Akibat Mengaktifkan HTTPS Di Blog Custom Domain Blogger

Untuk para sahabat blogger yang blognya menggunakan platforn dari blogger.com tentu sudah pada tau donk, bahwa pada beberapa waktu yang lalu, setting https yang dulunya hanya bisa diaktifkan untuk blog yang masih belum di custom domain, alias yang masih berdoamian blogspot, kini sudah bisa diaktifkan juga di blog yang sudah berdomain sendiri seperti blog ini.

Tentu ini merupakan kabar gembira bagi kita semua pengguna blogger.com karena seperti kita ketahui bersama HTTPS atau Hypertext Transfer Protocol Secure merupakan cara paling ampuh untuk menjaga keamanan suatu blog atau website dari serang hacker atupun penjahat dunia maya lainnya. 

Itulah mengapa hampir semua website website besar seperti facebook.com, twitter.com dan juga website perbankan ataupun website pemerintahan semuanya menggunakan HTTPS untuk keamanan website mereka.

Sayapun langsung mengaktifkan HTTPS di blog ini begitu saya mendengar kabar ini, apalagi fasilitas https ini di berikan secara gratis oleh pihak blogger.com.

Tapi berdasarkan pengalaman saya mengaktifkan https kemaren ,ada beberapa hal yang harus sahabat perhatikan sebelum mengaktifkannya karena mengakibatkan beberapa hal yang sedikit membingungkan bagi para pemula seperti :
Baca juga : kisah sukses mantan jurnalis yang bisa meraup miliaran rupiah dari blog

1. Akan Terjadinya Mixed Content Di Blog

Nah ini adalah masalah yang pertama yang akan timbul ketika kita baru saja mengaktifkan https di blog custom domain kita. 

Apa itu mix content? kalau dari artinya bahasanya sih "content campuran" tapi bukan berarti terjadi percampuran artikel ya sob, melainkan artinya adalah adanya campuran penggunan http dan https, baik itu di dalam template blog, widget dan link yang ada di blog kita.

Untuk itu jika sahabat menemukan tanda gembok yang ada di browser sobat tidak berwarna hiuaju seperti gambar dibawah ini.



Itu artinya, blog sahabat belum 100 % aman. karena masih adanya mixed content di dalam template sahabat.

Maka dari itu segera rubah semua link yang masih dalam format http di template sobat menjadi https. Dengan cara.


  • Login di blog, kemudian edit html
  • Selanjtunya tekan "control f" dan ketikan http

Silahkan sobat rubah semua link yang masih menggunakan http menjadi https. namun pastikan jangan lupa juga untuk mencoba setiap link yang di rubah ke https tersebut masih berfungsi atau tidak, jika tidak maka kembalikan lagi ke http dan cari lingk lainnya.

Selesai, sampai disini maka masalah mixed content di blog kita tidak akan ada lagi, dan gembok di broweser akan berwarna hijau yang menandakan situs aman 100 %.

2. Traffic Blog Akan Menurun Untuk Sementara Waktu

Nah selanjtunya masalah yang kedua adalah traffic blog kita akan turun untuk sementara waktu akibat terjadinya perubahan pada situs kita yang sebelumnya hanya menggunakan http menjadi https, bahkan akan terjadi pengidexkan baru di webmaster.

Solusinya adalah dengan membuat properti baru di webmaster tool untuk setiap url dari blog kita yakni : http://kerjaonline.my.id, https://kerjaonline.my.id, http://www.kerjaonline.my.id, dan https://www.kerjaonline.my.id 

Hal ini harus kita lakukan, agar traffic blog cepat stabil dan idex blog dengan menggunakan https juga cepat di lakukan oleh search engine.


3. Iklan Adsense Sering Blank dan penghasilan blog menurun

Nah, untuk sahabat yang memonetisasi blognya dengan google adsense, maka pada saat di awal kita mengaktifkan https maka iklan adsense di blog kita akan sering blank dan penghasilan dari adsense kita akan turun untuk sementara waktu.

Pengalaman saya pribadi, penghasilan adsense bisa turun drastis hingg 50 %, tentu saja ini sempat membuat saya sedikit kaget dan galau, tapi tenang aja, hal ini tidak berlangsung lama koq, cuma berkisar antar 2 s/d 3 hari saja , maka ikalan adsense dan penghasilan blog kita akan kembali stabil.

4. Lebih SEO Friendly Dan Meningkatkan Hasil Serf Di Search Engine

Nah, selain akibat akibat sementara di atas, maka kabar gembiranya adalah, ada dampak permanen yang sangat bagus buat keberlangsungan blog kita setelah mengaktifkan https di blog

Yakni, blog kita akan lebih SEO friendly dan lebih di utamakan di serf mesin pencari google, karena situs situs yang menggunakan https ini cenderung lebih di sukai oleh para pengunjung. yang tentunya akan di sukai oleh google juga.

Demikianlah hal hal yang harus sahabat perhatikan sebelum sahabat mengaktifkan https di blog sahabat yang sudah di custum domain, agar sahabat nanti tidak kaget dan blog bisa cepat kembali seperti biasanya, dan kitapun bisa merasakan manfaat sepenuhnya dari https

4 komentar

Sangat bermanfaat, terima kasih

Berarti harus di Submit ulang artikel sati persatu lagi dong??

Untuk artikel nggak perlu gan Yayan Hardian
yang perlu di submit ulang itu URl blog kita aja, karena kan baru terjadi perubahan, misalnya dari http://www.kerjaonline.my.id menjadi https://www.kerjaonline.my.id, jadi otamatis akan terjadi pengindexkan ulang oleh google, makanya untuk mempercepat pengindexkan kita submit ulang dengan bikin property baru di search console


EmoticonEmoticon