Alangkah bahagianya bagi mereka yang menjadi salah satu daftar orang terkaya di indonesia, karena tentu selain mereka memiliki kebebasan financial, tentu mereka juga bisa meraih segala yang mereka inginkan.

Nah, untuk kita yang belum menjadi kaya, gak perlu bersedih dan berkecil hati, siapa tahu dengan membaca tentang deretan orang terkaya di indonesia ini, kita juga bisa menemukan cara menjadi kaya seperti mereka, atau seitdaknya bisa menginspirasi kepada kita semua, agar bisa meraih kehidupan yang lebih baik nanitnya.

Karena mereka yang menjadi orang paling kaya di indonesia, tentunya juga berawal dari Nol besar sebelum akhirnya mereka menjadi kaya raya berkat kerja keras, komitmen, kesabaran dan pertolongan Tuhan yang maha esa tentunya.

Nah siapa sajakah orang terkaya di indonesia tersebut? berikut saya hadirkan urutan orang terkaya di indonesia dari 1 s/d 50 yang dirilis oleh forbes yang merupakan majalah kenamaan yang cukup bisa di percaya hasil surveinya.

Ok yuk langsung saja kita lihat siapa saja mereka :
orang paling kaya di indonesia

1. Robert Budi Hartono

Orang terkaya diposisi pertama adalah R.Budi & Michael Hartono. Siapakah dia? dia adalah sang pemilik perusahaan Djarum yang didapatkan dari ayahnya Oei Wie Gwan, dan juga merupakan pemegang saham terbesar Bank Central Asia (BCA) dengan totok kekayaan mencapai $ 17.1 miliar.

Belum lagi perkebunan kelapa sawit seluas 65.000 hektar di Kalimantan Barat serta sejumlah porperti seperti Grand indonesia dan perusahaan elekronik seperti polytron, jadi sangat wajar jika Robert Budi Hartono menjadi orang paling kaya di indonesia.

2. Susilo WonuWidjodjo

Dengan totol kekayaan sebesar $7.1 miliar menempatkan Susilo Wonuwidjodjo menjadi salah satu orang terkaya di indonesia, tepatnya berada diposisi no 2, kekayaan tersebut dia dapatkan karena merupakan pewaris dari ayahnya suryo wonowidjodjo yang merupakan pemilik perusahaan Gudang Garam.

3. Anthoni Salim


Di posisi ketiga ada antohoni salim yang merupakan penerus dari ayahmua Sudono Salim, yang merupakan pemilik salim group dan pemilik dari perusahaan perusahaan besar seperti PT.idofood sukes makmur Tbk, PT Bogasari flour mill, dengan totol kekayaan sebesar $5.7 miliar.

4. Eka Tjipta Widjadja


Terlahir dari keluarga miskin di fujian,Republik rakyat china, akhirnya dia dan ibunya memutuskan untuk migrasi ke indonesia tepatnya di makassar, sulawesi selatan, menyusul ayahnya yang sudah lebih dahulu migrasi.

Dan siapa sangka akhirnya setelah dia migrasi dia bisa mendirikan SInar Mas, yang merupakan brand name yang bergerak di berbagai sektor seperti palm oil, agribisnis dan food, kertas dan pulp, jasa keuangan, real estate, telekomunikasi dan energi, sehingga menjadikannya salah satu orang terkaya di idnoesia dengan totoal kekayaan mencapati $5.6 miliar.

5. Sri Prkash Lhohia


Diposisi ke 5 ada sri prakash lohia yang merupakan pendiri dari Indorama Corporation yang merupakan perusahaan petrokimia dan tekstil, yang memproduksi polipropilena, polietilena, pilamen, benang pintal, kain dan sarung tang medis, dimana produknya sudah di kirim ke 90 negara didunia yang mengantongi kekayaan sebesar$5 miliar.

6. Chairul Tanjung


Di posisi ke 6 ada Chairul Tanjung sianak singkong, pengusaha sukses yang berasal dari keluarga sederhana, namun berkat kegigihannya berhasil menjadi pengusaha sukses lewat CT Corp yang merupakan kelompok perusahan besar seprti Bank Mega, Bank Mega Syariah dan juga Trans Tv, dengan totol kekayaan mencapati $4.9 miliar.

7.Dr.Boenjamin Setiawan


Selanjutnya ada seorang dokter sekaligus pengusaha yang di kenal dengan sebutan dr.boen yang merupakan pendiri dari PT.Kalbe Farma, yang kini menjadi group kalbe yang bergerak dibidang farmasi,makanan pengemakan, bisnis kesehatan, distribusi dan pergudangan dengan totol kekayaan senilai $3.3 miliar.

8. Tahir


Selanjutnya di posisi ke 8 orang terkaya indonesia adalah pendiri Mayapada Group yang memiliki beberapa unit usaha seperti media cetak, tv berbayar, perbankan, properti, rumah sakit dengan kakayaan $3.1 miliar.

9. Murdaya Poo


Merupakan salah satu pengusaha indonesia yang memiliki beberapa perusahan sekaligus seperti PT.Kencana sakti indonesia yang bergerak di bidang kelistrikan dan genset, PT.Hardaya aneka shoes industy yang begerak di bidang distributor brand nike, PT hardaya Inti Plantantion yang bergerak dibiang kelapa sawit dengan totoka kekayaan mencapai $2.1 milia.

10. Mochtar Riady


Merupakan seorang praktisi perbankan handal dan sekaligus pengusaha indonesia pendiri dan sekaligus presiden komisaris Lippo Group yang merupakan bank sekaligus pemilik beberapa usaha lain seperti Matahari departemen store, hypermart dan foodmart dengan totol kekayaan sebesar $1.9  miliar.

11. Theodore Rachmat


Merupakan keponakan dari pendiri group astra william soeryadjaya, dan diapun memulai karir sebagai sales di perusahaan pamanya tersebut sebelum akhirnya mendirikan perusahaan sendiri yaitu triputra group yang begerak di beberapa bidang seperti batu bara, karet, perdagangan dan agribisnis dengan totol kekayaan mencapai $1.85 miliar.

12. Putra Sampoerna


Menjadi salah satu orang terkaya di indonesia karena merupakan bos dari perusahaan rokok PT.HM sampoerna Tbk dengan kekayaan $1.8 miliar.

13. Eddy Katuari


Adalah seorang pengusaha pimpinan dari Wings Group yang awalnya bergeradi dibidang produksi sabun dan deterjen yang kemudian merambah kebiang lain seperti produk rumah tangga. perawatan pribadi, properti,perkebunan dll dengan total kekayaan $1.73 miliar .

14. Peter Sondakh


Merupakan pemilik dari PT.Rajawali Corporation yang memilki banyak sekali unit usaha seperti PT.Metropolitan Televisindo (RTV), PT.Forutune Indonesia. PT.Express Trasindo Utama dengan kekayaan $1.7 miliar. 

15. Ciputra


Yang sangat terkenal sebagai pengusaha properti yang sukes lewat beberapa perusahaannya seperti ciputra group, Metropolitan group, jaya gorup dengan total kekayaan mencapai$1.6 miliar .

16. Sukanto Tanoto


Merupakan pengusaha yang memulai usahanya dari pengolahn industri kaya dan juga menjadi pemsok peralatan dan kebutuhan bagi perusahaan minyak negara PERTAMINA dengan totl kekayaan sebesar $1.5 miliar.

17. Kusna & Rusdi Kirana


Siapakah mereka? mereka adalah 2 bersaudara sanga pendiri Lion Air yang berhasil menarik hati masyarakat dengan penerbangan bertarif murahnya, sehingga mampu meraih hingga sekitar 600.000 lebih penumpang setiap bulannya, dan memiliki beberapa anak cabang seperti wings air. batik air. malindo air dan Thai lion air.

Dengan totol kekayaan mencapai $1.4 miliar menempatkan mereka pada posisi ke 17 sebagai orang terkaya di indonesia.


18. Martua Sitorus



Merupakan seorang pengusaha yang mendirikan perusahaan Wilmar International yang meruapakan salah satu perusahaan yg cukup terkenal di bidang kelapa sawit dan pengolahan minyak sawit mentah (CPO), serta berhasil mengakuisisi perusahaan batu bara di Austaralia, sehingga menempatkan dia sebagai orang terkaya no 18 di di indoensia dengan totoal kekayaan mencapai $1,42 miliar.
Baca juga: Contoh investasi jangka panjang dan pendek yang menguntungkan untuk masa depan


19. Eddy Kusnadi Sariadmadja



Merupakan seorang Raja media terkaya di indonesia, karena aset yang di milikinya yakni PT.Surca CItra Media Tbk yang menauingi TV Sctv mampu meraih keuntungan hingga 1,8 triliun dalam satu tahun, selain itu beliuan juga merupakan pemilik dari Elang Mahkota Teknologi Tbk yang memegang hak exklusif sebagai distributor komputer compag indonesia.

Sehingga menempatkan dia sebagai orang terkaya no 19 di indonesia dengan totoal kekayaan mencapai $1.4 miliar.


20. Ciliandra Fangiono



Merupakan seorang pengusaha generasi kedua dari First Resources yang merupakan perusahaan yang bergerak di bidang kelapa sawit dan pengelolan kimia serta merupakan pemilik dari PT.Ciliandra perkasa yang bergerak di bidang penanaman kelapa sawit, pengilangan dan pengelolaan buah kelapa sawit menjadi minyak mentah CPO, sehingga menempatkan dia sebagai orang terkaya di indonesia no 20 dengan totoal kekayaan mencapai $1.38 miliar.


21. Kuncoro Wibowo



Merupakan seorang pengusaha pemilik dari Kawan Lama Sejahtera yang merupakan perusahaan penyedia peralatan industri dari mulai alat-alat rumah tangga hingga bengkel, dengan totol kekayaan mencapai $1.35 miliar menempatkan dia sebagai salah satu orang terkaya di indonesia.


22. Soegiarto Adikoesoemoe



Merupakan pengusaha pendiri dari PT. AKR corporindo Tbk merupakan perusahaan yang menghasilkan produk berupa gas alam dan bahan bakar serta bahan kimia dengan total kekayaan mencapai $1.3 miliar dollar.


23.Djoko Sosanto



Merupakan seorang pengusaha pemilik dari ALfamart group yang merupakan ritel denga konsep mini market, dengan total kekayaan mencapai $1.28 miliar menempatkan dia di posisi 23 sebagai orang terkaya di indonesia.


24. Alexander Tedja



Merupakan seorang yang terkenal sebagai Raja properti dan mall dari surbaya dengan group perusahaannya Pakuwon Group dengna total kekayaan mencapati $1.27 miliar menempatkan dia di posisi ke 24.


25. Prajogo Pangestu



Merupakan seorang pengusaha pemilik dari PT.Barito Pacifik Tbk, yang dulunya bernama PT.Bumi Raya Pura Mas. Kalimantan merupakan perusahaan yang bergerak di bidang hutan tanam indusri yang bisa menghasilkan plywood.blockboard, particle board dan wood working produck, dengan total kekayaan mencapai $1.26 miliar .
orang terkaya indonesia


26. Eka Tjandranegara



Merupakan seorang pengusaha yang berasal dari Sanggau, Kalimantan Barat, sekaligus pemilik dari PT. Mulia Industrindo Tbk. yang bergerak di bidang propery, keramik, logam dan kaca. dengan total kekayaan mencapai $1.2 miliar menjadikan dia sebagai salah seorang terkaya di indonesia.


27. Bachtiar Karim



Merupakan pimpinan sekaligus pemilik dari Musimas group yang bergerak dibidang kelapa sawit dan juga CPO, dengan total kekayaan mencapai $1.2 miliar.


28. Husodo Angkosubroto



Merupakan pengusaha pemilik dari gunung sewu goruop yang bergerak di bidang perkebunan, properti dan asuransi, dengan nilai kekayaan sebesar $1.19 miliar.


29. Hary Tanoesoedibjo



Kalau yang ini, saya yakin kita pasti sudah pada tahu, karena belium merupakan seorang pengusaha sekaligus tokoh politik di indonesia yang merupakan pemilik dari MNC Group ( group perusahaan televisi ternama indonesia ) dengan total kekayaan mencapai $1.15 miliar.


30. Harjo Sutanto



Merupakan pegusaha pemilik dari Wings yakni perusahaan penghasil produk produk rumah tangga, dan pemeliharaan kesehatan yang menghasilkan beberapa produk seperti bedak, deterjen, sabun, pelembut kain, pembalut yang pemasarannya sudah menjamur keseluruh indonesia. degan total kekayaan mencapai $1.13 miliar.


31. Husain Djojonegoro



Merupakan pemilik dari "Orang Tua" yakni sekelompos bisnis produk konsumen di indonesia dari mulai makanan ringan hingga makanan berat dengan totak kekayaan mencapai $1.1 miliar.


32.Garibaldi Thohir



Merupakan seorang pengusaha dan bankir yang lebih di kenal dengan nama Boy Tohir, yang merupakan seorang pengusaha tambang batu bara di bawah naungan Adaro Enegy, dengan total kekayaan mencapai $1.05 miliar.


33. Benny Subianto



Merupakan salah satu pendiri anak perusahaan Astra international United tractor dan astra agro lestari dan juga pendiri dari group tri putra dengan kekayaan mencapai $950 juta.


34. Aksa Mahmud



Merupakan pendiri dari Bosawa Group yang bergerak di bidang semen, otomotig. logistik. transportasi. pertambangan, properti. jasa keuangan, dengan total kekayaan mencapai $ 860 juta.
Baca juga : Daftar orang terkaya di dunia versi majalah forbes

35. Jogi Hendra Atmadja



Merupakan komisaris utama dari PT. Mayora Indah Tbk atau Mayora Group, merupakan kelompok bisnis produk konsumen di indonesia, dengan totak kekayaan mencapai $850 juta.


36. Low Tuck Kwong



Merupakan pengusaha pemilik dari Bayan Resources, salah satu perusahaan yang bergerak dibidang batu bara, dengan total kekayaan mencapai $840 juta.


37.  Abdul Rasyid



Nah kalau pengusaha yang satu ini merupakan pengusaha dari daerah saya tepatnya di kabupaten kotawaringin barat, pangkalan bun. kal-teng yang merupakan pengusaha yang memiliki banyak perusahaan yang bergerak di bidang kelapa sawit, CPO dll, dengan total kekayaan mencapai $810 juta .


38. Achmad Hamami



Merupakan pemilik dari PT.Trakindo Utama yang merupakan perusahaan agen alat berat yang paling terkenal di indonesia, yang di taksi memiliki kekayaan sejumlah $800 juta.


39. Edwin Soeryadjaya


Merupakan anak ke 2 dari pengusaha william soeyadjaya ( pendiri astra international ) dan merupakan pendiri dari Saratoga Capital, sebuah perusahaan investasi terkemuka di indonesia, dan merupakan presiden komisaris dari PT.Adora Energy. ditaksir memiliki kekayaan sebesar $ 780 juta.


40. Kartini Muljadi


Merupakan satu satu pebisnis wanita yang masuk sebagai deretan orang paling kaya di indonesia dengan nilai kekayaan sebesar $ 760 juta.


41. Hashim Djojohadikusumo


Merupakan adik dari Prabowo Subianto dan sekaligus pemilik Arsari Group yang bergerak dalam bidang pertambangan, program bio-ethanol, perkebunan karet dll.


42. Santoso Handojo


Merupakan pemilik dari perusahaan pakan ternak PT. japfa Comfeed Indonesia,dengan total kekayaan mencapai $740 juta.
Baca juga : Pekerjaan dengan gaji tinggi di indonesia

43. Lim Hariyanto Wijaya Sarwono


Merupakan pengusaha pemilik perusahaan yang bergerak dibidang kelapa sawit PT.Bumitama Agri dengan total kekayaan mencapai $ 700 juta.


44. Sudhamek


Merupakan Chairman dari GarudaFood Group dan juga Group Tudung Group dengan total kekayaan mencapai $690 juta.


45. Sjamsul Nursalim


Merupakan pemilik dari PT. Gajah Tunggal Tbk dengan total kekayaan mencapai $640 juta.


46. Osbert Lyman


Merupakan pengusaha pemilik dari Lyman Group yang sebelumnya bernama Satya Djaya Raya Group, yang merupakan perusahaan dibidang properti dengan kekayaan sebesar $600 juta.


47. Irwan Hidayat


Merupakan pengusaha sekaligus Presiden direktur dari PT.Sido Muncul dengan kekayaan sebesar $530 juta.


48. Arifin Panigoro


Merupakan pengusaha pemilik dari Medco Group yang bergerak di bidang energi,makanan, agribisnis,financial.pabrikasi, perhotelan, properti dengan total kekayan sebesar $ 475 juta.


49. Purnomo Prawiro


Merupakan pengusaha transportasi pemilik dari Blue Bird dengan total kekayan sebesar $470 juta.


50. George and SjakonTahija


Merupkan 2 bersaudara pemilik dari Austindo Nusantara Jaya yang bergerak di bidang agribisnis, asuransi dan energi, dengan jumlah kekayaan sebesar $420 juta.

Demikianlah deretan orang paling kaya di indonesia, semoga mereka semua bisa menjadi inspirasi untuk kita semua dan kitapun sukses berbisnis seperti mereka .

Sumber : Forbes, Wikipedia.


EmoticonEmoticon