Awal Saya Mengenal Blog Dan Google Adsense Hingga Bisa Menghasilkan Uang

Sebenarnya saya sedikit ragu untuk menuliskan cerita tentang awal saya mengenal blog hingga bisa menghasilkan uang ini, karena saya sendiri bukanlah seorang master blogger, dan diluar sana ada bayak sekali blogger blogger sukses yang jauh lebih hebat dan sukses dari saya.

Tapi karena saya perhatikan masih banyak teman teman saya yang belum banyak mengenal tentang dunia blogging, dan banyak juga diantara mereka yang baru beberapa bulan ngeblog langsung menyerah, maka saya rasa sangat perlu untuk menuliskan sedikit cerita perjalanan blog saya ini

Ya, meskipun perjalanan saya dan blogger lain tidak akan pernah sama, satu hal yang pasti tidak ada sesuatu yang bisa kita raih dengan mudah tanpa kerja keras dan kesabaran tak terkecuali di dalam dunia blogging, apalagi kalau kita belajar ngeblognya dari nol besar.

Ok yuk langsung saja kita mulai corat coretnya :

Awal Saya Mengenal Blog

Awal Saya Mengenal Blog Dan Google Adsense Hingga Bisa Menghasilkan Uang
Awal saya mengenal blog itu sekitar tahun 2012. Pada saat itu saya masih benar benar awam tentang komputer, dan segala sesuatu yang berhubungan dengan internet. Namun karena pada saat itu ada teman sekantor saya yang ikut program investasi online yang bernama JSS tripler, dan diapun mengajak saya untuk gabung, akhirnya saya mulai tertarik dengan dunia internet marketing dan making money online.

Kalau bisa menghasilkan uang dari internet kan enak ( dalam benak saya waktu itu).

Tanpa fikir pajang, sayapun langsung ikut program investasi tersebut dan bergabung sebagai referal dari teman saya, dan mulai melakukan investasi di jss tripler tersebut.

Setelah saya gabung, karena program tersebut menawarkan komisi untuk setiap member yang kita ajak gabung, dari sinilah saya mulai mengenal blog dan belajar membuatnya sebagai sarana promosi program tersebut.

Tapi naas, tak berapalama akhirnya program investasi yang saya ikuti tersebut ternyata scam dan tidak membayar lagi membernya, alhasil hanya kerugian yang saya dapatkan. 

Namun saya tidak menyerah dari pengalaman pahit tersebut, akhirnya saya mencari info tentang konsep bisnis online yang benar benar real dan bisa menghasilkan uang dari internet secara berkesinambungan dan jangka panjang.

Dan dari beberapa artikel yang saya banyak baca pada saat itu, banyak yang merekomendasikan untuk mengikuti program periklanan PPC lokal seperti kumpul blogger dan klik saya (saat itu belum mengenal google adsense).

Dari artikel yang saya baca tersebutlah saya mulai membuat blog baru dengan tema kerja online dengan menggunakan blog gratisan. alamat blog saya saat itu adalah tresna10.blogspot.com.

Dari situ saya mulai membuat beberapa artikel dan langsung mendaftarkannya di kumpul blogger serta langsung memasang iklanya dengan harapan segera mendapatkan penghasilan, bahkan saya sampai mengunjungi beberapa warnet untuk mengunjungi blog saya dan kemudian mengklik iklan sendiri karena ingin membuktikan apakah benar bisa mendapatkan penghasilan dari iklan tersebut.

Namun karena saat itu blog saya masih baru dan pengunjungnya masih sedikit, saya tidak mendapatkan apa apa dari blog saya dan dari program PPC lokal tersebut, bahkan sampai beberapa bulan tetap saja bisa menghasilkan meskipun pada saat itu selalu saya promosikan blog saya di sosmed. Alhasil sayapun menyerah dan memutuskan berhenti dari dunia blogging.

Berhenti Dari Dunia Blogger Selama 3 tahun Dan Kembali Ngeblog Karena Status Teman Di Sosmed


Seperti yang saya ceritakan diatas, karena frustasi dan takkunjung mendapatkan penghasilan dari beberapa ppc lokal yang saya ikuti, saya akhirnya memutuskan berhenti dari dunia blogging, bahkan untuk sekedar membuka sosmed saya benar benar malas.

Hal ini berlangsung cukup lama kurang lebih selama 3 tahun, sampai suatu ketika, tepatnya di pertengahan tahun 2015 saya membaca status salah seroang teman sosmed saya di Google+ ( meskipun gak kenal dengan orangnya) yang mengunggah sebuah foto screen shot penghasilan dia dari google adsense sebesar $1000 dari google adsense dalam satu bulan.

Wow, saat itu hati saya benar benar tersentak membaca status dia, wah ternyata google adsense bisa memberikan penghasilan yang cukup fantastis jika dikembangkan dan dikelola dengan baik.Saya aja kerja di perusahaan sudah bertahun tahun gaji saya nggak sampai separonya.

Wah berarti google adsense ini menjanjikan ya ( dalam benak saya ).

Dari sini semangat blogging saya kembali tumbuh, dan tanpa fikir panjang lagi, saya langsung mencari informasi di google tentang bagaimana cara membuat blog yang bagus dan bisa mendapatkan penghasilan dari google adsense, dan saya baca dengan seksama seluruh artikel yang ada disana.

Dari tutorial turorial yang ada di google tersebutlah, saya mulai membuat artikel di blog di akun blogger lama saya yang dulu saya tinggalkan selama kurang lebih 3 tahun, kebetulan disana masih ada salah satu blog yang pernah saya buat dulu namun masih kosong, tidak ada artikel sama sekali.

Karena berdasarkan artikel yang saya baca, umur blog itu sangat berpengaruh untuk kesuksesan ngeblog, akhirnya saya memutuskan untuk menggunakan blog lama saya tersebut .

Singkat cerita, saya mulai membuat artikel hari demi hari meskipun pada saat itu kemampuan menulis saya benar benar sangat minim dan sayapun sering bingung hendak menulis apa.

Namun karena motivasi saya sudah benar benar bulat, selalu saya tanamkan pada diri saya kalau orang lain bisa kenapa saya tidak? semua hanyalah masalah waktu dan kerja keras saja, kalau saya tekun dan mau belajar secara konsisten maka saya yakin suatu saat pasti saya bisa, itulah yang selalu saya tanamkan pada diri saya.

Baca juga : cara mendapatkan uang dari google

Mulai Mendaftar Google Adsense Dan Gajian Pertama Dari Blog


Sekitar di bulan ke 3, setelah dengan susah payah saya selalu mengupdate artikel setiap hari meski dengan kamampuan SEO yang sangat terbatas, akhirnya pengunjung blog mulai berdatangan meskipun belum banyak.

Dari situ saya mulai memberanikan diri mendaftrkan blog saya di google adsense, dan alhamdulillah di terima setelah mengalami 3 kali penolakan.

Setelah diterima google adsense. saya makin semangat untuk update artikel setiap hari, meskipun pada saat itu penghasilan dari google adsense masih $0, dan tak pernah sampai $1. namun saya tak patah arang dan alhasil bisa gajian petama darii google adsense pada bulan ke 9 saya menekuni blogging secara konsisten.

Tips diterima gogle adsense dalam hitungan jam

Ada Kesalahan Yang Saya Lakukan

Setelah merasakan gajian pertama dari google adsense, saya semakin yakin bahwa menghasilkan uang dari internet itu benar benar nyata, yang membuat saya tambah semangat untuk mengejar mimpi saya untuk bisa mendapatkan penghasilan yang yang cukup dari google adsense.

Tapi ada kesalahan yang saya lakukan, karena saat itu saya mendapatkan saran bahwa kalau mau serius ngeblog maka harus menggunakan domain TLD berbayar, saya langsung membeli domain untuk blog saya dan langsung melakukan costom domain, padahal akun google adsense saya pada saat itu hanyalah akun hosted yang tidak bsa digunakan di blog dengan domain TLD.

Alhasil saya harus mendaftarkan kembali blog saya untuk mengupgrade akun adsense saya, dan alhasil saya mengalami beberapa kali penolakan yang sempat membuat saya frustasi dan malas membuat artikel.

Hal ini sempat berlangsung kurang lebih satu bulan, sehingga membuat perkembangan blog saya sedikit lambat, karena iklan google adsense saya tidak tayang cukup lama. namun karena saya bertekad ingin bisa menghasilkan uang dari blog, saya kembali melanjutkan aktifitas ngeblog saya sembari melakukan upgrade akun adsense, dan alhamdulillah akhirnya di terima.


Tips upgrade akun adsense hosted menjadi non hosted

Akun Google Adsense Harus Saya Jual Untuk Membayar Hutang

Sangat konyol memang, di tengah saya berjuang untuk bisa menghasilkan uang secara rutin dari blog, saya tak punya pilihan lain selain menjual akun adsense kesayangan saya, karena pada saat itu saya harus membayar hutang saya sebesar kurang lebih 13 juta rupiah. 

Dan dengan menjual akun adsense saya, saya bisa menutupi kekurang hutang tersebut karena saat itu akun adsense saya laku terjual sebesar Rp.2.500.000.

Dari kejadian ini, saya kembali Vakum ngeblog hingga 3 bulan lamanya.

Namun karena saya sudah terlanjur cinta dengan dunia blogging, akhirnya saya putuskan untuk membeli akun adsense di beberapa gorup facebook, namun naas karena akun adsense yang saya beli adalah akun adsense bug, akhirnya blog saya di banned oleh google adsense dan tidak bisa menayangkan iklan adsense lagi.

Tak pelak ini merupakan pukulan telak buat saya, yang baru mau merintis kembali sebagai blogger.

Awal Kebangkitan Dan Mulai Bisa Menghasilkan Uang Secara Rutin Dari Adsense

Dari kejadian di banned blog tersebut sempat memuat saya pusing tujuh keliling, karena kalu harus memulai dari nol dan membuat blog baru lagi tentu membutuhkan waktu yang sangat lama untuk bisa gajian rutin dari adsense.

Sampai suatu ketika saya menemukan artikel tentang redirect 301 yang menyatakan bahwa dengan redirect 301 itu kita bisa memindahkan blog lama ke domain blog baru tanpa harus kehilangan traffic dan juga backlinknya.

Nah, tanpa fikir panjang sayapun langsung mencoba dan menerapkan teknik tersebut dengan memindahkan blog saya yang sudah di banned oleh google adsense ke blog kerjaonline.my.id ini, dan alhamdulillah berhasil, karena tak butuh waktu lama, traffic blog lama saya itu bisa pindah di blog saya ini.

Dengan kembali normalnya traffic blog saya yang baru ini, maka semangat ngeblog sayapun kembali menggebu gebu, dan akhirnya saya putuskan untuk membeli akun google adsense kembali, namun kali ini bukan akun bug, melainkan akun adsense tua ( akun th 2008) yang saya beli dari salah seorang di groop blogger, karena dia sudah pensiun dari blog.

Dan alahmdulillah tepat di tanggal 22 januari 2018 kemaring adalah bulan ke 5 saya bisa gajian ruitn setiap bulan dari google adsense.

Sungguh perjalanan yang panjang dan melelahkan memang, karena banyak kejadian kejadian yagn diluar dugaan  yang membuat saya tidak fokus dalam negeblog,

Namun karena saya yakin dan ngeblogpun sudah menjadi hobi saya, alhamdulillah saya bisa mulai menikmati hasil dari blog sekarang, meskipun blom sebesar penghasilan para master blogger.

Namun saya yakin, di tahun ini saya bisa terus meningkatkan penghasilan blog saya, seiring dengan perumbuhan traffic blog yang terus meningkat, dan sayapun memutuskan untuk membuat beberapa blog tambahan untuk mendukung blog utama saya ini.


EmoticonEmoticon