Seperti kita ketahui bersama, sampai saat ini google adsense masih menjadi primadona di kalangan blogger indonesia sebagai salah satu cara terbaik untuk bisa menghasilkan uang secara online melalui blog.

Namun juga bukan rahasia lagi, meskipun menjadi primadona, untuk bisa menghasilkan uang yang maksimal dari google adsense bukanlah perkara yang mudah bagi para blogger blogger baru seperti saya.

Terutama buat para blogger yang memang belajar dari NOL besar dan semua belajar sendiri tanpa bimbingan dan juga tanpa teman seperjuangan.

Itulah yang saya rasakan !

Masih teringat jelas masa masa itu, di awal sebelum saya mengenal dunia blogging saya merupakan seorang yang benar benar "Gaptek" tentang internet.

Jangankan untuk membuat blog, pada saat itu akun email dan facebookpun saya belum punya, karena memang saya benar benar belum mengerti dan belum pernah punya akses menggunakan internet sama sekali.

Sampai akhirnya saya membeli sebuah laptop dengan merek "Toshiba" yang saya beli secara kredit, dari sinilahh saya mulai berkenalan dengan namanya internet.

Saai itu pertama sekali yang saya buat adalah akun email dan facebook, karena memang sebatas itulah yang saya dengar tentang internet dan facebook merupakan media sosial yang paling trend pada saat ity, yakni bisa untuk chating dan mencari teman baru dari seluruh indonesia.

Singkat cerita, akhirnya saya aktif menggunakan facebook dan mencari teman teman lama serta teman baru dari seluruh indonesia untuk sekedar chating dan bercanda ria gak jelas.

Sampai suatu ketika saya melihat status teman kerja saya, bahwa dia bisa menghasilkan uang secara online.

Artikel terkait : Cara cepat dapat uang dari internet untuk pemula

Wah enak banget nih kalo bisa dapat uang secara online ( dalam benak saya), gimana caranya?

Akhirnya saya bertanya pada teman sekantor saya tersebut dan diapun menjelaskan bahwa dia bisa menghasilkan uang secara online dengan cara mengikuti program investasi secara online, dimana dengan menginvestasikan sejumlah uang maka kita akan dapat pengembalian sekitar 2% per hari atau sekitar 60% per bulan ( ungkap teman saya).

Dan dengan polosnya sayapun tertarik untuk mengikuti program investasi online tersebut, karena memang pada saat itu program tersebut memang sedang booming dengan anggota group di facebook hingga ratusan ribu.

Singkat cerita, setelah saya gabung bukan keuntungan yang saya dapat, bahkan modal untuk investasipun tidak balik, karena situs tempat melakukan investasi terseut mengalami perubahan sistem dan tidak membayar membernya lagi.

Dari situ muncul program serupa dengan nama yang berbeda, dan banyak teman teman di facebook yang mengajak saya untuk gabung, namun saya tidak begitu tertarik karena sedikit trauma di program investasi yang sebelumnya.

Namun karena setelah beberapa bulan saya lihat program tersebut masih berjalan, akhirnya saya putuskan untuk ikut kembali, dan baru beberapa bulan saya gabung, akhirnya situs tersebut kembali tidak membayar membernya.

Sejak saat itulah saya simpulkan bahwa semua program investasi online itu semua ujung ujung scam, karena tidak ada konsep bisnis yang jelas serta produk apa yang mereka jual dan tawarkan.

Dari situ saya tidak pernah ikut lagi meskipun kembali bermunculan program program investasi serupa seperti MMM, S3 dan semacamnyalah.

Dan keputusan saya memang tepat, karena hampir semua program seperti tersebut hanya berujuang scam ( Penipuan terselubung).

Namun dari kejadian tersebut saya tidak berfikir mainstream terhadap "making money from online" saya hanya menganggap itu sebagai pelajaran yang berharga.

Dan betul saja, akhirnya saya menemukan suatu artikel di salah satu blog bahwa dia bisa menghasilkan uang melaui blognya dari program google adsense, program perikalanan milik google.

Saya baca secara sengsama bagaimana konsep kerja dari google adsense tersebut, dan akhirnya saya simpulkan bahwa google adsense memang benar benar bisnis real dan salah satu jalan yang tepat untuk bisa menghasilkan uang secara online, tepatnya melalui sebuah blog.

Dari situ, sayapun mulai belajar membuat blog secara otodidak melaui panduan panduan yang ada di internet, saat itu saya mulai belajar membuat blog di blogger.com.

Dan ternyat kalau hanya untuk membuatnya saja tidak sulit koq, hanya di perlukan waktu 5 menit saja.

Yang sulit itu adalah bagaimana meng otak-atik tampilan blog dan bagaimana caranya mendatangkan pengunjung ke blog kita sebanyak banyaknya.

Artikel terkait : Cara ampuh memperbanyak pengunjung blog untuk pemula

Maka dari itulah setiap hari saya selalu membuat artikel dan mempulbikasikannya di blog, sembari banyak membaca di blog blog yang sudah populer bagaimana sebenarnya cara menjadi blogger yang sukes tersebut.

Satu demi satu saran dari mereka saya terapkan, meskipun terkadang membingungkan, karena terkadang antara satu blogger dan yang lainnya memiliki pendapat yang berbeda, jadi untuk memastikannya kita harus melakukan ujicoba sendiri.

Singkat cerita, setelah artikel di dalm blog saya rasa cukup, saya pun memberanikan diri untuk medaftar di google adsense, dan alhamdulillah langsung di tolak sebanyak tiga kali.

Namun saya tidak pernah menyerah dan sampai di percobaan yang keempat akhirnya blog saya di terima oleh google adsense dalam hitungan jam, tentu saja saat it saya benar benar merasa senang, karena impanku untuk bisa menghasilkan uang dari blog sudah ada di depan mata.

Dan dengan segera saya memasang kode iklan google adsense di blog saya dengan harapan segera bisa menghasilkan dollar melalui blog.

Tapi ya begitulah, karena pasa saat itu blog saya masih baru dan belum begitu banyak pengunjung di awal awal tidak ada satupun yang mengklik iklan google adsense di blog saya, yang artinya tidak ada dollar sepeserpun yang saya hasilkan.

Namun saya tidak menyerah, karena prinsip saya semua memang butuh proses, dan tidak ada kesukesan yang bisa diraih dengan mudah, termasuk menghasilkan uang dari google adsense.

Namun selalu saya tanamkan dalam hati saya, kalau mereka bisa kenapa saya tidak? sedangkan semua manuisa di dunia ini di berikan bekal yang sama.

Dari situlah saya terus belajar dan belajar tentang bagaimana cara membuat artikel yang baik, bagaimana cara membuat artikel yang SEO friendly namun juga human friendly.

Dan alhamdulillah saya bisa meraskan gajian pertama dari google adsense sebesar $108 dari google adsense selam kurang lebih 9 bilan bulan lamanya.

Ya kecil memang, namun saya tetap bekeyakinan suatu saat saya bisa mendapatkan penghasilan yang cukup dari google adsense.

Sayapun terus belajar dan belajar kembali seputar blog dan google adsense, dan alhamdulillah saat ini target $100 perbulan dari google adsense sudah tercapai.

Berikut screen shot dashord adsense saya kemaren

Alhamdulillah $100 Sebulan Dari Google Adsense Akhirnya Tercapai !


Ya meskipun mungkin belum sebesar para blogger blogger lain yang sudah senior dan lebih ahli dari pada saya.

Namun tetap saya syukuri, karena saya memang benar benar belajar dari nol dan full otodidak, jadi sudah suatu anugerah jika saya bisa berpenghasilan dari blog.

Masalah besar dan kecil itu hanyalah masalah waktu, saya yakin jika saya terus belajar dan praktek, maka suatu saat saya juga bisa berpenghasilan yang besar dari blog saya ini.

Yang jelas, saya akan terus belajar dan belajar hingga suatu saat saya bisa menjadi fulltime blogger dan tidak perlu bekerja di perusahaan orang lainn lagi.

2 komentar

Makasi banyak atas artikelnya dan lagi-dan lagi termotivasi tuk tetap ngeblog.

Sama sama mas Assalam Blog
Trus semangat mas, kalo orang lain bisa kenapa kita tidak?
Semua masalah waktu dan kemauan untuk belajar saja


EmoticonEmoticon