Ini Yang Dimaksud Dengan Kegiatan Ekonomi Dan Contohnya

Kegiatan ekonomi adalah suatu kegiatan yang dilakukan oleh manusia dalam rangka memenuhi setiap kebutuhan hidupnya yang terbagi dalam 3 jenis kegiatan, yakni kegiatan produksi, distribusi dan konsumsi.

Itulah sekilas tentang yang dimaksud dengan kegiatan ekonomi, yang akan kita bahas pada kesempatan kali ini

Namun perlu juga sahabat ketahui, bahwa kegiatan ekonomi ini terkadang bisa kita lakukan secara sadar dan bisa juga  secara tidak sadar lho dalam kegiatan kita sehari hari.

Kenapa saya katakan kegiatan ekonomi bisa di lakukan secara tidak sadar dan sadar? karena sebenarnya kegiatan ekonomi itu tidak hanya meliputi kegiatan yang berhubungan dengan bisnis dan perdagangannya saja. melainkan juga meliputi kegiatan konsumsi yang kita lakukan sehari hari juga merupakan kegiatan ekonomi yang secara tidak sadar kita lakukan.

Untuk itulah saya kira sangat penting untuk mengetahui apa sebenarnya yang di maksud dengan kegitan ekonomi ini beserta contoh kegiatan ekonomi dalam kehidupan sehari hari. So, yuk langsung saja kita mulai ulasannya.


Macam Macam Kegiatan Ekonomi

Kegiatan Ekonomi

1. Kegiatan Produksi

Yakni suatu kegiatan ekonomi yang betujuan untuk menghasilkan barang dan jasa ataupun menambah nilai guna dari suatu barang demi mendapatkan nilai ekonomis yang lebih. Contohnya seperti perusahaan Pembangkit Listrik Tenga Uap ( PLTU ) yang merubah air menjadi uap dan sebagai penghasil listrik. 

Itu artinya Perusahaan PLTU tersebut melakukan suatu kegiatan produksi karena bisa menghasilkan suatu barang dan menambah nilai guna dari suatu barang. yang tadinya air bisa dirubah menjadi uap sebagai penggerak generator sehingga bisa menghasilkan listrik.

Contoh lain seperti tukang mebel yang merubah kaya menjadi sofa, kursi dan meja. bisa juga di sebut sebagai kegiatan produksi, karena dia berhasil menciptakan suatu barang dan jasa serta menambah nilai gunanya. 

Atau secara sederhana kegiatan produksi bisa kita gambarakan seperti :

Barang mentah / setengah jadi --------------> Kegiatan Produksi -------------> Hasil Produksi

Dimana barang mentah merupakan bahan baku produksi yang belum mengalami pengolahan produksi sama sekali, atau bisa dikatakan bahan yang bersal dari sumber daya alam seperti ( kayu, karet, rotan), hasil pertanian seperti ( jagung, kelapa sawit, kelapa , kopi) dan pertambangan ( batu baru dan minyak bumi ).

Dan barang setengah jadi merupakan : barang yang sudah pernah mengalami proses produksi, namun bukan merupakan hasil akhir yang bisa dinikmati oleh konsumen, cotohnya seperti ( CPO ) yang merupakan hasil produksi dari minyak kelapa sawit, yang masih bisa diolah menjadi minyak goreng dan alat kosmetik yang kemudian baru bisa dinikmati oleh konsumen.

2. Kegiatan Distribusi

Nah dalam menyalurkan barang atau jasa hasil dari kegiatan produksi yang sudah siap di konsumsi masyarakat tentu di perlukan sebuah cara yang baik dan benar agar agar barang hasil produksi itu bisa tiba di suatu tempat dengan waktu yang tepat juga ketika konsumen membutuhkannya. Inilah yang di namakan kegiatan distribusi.

Kegiatan distribusi ini sangat penting dan sangat pital peranannya. karena tanpa adanya distribusi yang baik maka bisa mengakibatkan kerugian di dalam salah satu pihak baik itu pihak yang memproduksi ataupun pihak konsumen.

Cotohnya : Jika para peternak ayam potong tidak bisa mendapatkan jalur distribusi yang baik dan waktu yang tepat dalam memasarkan hasil ternak mereka, maka yang akan terjadi pakan untuk ayam akan semakin bengkak dan mungkin ayamnya bisa keburu mati dan umur ayam terlalu tua.

Atau seperti tempat tempat yang terpencil seperti di daerah papua, karena mereka belum memiliki sarana distribusi yang memadai, sehingga harga barang di sana jauh lebih mahal di bandingkan dengan harga di pulau jawa.

Itulah mengapa kegiatan distribusi ini juga termasuk dalam kegiatan ekonomi.


3. Kegiatan Konsumsi

Kegiatan ekonomi yang terakhir adalah kegiatan konsumsi yakni kegiatan dalam rangka menghabiskan atau mengurangi nilai suatu barang dalam rangka memenuhi kebutuhan hidup merreka. dimana pelaku kegiatan konsumsi ini di sebut dengan konsumen.

Contoh kegiatan konsumsi seperti: menggunakan dan membeli sofa hasil produksi dari mebel, untuk tempat berkumpulnya kelurga ataupun ruang tamu.

Contoh lain seperti pemanfaatan listrik untuk penerangan rumah di malam hari, atau sebagai sumber daya untuk penggunaan alat alat elktronik di rumah dalam rangka pemenuhan kebutuhan makanan. pakaian dll.

Dan perlu sahabat ketahui kegiatan konsumsi ini bukan hanya di lakukan oleh rumah tangga keluarga saja, melainkan bisa juga dilakukan oleh permerintah atau bahkan pihak industri dan perusahaan itu sendiri.

Kenapa?

Karena pemerintah dalam menjalankan roda pemerintahannya juga tentu tidak akan lepas dari kegiatan konsumsi agar pemerintahannya bisa berjalan dengan lancar. misalnya pengadaan bantuan untuk masyarakat miskin, pengadaan rumah murah untuk pegawai negeri, pengadaan rumah dinas untuk anggota DPR dll.

Dan untuk idustri dan perusahaan melakukan kegiatan konsumsi untuk memenuhi kebutuhan akan bahan baku serta perawatan peralatan perusahaan dan juga pengelolan sumber daya manusia di perusahaan agar semua bisa berjalan dengan lancar.

Baca juga :  Daftar lengkap 50 orang terkaya di indonesia

Kesimpulan: 

Yang dimaksud dengan kegiatan ekonomi adalah suatu kegiatan yang meliputi kegiatan produksi, distribusi dan konsumsi. diamana antara satu kegiatan dan kegiatannya yang lain tersebut saling berkaitan dan saling membuatuhkan satu sama lainnya.

Dan jika ada salah satu kegiatan yang tidak berjalan dengan baik. maka bisa dipastikan kegiatan ekonomi tersebut tidak bisa berjalan dengan lancar.


EmoticonEmoticon