Cara Menampilkan Blog Di Google Search Engine Secara Otomatis

Setiap blogger tentu semua ingin blog mereka bisa tampil di google search engine, karena setelah blog tampil di google, maka lambat laun blog akan mendapatkan banyak pengunjung yang suatu saat bisa di konversikan menjadi penghasilan.

Tapi bagaimana cara buat menampilkan blog kita di google search engine tersebut? ini yang akan kita bahas pada kesempatan kali ini, terutama buat sahabat yang mungkin masih baru dalam dunia blogging tentu akan bingung bagaimana agar blog bisa tampil di google.

Karena memang terkadang cukup sulit untuk bisa mendapatkan informasi yang konkrit seputar blog dan SEO yang bisa menjadi panduan, untuk itulah saya buat panduan ini, khusus buat teman teman yang masih pemula dalam blog.

Namun sebelum kita lanjutkan pembahasan ini, alangkah lebih baiknya jika sahabat membaca postingan saya yang sebelumnya karena masih sangat berhubungan yakni tentang Settingan dasar blog yang seo agar blog bisa tampil di google

Karena jika setinggan dasar blog sahabat salah, maka kedepannya apapun yang sahabat lakukan akan sulit bersaing di google.

Ok yuk langsung kita lanjut pembahasan kita, tentang cara menampilkan blog di google search engine, caranya adalah dengan :

Mendaftar Blog Ke Google Webmaster Tool

Yupz, karena melalui webmaster inilah google menyaring setiap blog dan artikel yang masuk, jadi jika blog sahabat belum terdaftar di wembaster google, maka tentu blog sahabat tidak akan di tampilkan oleh google.

Berikut cara mendaftarkan blog ke google webmaster :

1. Login ke Webmaster google di https://www.google.com/webmasters/tools/home?hl=in

Maka sahabat akan melihat tampilan webmaster google seperti gambar di bawah ini
Perhatikan gambar di atas merupakan tampilan dari webmaster google, nah untuk mendaftarkan blog sahabat disana, maka sahabat tinggal klik " Add Property" yang sudah saya beri tanda panah.

2. Masukan Url Blog Atau Website Kita

Selanjutnya setelah sahabat klik " add property" maka akan tampil seperti gambar di bawah ini.

Maka sahabat tinggal masukkan saja alamat blog sahabat di kotak yang sudah di sediakan.

Yang perlu jadi catatan : sahabat harus memasukkan 4 URL blog saha baik yang menggunakan www atau tidak , seperti blog saya ini saya memasukkan 4 URL sekaligus yakni : https://www.kerjaonline.my.id, https://kerjaonline.my.id, http://www.kerjaonline.my.id dan http://kerjaonline.my.id.

Hal ini berfungsi agar pengindexan yang di lakukan google kepada blog kita bisa berlangsung cepat dan sempurna.
3. Submit Sitemap Blog Sahabat Di Webmaster

Nah selanjutnya setelah blog sahabat terdaftar di webmaster google, maka sahabat tinggal memasukkan sitemap blog sahabat ke webmaster, agar nantinya index blog sahabat bisa berlangsung otomatis meskipun ada artikel baru di blgo sahabat.

Caranya?

# Klik link blog sahabat yang sudah terdaftar di webmaster seperti gambar di bawah ini
Selanjutnya maka akan tampil sepert halaman di bawah ini, kemudian.

# Masukkan Sitemap blog sahabat


Caranya? perhatikan pada gambar yang sudah saya beri tanda merah, Pilih menu Crawl >> Sitemap>> kemudian klik "ADD / Tes Sitemap" ( lihat yang saya beri tanda panah) >> selanjutnya tinggal sahabat ketikkan " Sitemap.xml " pada kotak yang di sediakan.

Selesai, sekarang blog sahabat sudah terindex otomatis di webmaster google, dan selajutnya sahabat tinggal melakukan optimasi pada artikel agar sahabat bisa mendapatkan banyak pengunjung dari google.

Demikianlah artikel tentang cara menampilkan blog di gogole search engine ini, semoga bisa bermanfaat untuk kita semua, jika ada pertanyaan atau kurang jelas, silahkan sahabat tanyakan di kolom komentar.


EmoticonEmoticon