Skip to main content

Peluang Usaha Ternak Yang Menguntungkan Dalam Waktu Singkat Dan Dimasa Depan

Peluang Usaha Ternak saat ini banyak di lirik oleh pelaku UKM. karena memang peluang usaha ternak sudah terbukti memiliki potensi yang cerah bila di jalankan dan di kelola dengan baik, serta tepat dalam memilih jenis hewan untuk di ternak.

Peluang usaha ternakpun relatif menguntungkan dalam waktu singkat serta menjanjikan dimasa depan, sehingga peluang usaha ternak ini bisa kita jadikan bisnis jangka pendek maupun jangka panjang, asalkan kita kelola dengan baik dan benar.

Jadi buat sahabat yang sampai saat ini masih bingung mau usaha apa. Maka bisnis ternak ini merupakan pilihan tepat buat sahabat, karena ada banyak sekali hewan ternak yang memiliki potensi serta keuntungan yang bisa kita pilih sesuai dengan kemampuan kita.

Bahkan banyak juga jenis ternak yang cepat panen, sehingga kita tidak perlu terlalu lama menunggu untuk memperoleh keuntungan dari usaha sahabat.

Nah, kira kira apa saja peluang usaha ternak yang menguntungkan dalam waktu singkat dan menjanjikan dimasa depan? berikut kami sudah menyediakan listnya :

1. Peluang Usaha Ternak Sapi

peluang usaha ternak

Ternak Sapi merupakan salah satu, bisnis ternak yang memiliki potensi yang paling menjanjikan. 

Kenapa?

Karena kebutuhan akan daging sapi setiap tahunnya sekalu kurang, karena banyak permintaan dari masyarakat, dimana bahkan pemerintahpun harus melakukan import daging sapi dari luar negeri.

Nah, dalam hal ini tentu peluang usaha ternak sapi merupakan salah satu usaha yang memiliki pasar yang sangat sangat potensial untuk di kembangakan.

Tapi kan perlu modal yang besar?

Sahabat nggk perlu bingung, karena kita bisa memulai usaha ternak sapi dengan membeli anakan sapi yang harganya masih sangat terjangkau, dari sini sahabat bisa kembangbiakkan dan kemudian bisa sahabat ternak.

Di tempat saya anakan sapi berkisar Rp.3 jut sampai Rp.5 juta, tergantung dari ukurannya. Saya rasa dengan harga segitu tentu kita tidak perlu lama untuk bisa menyishkan sebagian dari penghasilan kita agar bisa mempunyai usaha.

2. Peluang Usaha Ternak Kambing


Yang kedua adalah Usaha ternak kambing, yang juga merupakan salah satu peluang bisnis ternak yang sangat menguntungkan dimasa depan, karena Kebutuhan akan daging kambing kini semakin meningkat pesat, sehingga usaha ternak kambing ini bisa membuat Anda sukses dalam waktu yang singkat. 

Modal usaha untuk ternak kambingpun jauh lebih terjangkau dari pada usaha ternak sapi, jadi sangat cocok buat sahabat yang ingin memiliki usaha ternak sendiri namun memiliki modal yang kecil.

Apalagi kambing juga merupakan hewan kurban yang banyak di buru oleh masyarakat setiap hari raya qurban, maka tidak ada asalan untuk peluang usaha ternak kambing tidak memiliki potensi keuntungan yang besar.

Untuk lahan memilihara kambingpun tidak di perlukan lahan yang luas, jadi usaha ternak ini sangat layak untuk sahabat coba.

3. Peluang Usaha Ternak Ayam.


Yang ke 3 adalah peluang usaha ternak ayam. yang merupakan hewan unggas yang saat ini masih menjadi konsumsi daging paling tinggi di dunia. karena harganya yang ekonomis serta rasanya yang enak.

Jadi, untuk masalah keuntungan, tidak perlu sahabat ragukan lagi, karena permintaan daging ayam di pasaran sangatlah tinggi.

Apalagi untuk usaha ternak ayam potong, selain menguntungkan, ternak ayam potong juga terbilang paling cepat panen, karena hanya memelrukan waktu 40 hari saja, ayam potong sudah bisa di panen dan di jual.

Dimana, untuk menjualnyapun sudah banyak tengkulak ataupun penampung ayam potong yang siap menerima berapapun ayam yang kita punya.

4. Peluang Usaha Ternak Kelinci


Siapa yang mengira, bahwa ternyata hewan yang kecil imut menggemaskan tersebut itu memiliki potensi yang menguntungkan bila di ternak.Mungkin tak banyak dan bahkan sangat jarang sekali orang yang menjual daging kelinci, kenapa??".

Pasalnya hewan tersebut adalah hewan peliharaan untuk sejedar hobi saja, bukan untuk di jual dagingnya. Walapun demikian usaha ternak kelinci juga masuk dalam ketegori peluang usaha ternak yang menjanjikan. Dalam beternak atau mengembangbiakan kelinci juga sangat mudah sekali, tanpa keahlian khusus Anda juga bisa beternak kelinci.

5. Peluang Usaha Ternak/Budidaya Lele.


Lele itu jenis ikan yang mudah dibudidaya maupun di kembangbiakan, ikan lele juga bisa hidup disegala jenis air , sehingga mudah untuk kita budidaya. 

Inilah yang menjadi salah satu alasan peluang usaha ternak lele juga merupakan salah satu peluang usaha ternak yang sangat menjanjikan, karena perawatannya yang mudah serta bisa kita ternak menggunakan kolam terpal saja.

Mengenai pemasaran dan penjualan lelepun sahabat tidak usaha khawatir, karena permintaan akan daging lele ini juga cukup tinggi di pasaran dan banyak juga yang siap untuk membeli.

6. Peluang Usaha Ternak Bebek

Tidak mau kalah dengan ayam, bebek juga merupakan salah satu hewan konsumsi yang cukup di favoritkan oleh masyarakat kita, terbukti hampir di setiap rumah makan dan juga restoran hampir selalu menjual sajian menua bebek.

Jadi, peluang usaha ternak bebek ini juga merupakan salah satu usaha ternak yang wajib sahabat coba, jika sahabat memiliki passion di bidang usaha ternak.

Apalagi modal yang di perlukan untuk ternak bebek ini juga relatif kecil sehingga saya rasa tidak begitu sulit untuk memulainya.

7. Peluang Usaha Ternak Nila

Peluang usaha ternak yang menguntungkan selanjutnya adalah ternak nila, yang juga merupakan salah satu ikan konsumsi yang sudah umum di konsumsi oleh masyarakat kita setiap harinya, sehingga permintaan pasarpun relatif tinggi.

Jadi, buat sahabat yang punya pekarang rumah, ataupun lahan kosong, sahabat bisa memanfaatkannya untuk membuat kolam dan mengisinya dengan ikan nila yang dalam waktu beberapa bulan saja sudah bisa sahabat panen.

8. Peluang Usaha Ternak Ikan Patin

Usaha ternak ikan patin juga merupakan usaha ternak yang menjanjikan untuk masa depan, karena pemeliharaan ikan patin ini relatif mudah, dan lebih tahan banting terhadap segala cuaca sehingga meminimalisr kerugian akibat ikan mati.


9. Peluang Usaha Ternak Burung Puyuh

Selain dagingnya yang enak, burung puyuh juga memiliki telor yang juga nikmat untuk di konsumsi, sehingga untuk usaha ternak yang satu ini juga sangatlah menguntungkan, karena sahabat bisa menjual daging sekaligus terur puyuhnya.

Bisa kita lihat di pasaran, hampir di setiap rumah makan bisa kita temukan dengan mudah telur puyuh yang di jual dengan cara di tusuk seperti sate ataupun di jadikan pentol telur puyuh.

Jadi tidak ada alasan usaha ternak puyuh ini tidak memberikan keuntungan yang baik di masa sekarang dan masa depan.

10. Peluang Usaha Ternak Udang Galah

Buat sahabat yang memiliki tambak air asin, maka ternak udang galah merupakan pilihan tepat buat sahabat, karena usaha yang satu ini juga menjanjikan keuntungan yang besar, karena harga udang galah yang cukup mahal di pasaran dimana mencapat Rp.175.000 per KG.

Jadi, jika sahabat bisa menernak udang galah hingga 1 ton saja, kebayangkan berapa keuntungan yang bisa sahabat dapatkan?

11. Peluang Usaha Ternak Jangkrik

Salah satu potensi pasar yang membuat peluang usaha ternak jangkrik menjanjikan adalah banyak di gunakan sebagai pakan utama ataupun tambahan dari burung berkicau, yang kita tahu menjadi salah satu hobi masyarakat di indonesia.

Selain itu di luar negeri jangkrik juga sudah banyak diolah menjadi tepung jangkrik yang bisa di gunakan sebagai campuran obat obatan dan juga kosmetik.

Jadi, jangan sahabat remehkan peluang usaha ternak jangkrik ini, karena peotensi keuntungannya sangatlah besar.

12. Peluang Usaha Ternak Belut

Selanjutnya ada usaha ternak belut, yang juga merupakan salah satu hewan konsumsi yang cukup di gemari oleh masyarakat dan juga bisa di olah menjadi keripik belut.

Jadi, bagi kita yang ingin budidaya belut gak usaha ragu akan pemasarannya, karena banyak sekali yang membutuhkan belut ini.

Tinggal bagiama sahabat bisa belajar membudiayakan belut degang baik sehingga bisa berkembang biak dengan cepat dan bisa penen dalam waktu yang singkat.

13. Peluang Usaha Ternak Kroto

Koroto merupakan pakan utama burung berkicau yang bisa di temukan di alam, yakni di dalam sarang semut rangrang. Hanya saja seiring berjalannya waktu, kroto sangat sulit di temukan, sehingga akan lebih menjanjikan kalau kita budidayakan sendiri dirumah.

Untuk melakukan ternak krotopun relatif mudah, karena bisa menggunakan toples, paralon. kardus sebagai sarang dari semut rangrang agar bisa menghasilkan kroto.

Jadi sangat mudah bukan?

Kita hanya perlu mencari bibit kroto dan menempatkannya di wadah tersebut, maka kita sudah bisa memiliki usaha ternak yang menguntungkan.

14. Peluang Usaha Ternak Lebah Madu

Seperti kita ketahui, madu merupakan salah satu minuman konsumsi yang sangat menyehatkan dan di anjurkan oleh dokter dan ahli kesehatan, terutama madu asli yang di hasilkan oleh lebah madu.

Jadi, jika berbicara tentang peluang usaha ternak yang menjanjikan maka peluang usaha lebah madu merupakan salah satu yang jangan sampai kita lewatkan, karena jelas memiliki prospek pasar yang tinggi.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar