bawah ini
pekerjaan freelance
Sumber : https://visual.ly/community/infographic/business/salaries-web-developers-india-philippines-usa-and-around-world
Sangat menggiurkan bukan?

Inilah mengapa web developer saya tempatkan di posisi pertama pekerjaan lepas terbaik yang bisa anda geluti, karena potensi penghasilan yang cukup menggiurkan.

Ya, meskipun mungkin di indonesia penghasilannya tidak sebesar negara negara eropa seperti USA dan Australia.

Namun tetap saja ini adalah profesi freelance dan peluang pekerjaan yang sangat menjanjikan, karena zaman sekarang kita juga bisa dengan mudah mencari pekerjaan freelance di pasar pasar eropa melalaui situs situs pekerjaan freelance seperti di www.freelancer.com.

Hanya saja untuk menjadi seorang website developer tentu kita harus  mengusai seluk beluk tentang pembuatan website dari hal, konsep, web desgin,serta pembuatan fitur fitur website yang sesuai dengan permintaa client kita.

Maka jika anda tertarik untuk menjadi seorang web developer, maka mau tidak mau, anda harus belajar lebih dulu, hal hal tersebut baik dengan cara kursus ataupun belajar secara otodidak.

Dan untuk anda yang ingin kursus, rekomendasi dari saya adalah di babastudio.com.

2. Android Developer

Selain web developer, android developer juga merupakan kerja freelance yang tak kalah menjanjikan, karena seiring perkembangan smart phone yang semakin pesat, sumber traffic dari android semakin di perhitungkan oleh para pelaku bisnis online.

Maka tak heran kalau saat ini di situs situs freelance, android developer menjadi salah satu pekerjaan yang paling banyak dibutuhkan dengan bayaran yang cukup besar.

Namun ya sekal lagi, kita tentu harus punya sklik di bidang mobile aplication jika kita ingin menjadi seorang android developer yang handal.

Android developer bisa juga berpeluang kerja mandiri dengan membuat aplikasi game dan semacamnya kemudian menguploadnya ke google playstore kemudian bisa memonetisasinya dengan menggunakan google admob.

3. Web Design

Apa perbedaanya dengna web developer?

Dalam hal ini seorang web design hanya bertugas untuk mendesain tampilan website agar lebih menarik dan elegant sesuai dengan keinggian client.

Berbeda dengan web developer yang mencakup secara keseluruhan di mulai dari konsep, web design, target pasar dll.

Namun, secara keseluruhan profesi web desing juga gak kalah menarik dan menguntungkan juga koq dengan web developer.

Karena pada dasarnya juga banyak perusahaan yang sudah memiliki website yang mereka ingin lebih mempercantik tampilan dan desain website mereka, jadi dari segi penghasilan juga gak jauh berbeda.

Berikut data penghasilan dari seorang web design profesional.
kerja freelance



4. Content Writer

Nah bagi yang hobi menulis.

Maka pekerjaan freelance yang terbaik buat anda adalah menjadi seorang content writer, baik dengan cara menjadi penulis tamu atau penulis lepas di website yang menerima penulis tamu berbayar, ataupun dengan cara mencari jobs di situs situs freelance.

Kedepannya, jika skill kita sudah terasah, dan sudah memiliki reputasi yang baik, maka kita juga bisa membuaka jasa content writer sendiri, baik perorang ataupun secara team.

Untuk penghasilan seorang conten writer juga bisa dibilang cukup besar koq, tergantung dari kualitas conten yang kita buat.

Bahkan untuk website luar negeri ada yang berani membayar $100 untuk 1 artikel yang di terbikan di website mereka jika kualiatas artikel yang kita buat memenuhi standar kualitas dari mereka.

Menarik bukan?

5. Copy Writer

Lebih kompleks lagi dari seorang content writer.

Selain membuat konten berupa artikel, copy writer juga bertugas untuk membuat konsep pemasaran berupa vidio, grafik serta hal lain yang bisa meningkatkan emosi dan "menghipnotis"  para pembaca agar tertarik dan secara tidak langsung akan mengingkatkan penjualan.

Dalam membuat sebuat konten berupa artikelpun, copy writer harus bisa melibatkan aspek aspek psikologi manusia serta faktor lead magnet yang bisa membuat para pembacanya kagum dan yakin akan apa yang mereka tulis.

Yang tentu secara tidak langsung, para pembaca tersebut akan lebih mudah untuk diarahkan untuk membeli produk dan barang yang custumer kita jual.

Agak sulit memang, namun inilah yang menyebabkan profesi copy writer mendapatkan bayaran yang cukup tinggi meski hanya seorang freelancer.

Karena skil yang di perlukan juga cukup sulit di kuasai dan di perlukan pengalaman yang cukup.

Untuk reperensi mengenai copy writer ini silahkan sobat baca panduan copy writer di blog panduan im

6. Designer Produk

Tak hanya website saja, sejatinya setiap produk  itu, sebelum di produksi pasti memerlukan konsep desain yang baik dan unik dan memiliki fungsi yang bermanfaat untuk para custumer nantinya.

Misalnya sebuah desain tutup botol minuman yang di desain garis garis dengan maksud memudahkan pada saat di buka, ataupun model desain botolnya yang di buat sedikit pipih agar mudah di pegang.

Pada dasarnya semua produk itu memerlukan seorang design handal sebelum mereka di produksi.

Disinilah ada peluang kita sebagai freelance designer produk.


7. Pelatih Kebugaran

Buat anda yang hobi menjaga kesehatan dengan olah raga dan memiliki keahlian di bidang kebugaran baik dengan cara yoga ataupun yang lainnya.

Maka menjadi pekerja part time segabai pelatih kebugran juga merupakan pekerjaan freelance yang cukup baik.

Karena kesempatan pasar yang cukup tinggi terutama di kalangan menengah ke atas, dengan bayaran yang cukup menggiurkan tentunya.

Apalagi jika anda bisa menembus kalangan selebirtis dan expert di tanah air, maka tentu akan lebih menguntungkan lagi.

8. Bisnis Analis

Tugas pokok seorang bisnis analis adalah mengunpulkan persyaratan dan detail data dari client, melakukan analisa, dan memberikan hasil analisa kepada cilent serta emgnorganisasikannya dengan tim.

Seorang analis bisnis setidaknya harus memiliki 4 keahlian yakni analisis, teknis, manajerial, dan interpersonal ( komunikasi yang baik ).

Dimana kemampuan analisis memungkinkan dia untuk memahami perilaku organisasi berserta fungsinya serta mengidentifikasi dan mecari solusi permasalahan yang terbaik.

Keahlian teknis , memungkinkan seorang bisnis analis untuk mampu bekerja dengan berbagai macam jenis bahasa pemprograman, sistem operasi, perangkat keras yang di gunakan, serta memahami potensi dan keterbatasn dari teknologi informasi yang ada.

keahlian manejerial berguna untuk bisnis analis untuk mengelola suatu proyek, sdm, resiko dan perubahan.

Dan keahlian interpersonal, sangat memantu bisnis analisis untuk mengkomunikasian dan mengkoordinasian semua dengan pihak pihak terkait.

Itulah mengapa gaji untuk bisnis analis ini cukup besar, karena memang memerlukan skill yang cuku besar.

Kisaran gaji bisnis analis : 6 juta s/d 11 juta perbulan ( indonesia ) dan $4500  untuk luar negeri.

9. Grafik Design

Secara umum profesi gragik design ini adalah mereka yang bekerja dan menciptakan design untuk material pemasaran dan strategi marketing seperti logo, brosur poster dan lainnya sesuai dengna permintaan client.

Nah buat anda yang memiliki kemampuan di bidang ini . maka gak ada salahnya untuk menjadi pekerja freelance di bidang grafik design ini.


10. Blogger

Pekerjaan yang satu ini mungkin belum pernah terbayangkan sebelumnya, karena sejatinya, dulu blog hanyalah digunakan sebagai alat berbagi informasi kepada masyarakt melalui internet.

Namaun seiring perkembangan teknologi yang semakin pesar saat ini profesi blogger kian dilirik, karena ada banyak peluang untuk bisa menghasilkan uang dari blog yang kita kelola dengan baik dan sudah memiliki pengunjung loyal yang cukup banyak setiap harinya.

Kita bisa mendapatkan penghasilan dengan cara mengikuti program periklanan seperti google adsense, atau menerima pemasangan iklan banner dari custemer, menerima content review dan masih banyak lagi yang lainnya.

11.Fotografer

Ada banyak sekali kebutuhan akan foto di dalam berbagai macam acara seperti pernikahan, wisuda, acara ulang tahun maupun event event lainnya yang tentu tidak pengen mereka lewatkan moment moment tersebut begitu saja.

Nah di sinilah peluang pekerjaan freelance buat kita yang memiliki skill memoto maupun mengeditnya dengan membuka jasa fotografer pribadi.

12. Pemandu Wisata

Nah buat anda yang tinggal di daerah tempat wisata, maka pekerjaan freelance yang cocok buat anda adalah menjadi pemandu wisata, terutama buat anda yang memang hobi traveling dan mengenal seluk beluk tempat wisata andalah di daerah anda.

Namaun tentunya travel agent biasanya memerlukan pemandu wisata yang bisa berkomunikasi dengan baik dan juga bisa bahasa asing ( untuk turis manca negara )

Jadi jika anda berkeinginan menjadi pemandu wisata ini, maka pastikan kita sudah menyiapkan kemampuan bahasa yang baik.

13. Entry Data

Dalam hal entry data ini kemampuan yang di butuhkan adalah pemahaman penggunaan sofware untuk input data seperti microsoft exel ataupun microsoft office.

Namun tidak menutup kemungkinan lebih dari itu, misalnya menginput data dari exel ke web atau sebaliknya.

Kesimpulan : Ada banyak sekali pekerjaan freelance yang bisa kita kerjakan untuk mencari tambahan penghasilan ataupun sebagai pekerjaan utama asalkan kita memiliki kemampuan dan skill yang banyak di butuhkan di pasaran.

Untuk itu gali terus kemampuan yang ada di diri kita dan tekuni, sampai kita menjadi ahli, agar kita bisa menjadi sorang profesional di bidang tersebut, sehingga banyak peluang pekerjaan yang menghampiri kita sendiri.

Sekian dulu dari saya, meskipun sebenarnya masih banyak jenis pekerjaan freelance yang lain , tidak mungkin bisa saya tuliskan disini semuanya.

Mungkin di lain kesempatan, terima kasih.


EmoticonEmoticon