Sukses berbisnis adalah impian semua orang yang ada di muka bumi ini, karena itu artinya kita bisa mendapatkan apa yang kita inginkan, dan kitapun bisa menjadi bos terhadap diri sendiri.

Sukses berbisnispun berarti kita bisa meraih kesempatan hidup yang lebih baik, karena kita sudah lepas dari belenggu dan kita bisa menciptakan lapangan kerja sendiri tanpa terikat dengan orang lain.

Namun sayang seribu sayang, masih banyak yang beranggapan bahwa sukses berbisnis itu tidak mungkin di raih selagi masih muda, karena diperlukan pengalaman dan kemampuan mengelola dan mengembangkan bisnis yang mempuni.

Mungkin itu benar adanya jika kita masih menengok ke era belakang, sebelum era digital marketing.

Namun saat ini, memiliki bisnis yang sukses bisa di raih oleh siapa saja bahkan oleh anak anak muda sekalipun, karena sudah banyak bukti nyata bahwa anak anak muda indonesia bisa meraih kesukesan bahkan sebelum usia 20 tahun.

Sebut saja seperti Yasa Singgih, pemilik mens republik, atau laksita pradnya paramitha dengan Voria socknya

Jadi bagi anda yang merasa anak anak muda, gak usah minder dan takut untuk memulai bisnis dari sekarang, karena lebih cepat untuk segera berbisnis maka lebih cepat juga peluang anda untuk meraih kesuksesan.

Nah pada kesempatan kali ini saya ingin berbagai Rahasia sukes berbisnis para pengusaha muda indonesia, yang semoga bisa jadi inspirasi buat kita semua.
berbisnis


1. Berani Mencoba Dan Tidak Takut Gagal

Ini adalah hal utama yang para pengusaha muda miliki dalam dirinya sehingga mereka bisa sukses dalam berbisnis, apapun bisnis yang mereka jalani.

Mereka tidak pernah takut untuk mencoba dan tidak takut pula akan kegagalan dalam melakukan bisnis yang mereka sedang jalani.

Karena bagi mereka, kegagalan ada keberhasilan yang tertunda, dan kegagalan ada jembatan yang bisa menghantarkan mereka ke puncak kesuksesan mereka suatu saat ini.

Tanpa mencoba, bagaimana kita akan tahu hasilnya? itulah yang selalu mereka tanamkan pada diri mereka.

So....

Buat kalian para anak anak muda yang ingin mulai berbisnis, gak usah takut mencoba dan takut gagal, namun coba aja lebih dahulu, masalah hasil mah belakangan, yang jelas dengan mecoba dari situlah kita bisa mulai belajar setahap demi setahap dan itulah gerbang yang akan menuntun kita pada puncak kesuksesan.

Karena deretan miliarder duniapun melakukan hal yang sama, sebelum meraka sukses, bahkan ada yang pulahan kali mencoba baru merasakan keberhasilan.

2. Percaya Terhadap Diri Sendiri

Ini juga salah satu rahasia sukes dari para pebisnis muda, mereka selalu pecaya terhadap diri mereka bahwa mereka mampun menjalankan bisnis dan mereka mampu menjadi orang yang sukses kelak.

Tidak pernah terbesit sedikitpun rasa minder di benaknya, yang ada hanya rasa yakin, jika mereka berusaha mereka pasti akan mampu menggapai semuanya.

Karena kalau kita saja tidak percaya terhadap diri kita? lalu bagaimana orang lain bisa percaya? itu adalah hal yang mustahil.

Jadi, bagi kalian para generasi muda yang ingin punya bisnis sendiri, pupuklah rasa pecaya pada diri kalian, dan yakinkan diri kalian bahwa kalian bisa dan kalian adalah yang terbaik diantara yang terbaik.

3. Berbisnis Sesuai Passion

Dari beberapa kisah pengusaha sukes yang saya baca, kebanyak dari mereka yang berhasil adalah mereka yang berbisnis sesuai dengan passion atau minat mereka.

Kenapa?

Karena menekuni bisnis yang sesuai dengan passion membuat kita menjalaninya dengan penuh semangat seberat apapun tantangannya kedepan, berbisnis sesuai minatpun membuat kita tidak pernah bosan untuk terus belajar dan belajar karena kita memang benar benar mengingankan hal tersebut.

Untuk itu buat kalian yang ingin memulai usaha, lebih baik caraliah bisnis yang kira kira sesuai dengan minat anda, bidang yang dimana anda tidak pernah bosan dalam melakukannya.

Jika anda hobi musik, maka gak ada salahnya untuk berbisnis alat alat musik, jika anda hobi traveling, anda bisa mencoba bisnis travel ataupun menjadi pemandu wisata atau travel blogger.

Jika anda hobi online, maka anda bisa mencoba bisnis online, jualan online ataupun menjadi blogger.

Pilihlah yang sesuai dengan gaya dan passion mu.

4. Pantang Menyerah Dan Tidak Mudah Putus Asa

Ini adalah juga hal yang harus kalian anak muda milik jika ingin sukses berbisnis, karena hampir semua pengusaha yang sukes berbisnis adalah mereka mereka yang tidak pantang menyerah dan putus asa dalam menggapai apa yang mereka impikan tersebut.

Terbukti, dari rentan waktu mereka memulai usaha hingga meraih kesukesan bisa di bilang tidak sebentar, karena rata-rata hampir memelukan waktu 3 s/d 5 tahun sebelum akhirnya mereka bisa sukses.

Hampir tidak di temukan mereka yang bisa meraih kesuksesan dengan sangat mudah dan dalam waktu yang singkat, kecuali memang mereka yang berasal dari keluarga konglomerat ataupun yang memang berasal dari keluarga pebisnis.

Untuk kita yang memulai usaha dari nol besar, maka tentu di perlukan proses yang lebih sebelum akhirnya bisa merasakan manisnya kesukesan.

Di perlukan bermacam macam kegagalan sebelum akhirnya bisa merasakan kesuksesan kesuksesan.

5. Memperlakukan Konsumen Sebagai Raja

Pepatah konsumen adalah raja bukanlah omong kosong belaka, melainkan adalah hal mutlak yang harus menjadi prioritas para pengusaha.

Karena konsumen merupakan aset berharga dari setiap bisnis, tanpa konsumen maka tidak akan pernah ada keberhasilan.

Untuk itu cari tahu apa yang paling di inginkan oleh konsumen dan berikan pelayanan dan kualitas terbaik untuk mereka, sehingga menimbulkan kesan yang tidak terlupakan, apapun bisnis yang akan anda coba kelak.


6. Manajemen Keuangan Yang Baik

Coba anda perhatikan, kenapa kebanyak orang dari etnis tionghua itu lekat dengan image orang orang sukes?

kunci sukses mereka adalah karena mereka pintar dalam memanajemen keuangan dengan baik, mereka pintar dalam mengelola laba dan membedakan antara kebutuhan dan keperluan.

Mereka tidak pernah memaksakan membeli sesuatu hanya untuk sekedar gengsi dan gaya, jika itu tidak sesuai dengan kebutuhan mereka, dan merekapun hanya menggunakan tak lebih dari seprtiga income mereka, selebihnya mereka gunakan untuk pengembangan bisnis yang mereka miliki.

Inilah yang juga harus bisa kita anak muda pelajari, karena tanpa manejemen keuangan yang baik, mustahil kita bisa sukes dalam berbisnis.

Karena berapapun penghasilan yang akan kita dapatkan kelak, maka pasti akan habis jua, semakin besar pemasukan semakin besar pula pengeluaran.

Inilah yang banyak menyebabkan kegagalan kegagalan yang tiada berakhir.


EmoticonEmoticon