Wiraswasta dan wirausaha ? tentu kita sudah tidak asing lagi dengan kedua istilah tersebut, karena memang kerap kali di gunakan untuk menyatakan seseorang yang mandiri dan berdiri sendiri dalam rangka memenuhi kebutuhan hidup mereka.

Tapi tahukah sobat wiraswasta dan wirausah itu berbeda lho? ah masa sih? ia, benar.

Menurut asal katanya wiraswasta terdiri dari kata wira yang berarti manusia, dan swasta yang berarti berdiri sendiri.

Jadi bisa kita simpulkan wiraswasta adalah seseorang yang bisa berdiri sendiri dan mampu memenuhi segala keperluan hidupnya secara mandiri tanpa menggantungkan diri terhadap orang lain dalam segala hal.

Sedangkan wirausaha, menurut asal katanya terdiri dari kata wira yang berarti manusia dan usaha yang berarti suatu kegiatan yang di lakukan untuk bisa menghasilkan sesuatu keuntungan (bisnis).

Jadi wirausaha berarti seseorang yang melakukan suatu kegiatan usaha untuk bisa menghasilkan suatu keuntungan serta bisa melihat peluang bisnis yang ada di sekitarnya dan menjadikannya suatu peluang usaha baru.

Nah dari devinisi wiraswasta dan wirausaha tersebut di atas sangat jelas kan perbedaan dari keduanya?

Dimana wiraswasta itu sifatnya lebih umum di bandingkan dengan wirausaha, atau dengan kata lain wiraswasata ini merupakan sesorang yang mandiri dan berdiri sendiri dalam memenuhi kebutuhan hidupnya baik dengan wirausaha atau kegiatan lainnya.

Sedangkan wirausaha merupakan seseorang yang mandri dan berdiri sendiri dalam memenuhi kebutuhan hidupnya dengan cara melakukan kegiatan usaha atau bisnis.

Baca juga : 10 pekerjaan paling di butuhkan 5 sampai 10 tahun kedepan

Lalu Kenapa Keduanya Sering Dianggap Sama?

Wiraswasta

Itu karena memang keduanya merupakan sama sama orang yang mandiri serta tidak tergantung terhadap orang lain dalam memenuhi segala keperluannya, sehingga keduanya sering di anggap sama.

Namun jika kita jeli, sebenarnya bisa dengan mudah kita bedakan antara wiraswasta dan wirausaha ini.

Contohnya seperti tukang ojek, bisa kita katakan sebagai wiraswasta, karena dia bisa memenuhi kebutuhannya sendiri tanpa bantuan orang lain dan tidak juga bekerja dengan orang lain (layaknya karyawan dan pegawai).

Tapi tukang ojek tersebut tidak bisa kita katakan sebagai wirausaha karena di tidak melakukan kegiatan bisnis melainkan hanya bekerja untuk memenuhi kebutuhan hidupnya.

Berbeda jika seseorang membuka usaha penyewaan ojek dan mempekerjakan beberapa orang sebgai tukang ojek maka dia bisa di katakan sebagai wirausaha, karena dia memanfaatkan sepeda motornya sebagai usaha atau bisnis untuk meraih kesukesan.


Sekian dulu tentang wiraswasta dan wirausaha, semoga bermanfaat.


EmoticonEmoticon