Jika dibandingkan dengan facebook instagram memang hanyalah seorang pendatang baru di dalam media social. tapi jangan salah popularitas dari instagram saat ini bisa di bilang sedang naik daun, karena menurut data terbaru yang dilangsir oleh antaranews pengguna instagram pada kuartal pertama 2017 sudah mencapai 45 juta penggun aktif seitap bulan, yang artinya melojak 2 kali lipat lebih dari awal tahun lalu, yang hanya sekitar 22 juta pengguna aktif.

Ini membukitkan bahwa instagram menjadi media sosial dengan pertumbuhan pengguna paling produktif dan semakin disukai oleh masyarakat.

Maka tak heran jika saat ini banyak juga para pebisnis online yang memanfaatkan instagram untuk bisa mendapatkan uang dari internet, karena memang potensi pasar yang bagus dan di dukung dengan konten yang baik karena berupa foto dan vidio pendek.

Lalu bagaimana cara mendapatkan uang dari instagram tersebut? inilah yang akan kita bahas pada kesempatan kali ini, semoga bisa memberikan sedikit gambaran yang baik bagi kita yang ingin belajar mendapatkan uang dari instagram.

Penasaran? yuk langsung kita simak ulasannya di bawah ini :
cara menghasilkan uang dari instagram


1. Menjadi Buzzer Di Instagram

Nah ini cara pertama yang bisa kita lakukan untuk bisa menghasilkan uang dari intagram. adalah dengan menjadi buzzer di instagram. Apa itu buzzer di instagram? yakni kita mempromosikan istagram orang lain yang memiliki sedikit followers agar bisa terjadi peningkatan follower ataupun terjadinya penjualan pada akun istragram mereka.

Jadi dalam hal ini, jika kita ingin mengjadi seorang Buzzer di instagram maka syarat utamanya adalah kita harus memiliki followers instagram yang cukup banyak minimal 100 ribu hingga 500 ribua followers.

Dan tidak hanya itu saja, untuk menjadi buzzer yang diminati oleh para advertiser setiap postingan kita di intagram juga harus memiliki tingkat engagement ( tingkat interaksi follower instagram kita ) yang tinggi.

Jadi meskipun kita punya follower instagram hingga 100 ribu namun tingkat interaksinya hanya 5 orang  yang like dan posting, maka akan sangat sulit juga untuk menarik minat para advertiser.

So !! jika sahabat ingin menjadi seorang buzzer di intagram pastikan sobat membangun follower secara natural agar bisa memiliki interaksi yang tinggi dari para follower kita.

Tapi kan lama? enakkan juga beli followers?

Ya itu sih kembali ke diri kita masing masing ya ! namun yang jelas follower hasil beli menurut saya pribadi tidak akan memberikan hasil yang bagus, karena terkadang banyak para penjual jasa follower instagram yang menggunakan sofware dan tidak alami.

2. Berjualan Produk Di Instagram

Seperti halnya social media lain, cara mendapatkan uang dari instagram yang paling mudah adalah dengan berjualan produk di instagram, baik itu berjualan produk sendiri atapun menggunakan sistem reseller maupun dropshipper.

Apalagi konten di instagram yang hanya berupa foto dan vidio pendek tentu akan lebih mendukung produk produk yang kita jual bisa dilihat dan mendapatkan perhatian lebih dari para followers kita.

Apalagi jika kita berjualan produknya di akun instagram yang sesuai dengan produk yang kita jual ( Bukan di akun instgram pribadi ) maka tentu akan lebih maksimal hasilnya.


3. Menjadi Seorang Endorser

Apa itu endorse? bagi yang sudah sering menggunakan akun instagram tentu sudah tidak asing lagi dengan ini. endorse adalah mempromosikan produk orang lain di akun instagram kita dengan imbalan sejumlah produk gratis dan sejumlah bayaran, enakkan?

Ya, tapi tentunya dengan syarat akun instagram kita sudah cukup terkenal dan memiliki banyak followers atau bisa dibilang kita menjadi seorang selebgram.

Karena memang saat ini umumnya yang menjadi endorser dengan bayaran tinggi adalah para artis artis terkenal seperti ayu ting ting dan syahrini, yang konon katanya untuk sekali endorse saja mereka di bayar hingga ratusan juta rupiah. wow.

Nah tentu peluang tersebut tidak menutup kemungkinan untuk kita dapatkan, asalkan akun instagram kita cukup banyak followernya, walaupun bayaran mungkin tidak akan sebesar yang para seleb dapatkan.

4. Menjual Foto Dan Jasa Fotografi

Punya hobi Fotografi ? suka jeprat jepret sana sini? maka instagram adalah wadah yang tepat untuk kalian bisa menjual foto.

Kenapa?

Karena seperti kita ketahui istagram merupakan sosial media yang menggunakan basic foto dan vidio pendek, jadi sangat cocok untuk bisa menampilkan foto foto yang keren dan original.

Nah dalam hal ini tentu banyak para pebisnis yang melirik instagram untuk mencari foto foto yang berkualitas untuk kebutuhan bisnis mereka, kalau sobat pernah mendengar tentang situs penyedia photo online seperti Shutterstock, Dreamstime seperti itulah kurang lebih fungsi yang akan kita jalani jika ingin menjual foto  dan jasa fotografi di instagram.

Caranya?

Yakni dengan mengupload foto hasil jepretan sobat keinstagram namun dengan memberinya watermark lebih dahulu, dan menyimpan file asli dari foto tersebut, nah jika nanti ada yang teratrik barulah sobat beri mereka foto yang asli tanpa watermark.

Watermark maksudnya? biar lebih jelas berikut saya ambilkan contoh foto di Shuttestock.


cara dapat uang dari instagram

Sobat perhatikan contoh foto diatas, pada bagian tengahnya masih mengandung tulisan shutterstock, seperti itulah contoh dari watermark, tujuannya adalah untuk menghindari pencurian foto secara gratis, nanti jika ada yang tertarik membelinya barulah kita memberikan file foto yang tanpapa watermark.

Nah dalam hal ini juga, jika foto sobat banyak yang meminatinya tentu tidak menutup kemungkinan banyak juga yang akan banyak yang tertarik untuk menyewa jasa foto sobat untuk acara-acara mereka, dari sinilah peluang untuk mendapatkan uang akan timbul.
Baca juga : Cara mendapatkan uang dari google yang sudah terbukti dan terpercaya

5. Cari Sponsor

Nah jika sobat memiliki akun instgram yang cukup banyak followernya, dari pada berdiam diri. lebih baik kita mencari sponsor alias pebisnis yang ingin mempromosikan produk mereka, mirip seperti endorse, hanya saja dalam hal ini kita menargetkan para pebisnis pebisnis menengah kebawah yang tentunya tidak terjangkau oleh mereka untuk melakauan endorse di akun akaun instagram para artis.

Caranya?

Sobat bisa intip akun kaun instagram yang sering mempostik produk produk dari sponsor mereka, nah dari sana kita bisa mendapatkan kontak langsung dari para advertiser mereka, tentu dari situ kita bisa melakukan penawaran dan negosiasi langsung, lakukan terus penawaran suatu saat pasti ada yang nyantol juga.

Kesimpulan :

Dari uraian diatas maka dapat kita simpulkan bahwa kunci sukses untuk bisa mendapatkan uang dari instagram adalah memiliki akun instagram dengan follower yang cukup banyak dan memiliki tingkat interaksi yang tinggi.

Jadi dalah hal ini jika kita ingin menghasilkan uang dari instagram maka mau tidak mau kita harus bisa memperbanyak follower lebih daulu .

Berikut tips dari saya :

a. Lakukan Posting Terjadwal 

Misalnya 2 jam sekali, dimaksudkan agar kita bisa menciptakan interaksi yang baik dengan para follower kita dan juga menandakan bahwa akun instagram kita adalah akun aktif yang di kelola oleh para profesional.

Tentu untuk bisa melakukan ini kita harus sudah menyiapkan bahan postingan ataupun stock photo yang banyak, agar kita tidak kehabisan bahan.

b. Lakukan Follow Untuk Mendapatkan Follow Back

Selanjtunya, setiap selesai posting foto maka lakukan follow di akun akun terkait yang kemungkinan besar akan melakukan followbac terhadap kita.

Caranya? cari akun instagram yang satu tema dengan kita dan memiliki follower yang cukup banyak, intip para followers mereka, kemudian lakukan follow, maka kemungkinan besar kita akan mendapatkan followeback.

c. Hubungkan dengan akun sosial media lain

Nah tentu kita semua memiliki akun sosmed lain selain instagramkan? nah manfaatkan akun sosmed tersebut untuk menambah follower kita di instagram, caranya bisa dengan menghubungkannya secara langsung, atau membagikan link postingan sehabis kita posting foto di instgaram.

d. Konsisten

Dalam hal apapun kalau kita tidak konsisten maka kita tidak akan pernah mendapatkan hasil yang maksimal, begitu juga jika kita ingin mendapatkan follower yang banyak di instagram, maka kita harus konsisten melakukan posting yang menarik dan lakukan seperti cara yang di atas sampai target kita tercapai.

Demikianlah sedikit tentang cara mendapatkan uang dari instagram, semoga bisa memberikan sedikit manfaat bagi sahabat yang memerlukannya dan bisa menjadi salah satu pekerjaan freelance yang menjanjikan.


EmoticonEmoticon