Usaha Anda Sedang Sepi Pengunjung? Mungkin Ini Beberapa Penyebabnya

Dalam menjalani usaha layaknya kita sedang menjalani sebuah roda kehidupan, adakalanya kita berada diatas, dan ada kalanya kita akan menghadapi sejuta masalah yang datang tidak ada hentinya.

Apalagi usaha tersebut baru saja kita rintis, maka sahabat jangan kaget jika di awal awal mungkin sobat akan mengalami jualan sepi terus atau bahkan tidak ada pengunjung sama sekali.

Itu bisa di bilang wajar, karena usaha sahabat masih baru dan mungkin saja masih banyak yang belum mengenal usaha kita, atau bisa juga letaknya yang kurang strategis sehingga tidak mudah di jangkau oleh masyarakat.

Namun tentu saja sahabat tidak bisa hanya berdiam diri saja menyikapi usaha yang sepi ini, karena di setiap masalah pasti ada jalan keluarnya, maka lakukanlah evaluasi dengan baik apa yang menjad penyebab dari sepi dan lesunya usaha milik sahabat tersebut, sehingga usaha sahabat tersebut bisa rame pengunjung.

Namun jika sahabat bingung, saya sudah menyiapkan beberapa penyebab yang umum membuat usaha sepi pengunjung, yang semoga bisa menjadi bahan pertimbangan dan evaluasi bagi sahabat semua.


Masalah Teknis

1. Letak Toko Yang Kurang Strategis

Jika usaha sobat sepi, maka alasan utama bisa jadi karena letak toko sahabat yang kurang strategis, seperti jauh dari jalan raya sehingga sangat sedikit sekali yang melihat keberadaan toko sahabat, atau toko sahabat sangat sulit di jangkau oleh kendaraan dan angkutan umum, sehingga para pengunjung males untuk datang kembali ke toko milik sahabat.

Jadi, silahkan evaluasi apakah letak toko sahabat sudah strategis atau belum? kalau ternyata memang kurang strategis, maka alangkah lebih baiknya jika sahabat mencari lokasi toko yang baru yang lebih strategis dan segera pindah kesana.

Namun jika menurut sahabat lokasi toko sahbat sudha strategis, mungkin masalahnya ada pada point kedua .

2. Kebersihan, Kerapian Dan Kenyamanan Toko

Hal ini sangat penting bagi para pembeli dan pengunjung toko, karena mereka tentu akan lebih memilih toko yang bersih dan rapi sehingga memberi kenyaman pada saat mereka berbelanja.

Itulah mengapa toko toko moderen cenderung lebih ramai di bandingkan dengan toko tradisional, karena umunnya toko moderen lebih bisa menjaga kebersihan serta lebih memberikan kenyaman pengunjung saat berbelanja.
Baca juga : Usaha ayam potong masih sangat menjanjikan. Ini alasannya

3. Kelengkapan Barang Yang Anda Jual

Tentu pengunjung akan kecewa jika mereka tidak bisa menemukan semua kebutuhan yang mereka inginkan di toko kita, karena dia harus mencari ke toko lainnya yang berarti membuatuhkan waktu lebih lagi untuk berbelanja, sedang mereka masih ada banyak keperluan lain.

Inilah yang terkadang juga banyak membuat para pembeli enggan kembali lagi berkunjung ke toko sobat, karena barang yang sobat jual di toko sobat kurang lengkap.

Untuk itu alangkah lebih baiknya jika sobat melengkapi semua jenis barang di toko sobat yang sesuai dengan bidang yang sahabat jual, agar para pembeli bisa menemukan semua yang mereka cari di toko kita.

Masalah Non Teknis

Selain masalah masalah teknis diatas, penyebab usaha sepi bisa juga karena masalah masalah non teknis seperti :
jualan sepi terus

1. Kurang Ramah Terhadap Pengunjung

Pernah suatu ketika saya ingin berbelanja ke suatu toko, dan ketika saya masuk dan melihat barang barang di sana, saya menemukan para pelayan toko yang cuek bebek dan tidak tahu menau akan kedatangan pengunjung, tanpa pikir panjang sayapun pergi meninggalkan toko tersebut dan mencari di toko lainnya.

Saya rasa bukan hanya saya saja, hampir setiap pengunjung toko kita tentu ingin keramah tamahan dan sambutan yang hangat dari para pelayan ataupun pemilik toko, sehingga kita bisa dengan mudah menemukan apa yang sedang kami cari.

Nah jika usaha sobat sedang sepi, bisa jadi salah satu penyebabnya adalah mungkin kareana kurangnya keramah tamahan sahabat ataupun karyawan sahabat terhadap pengunjung, sehingga banyak yang enggan dan sungkan berkunjung ke toko sahabat.

2. Tidak Adanya Inovasi

Inovasi itu adalah suatu keniscayaan dalam setiap bisnis. Kenapa? karena setiap saat zaman akan selalau berubah, dan tentu akan seriring juga dengan perubahan selera serta gaya hidup di masyarakat.

Contohnya seperti saat ini, dengan adanya internet kita sudah banyak yang mulai beralih ke metode bisnis online, baik untuk promosi dan pemasarannya, karena memang potensi pasar melalui internet sangatlah menggiurkan.

Dan masyarakatpun sudah banyak yang beralih ke metode belanja secara online karena sistem yang lebih simple, tinggal klik barang datang ke rumah.

Bagi yang tidak mengikuti trends dan tidak berinovasi maka siap siap saja mereka akan tergusur dan gulung tikar. dan terbukti saat ini sudah banyak bisnis Ritel yang mentutup gerainya.

Maka dari itu, apapun usaha sahabat saat ini, pastikan untuk selalu melakukan inovasi baik itu dari sistem kemasan, pelayanan, sistem pemasaran dll.

3. Harga Dan Kualitas Yang Kurang Bersaing

Sudah menjadi sifat konsumen untuk membanding bandingkan harga dari toko yang satu dengan toko yang lainnya. Dan apa jadinya jika mereka menembuan harga yang lebih murah di toko lain dengna kualitas yang setara? tentu mereka akan membelinya di toko yang lebih murah tersebut.

Untuk itu, jika usaha sahabat sedang sepi pastikan sahabat sudah menyesuaikan harga sesuai dengan harga pasaran ya. jangan sampai sahabat menjual dengan harga yang terlalu tinggi di bandingkan dengan toko yang lain.

Kalau bisa malah sebaliknya, sahabat harus menjual dengan harga yang lebih murah. sehinga bisa menarik minat para pelanggan. Caranya? misalnya dengan cara membeli partai atau membeli dari distributor langgsung tanpa perantara.

4. Kurang Menjalin Hubungan Baik Dengan Pelanggan

Pembeli adalah Raja, itu benar adanya karena kita sebagai penjual bisa mendapatkan keuntungan karena adanya pembeli tersebut. untuk itu pastikan kita menjalin hubungan yang baik dengan mereka agar tercipta susana pertemanan yang hangat, sehingga mereka tidak sungkan lagi untuk datang ke tempat kita.

Jangan sungkan untuk bertegus sapa atau sekededar berkenalan dengan para pembeli dan pelanggan, agar kita bisa menjalin hubungna yang baik dengan mereka.

5. Kurang Gencar Melakukan Promosi

Dan yang terakhir penyebab suatu usaha sepi adalah, bisa jadi karena kurang gencar melakukan promosi, sehingga keberadaan toko kita kurang di kenal oleh masyarakat luas.

Padahal promosi ini merupakan hal yang wajib bagi setiap usaha, karena tanpa kita promosikan maka mustahil orang akan mengetahui keberadaan bisnis kita. apalagi jika bisnis tersebut baru saja kita mulai.

Tahu kenapa? karena bisnis yang sudah besar sekalipun mereka tetap melakukan promosi secara berkesinambungan bahkan rela untuk menggelontorkan badget yang besar agar bisa promosi di media media potensial seperti televisi.

Untuk itu, jika memang sahabat belum melakukan promosi bisnis, maka mulai dari sekarang lakukanlah promosi secara berkesinambungan. apalagi saat ini untuk melakukan promosi itu cenderung lebih mudah dengan ada media internet, karena kita bisa mempromosikan bisnis kita melalui sosial media, seperti facebook, intagram, twitter, atau bisa juga melalui marketplace seperti tokopedia, shopee dan bukalapak atau bisa juga dengan cara membuat toko online ata blog sendiri.

Jadi kenapa jualan koq sepi? maka dapat kita simpukan bahwa ada banyak hal yang mungkin tidak kita lakukan atau tidak kita maksimalkan seperti yang sudah saya sebutkan di atas. Maka dari itu lakukanlah evaluasi dan coba terapkan beberapa hal tersebut, semoga bisa bermanfaat.


EmoticonEmoticon