Cara Jualan Online DI Facebook Untuk Pemula Supaya Laris Dan Cepat Laku

Tak dapat kita pungkiri, facebook merupakan senjata marketing yang ampuh untuk memasarkan sesuatu, karena banyaknya yang menggunakan media sosial yang satu ini. Terutama di indonesia pada tahun 2014 saja, pengguna facebook di indonesia terhitung 60.3 juta, terbanyak No 4 di seluruh dunia.

Tentu ini merupakan sebuah peluang yang sangat bagus untuk jualan di facebook kalau kita bisa memanfaatkannya secara maksimal, karena dengan pangsa pasar sebesar itu, tentulah merupakan hal yang sangat mudah untuk menjual suatu barang ataupun jasa.


Hanya saja !!


Buat kita yang masih awam tentang perkembangan internet, tentu akan sangat kesulitan untuk belajar cara jualan online di facebook agar laris manis dan memanfaatkan facebook sebagai bisnis online.


Karena kebanyakan dari para pemula yang menggunakan facebook marketing, biasanya hanya sekedar posting gambar, nulis status dan promosi di group lalu di biarkan begitu saja.


Akibatnya hasilnya tidak maksimal, dan tidak begitu banyak yang merespon, apa yang mereka promosikan.

Untuk itu kali ini saya akan berbagi tips jualan online di facebook khusus buat teman-teman yang masih baru.


Ok langsung saja ya berikut langkah-langkah nya :

Baca juga : Jualan apa ya yang menguntungkan tapi modalnya kecil
cara jualan online di facebook

Menentukan Produk Yang Tepat Untuk Kita Jual (Unik & Menarik)

Ingat yang jualan online di media sosial seperti facebook, twitter, isntagram dan google+ itu sudah sangat-sangat banyak. Jadi, kemampuan kita dalam memilih produk yang tepat sangat menentukan keberhasilan kita dalam menjual sesuatu secara online.

Jika produk yang kita jual itu-itu saja, dan terkesan pasaran, maka wajar kalau kita akan kesulitan dalam memasarkan produk yang akan kita jual.


Karena tentu mereka akan lebih memilih membeli sesuatu dari orang-orang yang sudah mereka percayai, karena sudah memiliki trak racord yang baik.


Tapi kalau kita jualan sesuatu yang sedang treds kan bagus?


Iya memang bagus.


Tapi jangan lupa sudah banyak yang menjual produk-produk tersebut, sehingga akan sulit untuk kita bersaing dengan mereka yang sudah lebih dulu berjualan, karena sudah memiliki tingkat kepercayaan yang lebih dari custumer.


Menyiapkan Gambar Atau Foto Produk Yang Berkualitas

Kualitas dari foto atau gambar produk yang kita gunakan untuk jualan online di facebook harus sangat kita perhatikan.

Karena gambar tersebut mewakili semua produk yang akan kita jual, sebagus apapun produk yang akan kita jual, jika gabarnya jelek maka akan terkesan jelek di mata custumer kita.


Untuk itu pastikan gambar produk yang kita gunakan berkualitas tinggi, sehingga bisa menimbulkan kesan yang baik bagi para custumer.


Tentunya hal tersebut dapat terwujud jika sahabat miliki pengetahuan tentang fotografy, cara foto produk yang baik, dan sering latihan agar bisa mendapatkan hasil yang berkualitas.

Atau bisa juga sahabat menggunakan jasa freelance fotographer profesional, sehingga sahaat tidak usah repot repot untuk belajar dan menghabiskan banyak waktu.

Memperbanyak Teman Atau Follower Facebook Sobat

Semua teman-teman di facebook adalah calon custumer kita, untuk itu agar jualan online kita di facebook laris manis, maka hal pertama yang harus sahbat lakukan adalah memperbanyak pertemanan di facebook kita lebih dulu.

Semakin banyak pertemanan yang kita dapatkan, maka semakin besar peluang kita untuk bisa sukses jualan online di facebook.


untuk itu berusahalah untuk meningkatkan jumlah pertemanan lebih dulu .


Ada 2 cara yang bisa kita lakukan:

Cara Gratis

1. Menambah pertemanan dengan menggunakan tombol cari teman
Cara yang paling umum untuk kita memperbanyak pertemanan di facebook adalah dengan menggunakan tombol cari teman yang sudah di sediakan oleh facebook.

Hanya saja kita perlu berhati-hati karena ada batas pertemanan yang boleh kita add dalam satu hari, dimana kalau kita langgar maka kita akan mendapatkan peringatan dan akun facebook kita akan di nonaktifkan.

Untuk itu jangan terlalu terburu-buru untuk add pertemanan dalam 1 harinya, jika sudah mendapatkan peringatan, berhenti dan lanjutkan esok harinya lagi.
Baca juga : Cara menjadi selebgram endorse dengan cepat
2. Bergabung di group-group yang aktif
Bergabung di group-group facebook yang aktif juga bisa kita gunakan untuk menambah pertemanan kita dengan cara aktif di group tersebut.

Baik itu sekedar memberikan komentar ataupun melakukan tanya jawab dengan member di sana, maka setelah kita cukup di kenal, dengan sendirinya akan banyak yang meminta pertemanan dengan kita.

Cara Berbayar

1.Promosi menggunakan facebook ads

Jika kita ingin cepat meningkatkan jumlah peremanan ataupun follower di facebook, maka promosi menggunakan facebook ads adalah salah satu pilihan yang tepat.

Hanya saja ini tidak gratis, jadi kita harus menyiapkan baudget tersendiri untuk melakukan promosi menggunakan facebook ads.

2. Menggunakan Jasa Menanambah Pertemanan Di Facebook
Selain facebook ads kita bisa juga menggunakan jasa dari orang lain untuk menambah pertemanan di facebook.

Hanya saja, kita juga harus hati-hati dalam memilih jasa ini, karena terkadang banyak yang menggunakan cara yang tidak lazim dan menggunakan akun palsu.

Posting Produk Secara Rutin Di Facebook

Setelah 3 langkah di atas, maka kini saatnya untuk kita melakukan posting atau promosi produk secara rutin di wall ataupun group-group facebook yang sesuai dengan produk yang kita jual.

Yang perlu perhatikan di dalam mempromosikan produk yang kita jual adalah jangan sampai menggunakan cara-cara spam yang tidak di sukai oleh pengguna facebook.


Seperti promosi di kolum komentar, di wall fb orang lain, ataupun promosi dengan melakukan tag secara berlebihan.


Jangan lakukan itu semua, karena gak ada gunanya yang ada kita bakalan mendapatkan cap yang jelek dari teman-teman kita di facebook.


Buat Postingan Yang Kreatif

Yang saya maksudkan di sini adalah membuat postingan produk dengan cara kreatif, jadi tidak kita tampilkan dengan gambar yang itu-itu saja.

Kita bisa berkreasi dengan cara membuat postingan yang lucu-lucu ataupun yang sedang trends untuk menarik interaksi dengan teman-teman kita di facebook.


Karena pada dasarnya orang lain tidak akan suka jika di suruh membeli ataupun di tawarkan sesuatu dari orang yang belum mereka kenal.


Dengan sering adanya interaksi dengan teman-teman kita di facebook maka kita akan lebih mudah ketika hendak memasarkan produk yang akan kita jual.

Baca juga : 50 + Peluang usaha yang menguntungkan

Buat Fanspage Atau Group Facebook Khusus

Menggunakan akun facebook pribadi kita saja tidaklah cukup, akan lebih baik kalau kita membuat fanspage atau group khusus untuk mempersentasikan produk yang kita jual.

Sehingga kita bisa lebih mudah mengelola produk-produk yang kita tawarkan dalam suatu wadah.


Dengan membuat fanspage atau group facebook khusus, kita juga lebih mudah untuk berkomunikasi dengan banyak pelanggan sekaligus.


Untuk membuat fanspage di facebook silahkan sobat baca artikel saya yang lainnya Cara membuat fanspage di facebook.


Demikian beberapa langkah untuk berjulan online melalui facebook agar dagangan kita cepat laris dan laku,, semoga bisa membantu dan bisa menjadi peluang usaha yang menguntungkan buat sahabat semua.

9 komentar

siang gan..informasi ini sangat bagus dan memberi pengetahuan bagi pemula bisnis onlain terutama menggunakan media FB...semoga bisa lancar dan sukses selallu kedepannya..amiinn

Amiiin, makasih doanya mas Dedy
ALahmadulillah kalau artikel ini bisa bermanfaat, saya senang sekali

Sayangnya fanspage sudah tidak bisa menjadi alat untuk berporomosi dengan adanya pembatasan dari facebook soal jangkauan kiriman. Salam kenal gan

Cara menggunakan facebook ads gimana ya mas?

Lain kesempatan akan saya buatkan tutorialnya, di tunggu ya

benar info yang menarik dan bermanfaat nih


EmoticonEmoticon