Melirik Peluang Usaha Home Industri Modal Kecil Namun Bisa Memberikan Keuntungan Yang Besar

Sampai saat ini anda masih bingung mau usaha apa? kenapa tidak coba melirik peluang usaha di bidang home industri aja? karena selain tidak memerlukan modal yang besar, peluang usaha home industri banyak yang bisa di kerjakan dari rumah dan dengan memanfaatkan bahan bahan limbah rumah tangga.

Dari pada anda harus mencari kerja kesana kemari namun tidak kunjung mendapatkannya, maka alangkah lebih baiknya menciptakan lapangan kerja sendiri salah satunya dengan bergerak dibidang home indusri ini.

Terutama buat para ibu rumah tangga yang tidak punya banyak waktu di luar karena harus mengurus anak dirumah, jika ingin tetap memiliki penghaislan, maka salah satu caranya adalah dengan merlirik peluang usaha home indusrti seperti beberapa contoh berikut ini.

1. Peluang Usaha Home Industri Daur Ulang Sampah Rumah Tangga

Home Industri

  • Daur ulang sampah anorganik
Ada banyak sekali contoh home industri yang bisa di kembangkan dari sampah anorganik seperti botol plastik, kardus dan plastik sachet yang bernilai ekonomis seperti.

# Membuat Tas Dari Bekas Sachet Kopi
# Membuat Pot Bungan Dari Botol Bekas
# Membuat celengan dari botol bekas
# Membuat Bingkai photo dari kardus

Artikel terkait : 10 ide daur ulang sampah rumah tangga menjadi barang yang lebih bernilai
  • Daur ulang sampah organik
#Pembuatn pupuk kompos
#Pembuatan pupuk oraganik cair
#Pembuatan pakan ternak

2. Home Industri Di Bidang Makanan

  • Home industri Makanan olahan hasil laut dan perkebunan

# Keripik Pisang

Tentu sudah pada tahu donk keripik pisang? cemilan yang enak di santap kapanpun dan dimanapun, serta sehat dan mengandung vitamin. nah ini merupakan salah satu contoh home industri yang banyak di geluti oleh masyarakat, karena bahannya yang mudah di dapat serta pengolahannya yang mudah.

# Sale Pisang

Menurut wikipedia sale pisang merupakan makanan khas dari karang pucung dan mejenang, cilacap. Namun seiring perkembangannya saat ini sale pisang banyak menjadi makanan khas daerah daerah di indonesia seperti aceh dan jawa barat.

Prospek home industri yang satu ini juga cukup bagus, karena sale pisng merupakan makanan yang tahan lama meskipun tanpa pengawet.

# Keripik Singkong

Kalau makanan yang satu ini tentu sudah tidak asing lagi buat kita semua, karena memang singkong merupakan makanan khas indonesia sejak jaman penjajahan belanda dulu, bahkan dahulu kala merupakan bahan makanan pokok nenek moyang kita.

Nah untuk pospek home industri keripik singkong ini saya rasa juga masih sangat bagus, karena sampai saat ini masih memiliki penggemar tersendiri di masyarakat indonesia, terbukti dengan adanya beberapa merek makanan kripik pisang yang sudah di produksi sekala pabrik nasional.

# Keripik Tempe

Kelebihannya dari camilan yang lain, keripik tempe yang berbahan dasar kedelai tentu merupakan camilan yang sehat dan penuh gizi, sehingga sangat cocok buat anak anak yang doyan ngemil tapi ingin tetap sehat.

# Keripik Bayam

Meskipun masih terbilang baru di bandingkan dengan home industri makanan yang lain seperti keripik pisang dan singkong, keripik bayam juga terbukti banyak peminatnya. tinggal bagaimana kita bisa kreatif dalam hal penyajian, rasa, serta kemasan agar terlihat menarik dan lebih ekonomis.

# Keripik pangsit goreng

Contoh sukses dari usaha keripik pangsit goreng ini adalah seperti pemilik Nunutz store, yang terletak di Istana sekar wangi, soekarno hatta, Bandung.

Menurut yang di langsir oleh situs detik.com, bahkan sang pemiliknya yang bernama Riza Rizki hanya merintisnya dengan modal Rp.300.000, namun sekarang sudah menjadi salah satu toko oleh oleh yang tersohor di bandung.

# keripik Belut

Meskipun hewan yang satu ini bentuk mirip seperti ular dan sangat licin, namun karena kandungan proteinnya yang tinggi dan rasnya yang enak banyak yang menggemari kuliner yang satu ini, jadi tak heran jika keripik belut menjadi salah satu home industri yang cukup sukses dan banyak diminati, seperti keripik belut merek Putri Gangga, yang berdasrkan informasi yang di langsir oleh detik.com mencapai omset hingga 80 juta perbulan.

# Kerupuk Ikan

Ikan yang biasanya dibuat kerupuk adalah ikan gabus, parang parang atau bisa juga ikan tengiri. Kalau di daerah saya yang paling banyak di minati adalah kerupuk ikan parang parang dan terngiri, bahkan pemasarannya sudah sampai keluar daerah.

# Amplang Ikan Tengiri

Amplang ini hampir mirip dengan kerupuk namun teksturnya lebih lembut dan krispi serta bentuknya yang bulat atau lonjong. makanan ini juga makanan daerah saya tepanya di daerah kumai, kalimantan tengah. rasanya enak dan gurih. 

Sampai saat ini amplang ikan tengiri ini menjadi salah satu home industri makanan tersukses di daerah saya.

# Kerupuk Basah

Kerupuk basah ini bentuknya hampir mirim seperti empek empek palembang, hanya saja beda di penyajiannya saja, karena harus di goren lebih dahulu sebelum di santap. namuan makanan yang satu ini juga cukup terkenal dan di gemari lho.


# Keripik Ubi Ungu

Keripik ini sempat viral di media sosial, karena keripik ubi ungu ini bisa diolah dengan beraneka ragam rasa, baik pedas maupun manis. 

  • Home industri makanan aneka kue

# Kue Bolu

Seperti kita tahu kue bolo merupakan, kue yang sudah umum di masyarakat, yang sering di sajikan pada saat hari raya ataupun acara acara besar lainnya. nah sebenarnya bisa kita jadikan juga home industri dengan cara mengkreasikannya dengan kemasan yang menarik atau melayani pesan antar.

# Kue Putri Salju

Kue bulat putih yang bertabarunan gula putih lembut seperti salju ini terbilang tahan lama, jadi sangat cocok buat di kembangkan menjadi aneka oleh oleh .

# Pisang goreng Madu

Sebelumnya pernah saya ulas di artikel saya yang lain tentang cerita sukses bu nani soelistiowati pemilik pisang goreng madu bu nanaik. ini menunjukan bahwa kue yang satu ini memiliki potensi yang besar, serta persaingan yang masih sedikit.

# Singong Keju

Jika sahabat pernah melihat acara kick andy tentu pernah melihat seorang mantan nara pidana yang sekarang sukses menjadi pengusaha singkong keju. nah ini menunjukan baha singkong keju memilii prospek yang bagus sebagai home industri.

# Aneka Kue Lebaran

Seperti kita ketahui hari raya lebaran dan hari raya lainnya adalah suatu moment dimana hampir setiap rumah tangga menyediakan kue untuk menjamu tamu dan keluarga besar yang datang, untuk itu meskipun moment ini musiman, namun memiliki potensi keuntungan yang sangat besar.

# Kue Cookis

Aneka kue cookis memiliki rasa yang gurih dan tidak membosankan untuk di santap, so ini juga merupakan peluang usaha yang sangat potensial.

3. Home Industri Di Bidang Kerajinan Tangan

# Lukis wajah di bantal

Seperti Sabrina Adlina, dia berhasil memperoleh omset jutaan rupiah dari keterampilannya melukis wajah di bantal, meskipun sebenarnya hanya berawal dari iseng saja.

# Mengolah Kain Perca

Banyak sekali ke, kerajinan yang bisa kita olah dari kain perca seperti keset, gorden, bantalan kursi, lukisan bahkan kaligradi juga bisa kita oleh dari kain percaya.

#Kerajinan tangan dari rotan

Kerajinan dari rotan ini sudah sangat terkenal akan kualitasnya yang awet dan tahan lama, baik itu di olah menjadi meja, kursi, kap lampu, tas bahkan sepatu.

# Kerajinan tangan dari Kayu

Kalau yang ini mah jangan di tanya lagi yach, karena kayu merupakan bahan yang bisa di bentuk apa saja sesuai dengan kreatifitas dari yang membuatnya dan tergantung dari jenis kayunya.

# Kerajinan tangan dari stik es krim

Sahabat punya hobi makan es krim? maka jangan buang stik es krimnya, karena bisa kita gunakan untuk membuat aneka kerajinan tangan seperti, rumah rumahan, gazebo, ayunan mini, dll. untuk contoh lengkap silahkan sobat search di google dl ya, soalnya saya belum sempat untuk membuatkan artikelnya.

# Kerjainan tangan dari cangkang kerang

Cangkang kerang memiliki beraneka ragam warna dan dan bentuk, hal inilah yang membuat cangkang kerang sangat bagus jika di jadikan beraneka ragam kearjianan seperti pigura, kalung, gelang, pot bungan. lampu hias dll.

# kerajinan tangan dari pasir

Umunya kerajinan tangan dari pasri ini berbentuk kaligrafi atau sebagai warna alami dari berbagai macam peralatan yang kita inginkan.

# Kerajinan tangan dari sedotan

Bentuknya yang sedikit panjang namun lentur memudah kita dalam membentuk sedotan dair plastik untuk beraneka ragam bentuk sesuai dengan yang kita inginkan.

2 komentar

Sip mas, seperti tetangga saya juga ada yang membuat gebrakan baru yakni membuat keripik ikan keting, dan hasilnya sangat menguntungkan dibanding hasil penjualan ikan keting/kating

Ia mas Syamsu, kayaknya kalo di kreasikan hasilnya akan jauh lebih menguntungkan, di bandingkan jika hanya di jual apa adanya. Apalagi jika di tambah dengan kemasan yang menarik serta pemasaran online dan offline akan lebih maksimal lagi


EmoticonEmoticon