Sahabat, seperti kita ketahui, saat ini pertumbuhan bisnis asuransi di indonesia kian membaik, seiring dengan meningkatnya kesadaran masyarakat akan pentingnya asuransi untuk antisipasi saat terjadinya beberapa musibah yang bisa saja terjadi kapanpun dan dimanapun.

Seperti masalah kesehatan, kematian, kerusakan ataupun kehilangan aset.

Namun masalahnya, saat ini kita juga sering mendengar bahwa ada beberapa perusahaan asuransi yang sering bermasalah pada saat pengajuan claim oleh nasabahnya.

Bahkan yang terbaru ada salah satu petinggi asuransi di indonesia yang di tetapkan menjadi tersangka, karena mendapatkan laporan dari nasabah yang kecewa karena claim asuransinya berakhir gagal.

Nah agar hal tersebut tiak terjadi pada kita. buat sahabat yang mungkin saat ini ada keinginan untuk bergabung dengan salah satu perusahaan asurani di indonesia, saya ada sedikit tips dalam memilih perusahaan asuransi yang baik dan tepat untuk anda.

Apa lagi saat ini agen agen asuransi kian menjamur dengan gencarnya untuk menawarkan berbagai macam kelebihan yang terkadang sangat menggiurkan.

Eit,... Hati - hati.

Jangan sampai mudah terpengaruh dulu ya, tapi perhatikan beberap aspek di bawah ini :
TIps Memilih Perusahaan Asuransi


1. Punya Reputasi Dan Trek Record Yang Baik

Ini adalah yang paling penting yang harus kita perhatikan sebelum memilih perusahaan asuransi buat kita dan keluarga.

Pastikan perusahaan asuransi yang akan kita ikuti memiliki reputasi yang dan trek record yang baik, baik dalam hal pengelolaan polis anggotanya, ataupun dalam hal pencairan claim dari anggota asuransinya.

Sobat bisa mencari tahu hal tersebut dengan bertanya kepada teman atau keluarga yang mungkin sudah pernah bergabung dengan perusahaan asuransi tersebut, ataupun dengan cara melihat trek recordnya melalui rekam digital dan website yang mereka miliki.

Karena biasanya untuk perusahaan asuransi yang bermasalah pasti akan ada beberapa berita mengenai hal tersebut.

2. Sudah Cukup Berumur

Meskipun bukan tolak ukur yang pasti, umur dari suatu perusahan asurani juga patut untuk kita pertimbangkan, karena walau bagaimanapun, perusahaan yang sudah cukup berumur tentu sudah cukup berpengalaman dalam mengelola keungan polis anggota serta dalam melakukan pencairan claim asuransi .

Untuk itu alangkah lebih baiknya kalau kita lebih memilih perusahaan asuransi yang cukup berumur, namun tetap dengan memperhatikan trek recordnya.

3. Manajemen Yang Mengelolanya

Perhatikan juga manjemen yang mengelola perusahaan asuransi tersebut, apakah di kelola oleh manajemen perusahaan yang sudah berpengalaman atau tidak.

Karena walau bagaimanapun jika di kelola oleh manajemen yang sudah berpengalaman di bidang bisnis dan lainnya tentu lebih memberikan rasa aman kepada para nasabah dan menjaga kesehatan keungan perusahaan asuransi tersebut.

4. Sesuai Dengan Kebutuhan

Nah jangan lupa juga untuk mengikuti perusahaan asuransi yang memberikan program program yang sesuai dengan kebutuhan kita.

Jangan sampai kita mengikuti asuransi tersebut hanya karena tergiur dengan promo ataupun iming iming lain yang sebenarnya tidak begitu kita butuhkan.

Kalau perlu sebelum bergabung kita diskusikan lebih dahulu dengan keluarga dan pihak pihak lain yang mungkin lebih memahami lebih dalam tentang program program asuransi.

5. Perlakuan Yang Baik Terhadap Nasabah / Konsumen

Amati juga bagaiman perlakukan perusahan asuransi tersebut terhadap nasabah atau konsumen mereka.

Seperti berapa lama proses penerbitan polis, pencairan claim, pelayanan yang di berikan kepada nasabah dan serta kualitas rekanan yang di tunjuk seperti : rumah sakit, bengkel rekanan ( untuk asuransi mobil ) dan lainnya.

6. Memberikan Nilai Lebih

Perusahaan asuransi yang layak untuk kita pilih adalah yang memberikan nilai lebih untuk nasabahnya, yang tidak hanya selalu berurusan dengan polis saja, melainkan bagaimana cara mereka berkomunikasi dengan nasabah.

Ataupun memberikan nilai lebih berupa invesatasi jangka panjang dan keuangan.

7. Perhatikan Rasio Risk Based Capital (RBC) Dari Perusahaan Asuransi

Ini sangat penting untuk kita perhatikan agar kita bisa mengetahui bagaimana sebenarnya kekuatan keungan dari perusahaan asuransi yang kita ikuti serta bagaiman kondisi aset serta neraca keuangan mereka.

Biasanya besaran RBC yang baik dari suatu perusahaan asuransi adalah minimal 120 % yang bisa kita lihat dari laporan neraca keungan mereka yang di publikasikan di media.

8. Sudah Terdaftar Di OJK Dan Instansi Terkait

Hal ini juga sangat penting untuk kita perhatikan, karena perusahan asuransi yang baik adalah yang taat hukum dan juga sudah terdaftar di otoritas jasa keuangan (ojk ) serta instansi terkait lainnya.

Karena jika tidak, bisa dipastikan perusahaan asuransi tersebut ilegal adanya.

Demikianlah sedikit tips memilih perusahaan asuransi dari saya, semoga bisa bermanfaat buat sahabat semua.


EmoticonEmoticon