Akhir akhir ini sedang booming kata Endorse, karena tak sedikit para artis dan teman teman yang sering mengucapkannya, bahkan sering dijadikan bahan bersenda gurau.

Terang saja ini membuat saya penasaran apa sih sebenarnya yang di maksud endorse ini, dan kenapa banyak orang yang membicarakannya.

Maka tanpa pikir panjang, saya langsung ngambil laptop dan searching di google dan kemudian saya ketikan "arti endrose" maka muncullah beberapa artikel yang menjelaskan tentang pengertian endorse yang sedang booming tersebut, dan akhirnya sayapun mengerti apa itu endorse.

Nah barang kali ada teman teman yang senasib dengan saya dan belum tahu arti endorse, untuk itulah saya berinisiatif untuk menuliskannya di blog ini.

Ok yuk langsung saja kita simak ulasannya di bawah ini:


Arti Endorse

Yang perlu saya garis bawahi dan perlu sobat ketahui, sebenarnya endorse ini memiliki arti ganda lho, karena sebelum kata ini booming di media sosial instagram, kata endorse ini sebenarnya sudah umum di gunakan di dalam asuransi. jadi, biar pemahaman kita tambah lengkap tentang endorse ini maka kita akan bahas keduanya.

1. Pengertian Endorse Dalam Pemasaran Online

Di dalam pemasaran online endorse artinya dukungan yang di berikan oleh seseoarang yang memiliki pengaruh ( public figure ) seperti seorang artis atau selebgram, terhadap suatu produk atau jasa, dengan sejumlah imbalan dan kesepakatan terntentu.

Karena konon katanya jika suatu produk ataupun jasa di endorse oleh para selebritis maka produk atau jasa tersebut bisa laris manis terjual, karena di serbu oleh para followers dan fans berat dari artis tersebut, sehingga banyak para pemilik produk maupun toko online yang rela mengeluarkan budget yang cukup besar agar produk mereka di endorsement oleh para artis tersebut, dan merupakan salah satu cara efektif memasarkan produk mereka.

Nah di indonesia sendiri istilah endorse dalam pemasaran online ini populer setelah adanya media sosial instagram yang saat ini sedang naik daun dan sudah memiliki 45 juta pengguna akrif setiap bulannya.

Dari instagram ini jugalah muncul istilah selebgram, yakni seseorang yang terkenal di instagram dan memiliki banyak followers meskipun dia bukan datang dari kalangan selebritis layar kaca.

Sampai disini sudah mengerti tentang arti endore kan?

Berikut contoh endorse dari salah satu artis indonesia di instagram.

Apa Itu Endorse


Gambar di atas saya ambil dari akun instagram chelsee olivia pada saat mengedorse salah satu produk buat anaknya, dengan pemaparan yang di lakukan olenya di inatagram tersebut, tentu akan mampu meningkatkan penjualan atau popularitas produk tersebut, itulah mengapa banyak produk yang berani membayar mahal artis untuk menendorse produk mereka.

Tapi kalau harus di bandingan promosi di televisi maka tentu biaya akan jauh lebih murah di bandingkan dengan promosi secara endorse ini.

Lalu apakah edorsement di dalam pemasaran online ini hanya berlaku di kalangan artis saja?

Tentu tidak, banyak juga koq mereka yang bukan kalangan artis dan publice figure bisa mendapatkan para advertise yang ingin mengendorse produk mereka di akaun orang tersebut, tentunya dengan syarat akun tersebut sudah cukup terkenal dilihat dari banyaknya follower akun instagram mereka dan juga tingkat interaksi follower mereka terhadap apa yang di posting oleh sang empu akun instagram tersebut.

Jika seseorang memiliki akun instagram dengan follower yang banyak dan tingkat interaksi followernya tinggi, maka merekapun bisa dengan mudah untuk bisa menjadi endorsement meskipun mereka bukan dari kalangan artis.

Seperti yang sudah saya jelaskan sebelumnya di artikel saya tentang cara mendapatkan uang dari instagram, salah satunya adalah dengan menjadi endorsement ini.


2. Pengertian Endorsement Didalam Asuransi

Seperti yang saya jelaskan sedikit di atas, istilah edorsement sebenarnya sudah lebih dulu di kenal di dalam bidang asuransi lho, namun meskipun memiliki kata yang sama kedunya memiliki makna yang sangat berbeda.

Karena artie endorse di dalam asuransi adalah sebuah surat atau dokument yang berisikan dan menyatakan adanya perubahan serta penambahan beberapa data pada polis yang sudah di terbitkan tersebut, perubahan tersebut bisa berupa data ahli waris, tanggal efektif polis, data premi dan lain sebagainya.

So !!, jika nanti sahabat di tanya apa itu endorse? maka silahkan tanya balik endorsement yang mana dulu nich, karena endorse itu memiliki banyak makna tergantung dari bidang yang kita bicarakan, yang di dalam bahasa indonesia dikenal dengan istilah Ambigu.

Sampai disini sudah mengertikan dengan apa itu endorsement? semoga bermanfaat dan sedikit memberikan pencerahan kepada sahabat semua.


EmoticonEmoticon