Sahabat blogger, tak dapat kita pungkiri aktfitas menulis yang kita lakukan setiap hari, sejenak terkadang membuat kita jenuh dan letih, sehingga seakan akan tak tahu lagi hendak menulis apa !

Itu wajar koq, karena blogger juga manusia biasanya yang takkan pernah lepas dari sifat bosan dan jenuh sebagai sifat dasar manusia.

Namun masalahnya jika hal tersebut kita biarkan belarut-larut, tentu akan berdampak tidak baik terhadap pekembangan blog kita, karena walau bagaimanpun menghadirkan konten yang unik secara konsisten merupakan salah satu syarat agar blog kita cepat berkembang.

Karena dari konten-konten yang kita buat itulah kita bisa mendapatkan banyak pengunjung, yang merupakan nyawa dari suatu blog.

Hal tersebut juga saya rasakan ketika di awal awal ngeblog dulu, namun alahmdulillah setelah sekian lama berusaha menulis secara konsisten, akhirnya saya mendapatkan formula ampuh untuk mendapatkan ide postingan blog, bahkan di saat kita sedang buntu, sebuntu buntunya.

Penasaran, bagaimana caranya? berikut formula ampuh yang saya lakukan tersebut.


1. Mendapatkan Ide Postingan Dari Social Media

Meskipun ada beberapa blogger yang menyaranan untuk tidak login ke akun social media kita pada saat membuat artikel di blog, menurut saya itu tidak sepenunya benar koq.

Karena kalau kita jeli, justru terkadang ada banyak ide postingan yang bertebaran di sana yang bisa kita kembangkan menjadi suatu artikel yang unik dan fresh.

Masa sih mas?

Ia bener, inilah yang juga saya sering lakukan, salah satu contohnya seperti artikel saya tentang tips sukses google adsense dari mas Trigus Dodik Susilo.

Postingan tersebut merupakan, artikel yang saya buat setelah membaca status salah satu anggota gorup blogger di facebook.

Dari status tersebut bisa kita kembangakan menjadi sebuah artikel, tentu dengan pengembangan kosa kata yang tepat.

Misalnya, sebagai pembuka bisa kita ceritakan lebih dulu, tentang bagaimana kita mendapatkan ide postingan ini, latar belakang sosok yang kita ceritakan tersebut, tips yang dia berikan, dan sedikit penjelasan lebih tentang status yang kita baca tersebut.

Mungkin memang sulit di awalnya, namun kalau kita terbiasa, saya yakin kita bisa dengan mudah membuatnya.

Bahkan dari beberapa kalimat saja, bisa kita kembangkan menjadi sebuah artikel, seperti artikel saya yang lain yang berjudul kunci sukses itu buag kata tapi dan nanti.

Ide postingan tersebut muncul setelah saya melihat salah satu gambar di sosmed yang bertuliskan demikian, dan alhamdulillah, dengan  sedikit kreatifitas bisa menjadi sebuah artikel yang cukup bagus, bahkan langsung mendapatkan komentar dari salah satu pengunjung blog.


2. Mendapatkan Ide Postingan Dengan Blogworking

Dengan blogworking, maka akan ada banyak ide yang kita dapatkan dari blog blog yang kita kunjungi terutama blog besar dengan konten konten yang menarik.

Amati dan bacalah lebih dulu postingan yang ada disana.

Karena dengan membaca maka secara tidak langsung akan menambah pembendaharaan kata kita, sekaligus menambah wawasan dan juga pengetahuan tentang bagaimana merangkai suatu kalimat agar bisa enak di baca.

Barulah setelah itu kita coba membuat artikel dari apa yang sudah kita baca tersebut.

Dengan cara ini maka kita akan terhindar dari plaqiarisme, karena kita membuatnya dengan gaya bahasa sendiri, dan kitapun bisa memperdalam teknik penulisan artikel kita.

Yang terpenting jangan pernah sekali-kali mencoba melakukan copy paste artikel orang lain, karena itu merupakan tindakan yang sungguh tidak terpuji, dan saya yakin tidak akan ada manfaatnya buat kelangsungan blog kita dalam jangka panjang.

Karena selain tidak berkah ( karena merupakan pencurian konten ), pengetahuan kitapun tidak akan pernah bekembang, dan selamanya kita akan menjadi blogger pecundang.

Artikel terkait : Hargailah karyawa orang lain maka dengan sendirinya kita akan di hargai.

3. Mendapatkan Ide Postingan Dari Histart

Seperti kita ketahui, histart merupakan salah satu alat ampuh untuk melihat statistik blog secara lengkap baik itu jumlah pengunjung ataupun kata kunci blog kita yang berasal dari search engine layaknya google analytic.

Dan dalam hal ini masih banyak blogger yang belum tahu bahwa histart itu bisa di setting untuk umum dan pribadi, sehingga kita bisa dengan mudah mendapatkan ide postingan dari histart yang tidak terkunci tersebut, seperti screenshot di bawah ini contohnya.


Di dalam menu search engine kita bisa dengan mudah mendapatkan ide postingan blog yang berasal dari kata kunci salah satu blog yang menggunakan histart terbuka.

Yang terpenting tinggal sobat sesuaikan aja dengan niche blog sobat dan kembangkan menjadi sebuah artikel.

Cara ini masih bisa di bilang legal koq, karena kita tidak melakukan copy paste dan hanya bisa kita dapatkan pada blog yang menggunakan histart dengan privacy general.


4. Mendapatkan Ide Postingan Dari Google Keywor Planner

Google keyword planner merupakan salah satu tools gratis yang di sediakan google untuk riset kata kunci bagi para pengiklan di google adword, namun ini juga bisa kita manfaatkan untuk riset kata kunci dan juga mendapatkan ide postingan blog.

Caranya? seperti biasanya, masukkan satu topik ( apa saja yang terlintas di otak kita ), kemudian tekan tombol get idea, perhatikan gambar di bawah.



Maka selanjutnya akan tampil deretan ide postingan, seperti di bawah ini :



Nah, dari sini sobat bisa klik lagi salah satu dari beberapa ide postingan tersebut, maka akan kita dapatkan beberapa ide yang lebih banyak lagi, yang masih berhubungan dengan kata kunci utama.

Saya ambil contoh di bagian group "usaha menguntungkan" ketika saya klik, maka akan timbul sederetan ide postingan seperti di bawah ini.


5. Mendapatkan Ide Postingan Dari Google Suggestion Dan Related Search

Beberapa waktu lalu, google meluncurkan tools tambahan pada menu pencarian google yakni google suggestion, yang memberikan beberapa ide pencarian kepada para pengunjung bahkan sebelum mereka selesai mengetiknya, seperti contoh di bawa ini.


Ketika saya ketikkan kata kunci bisnis pa, maka langsung muncul sederatan kata kunci yang di rekomendasikan oleh google. yang tentu saja kemungkinan besar untuk di klik oleh para pembaca sangat besar.

Nah hal ini juga bisa kita manfaatkan sebagai ide untuk kita para blogger untuk membuat postingan baru.

Selain itu kita juga bisa memanfaatkan search related pada bagian bawah hasil pencarian seperti gambar di bawah ini.

Jika kita klik related searches tersebut makan akan menimbulkan related search lainnya, dan tentu akan ada banyak ide postingan yang kita dapatkan dari sana.

Demikianlah sedikit formula ampuh untuk mendapatkan ide postingan blog, bahkan ketika kita sedang buntu.


EmoticonEmoticon