Ini Dia Pengertian Investasi, Manfaat, Serta Jenis Jenisnya

Sahabat tentu pernah dengar donk tentang investasi? kalau nggak. keterlaluan dech. hehe. Tapi sahabat tahu nggak pengertian dari investasi itu sendiri? hayo, saya yakin pasti belum banyak yang tahu ni.

Untuk itulah pada kesempatan kali ini kita akan bahas tuntas apa itu invesatasi, manfaat, serta macam macam investasi yang bisa kita lakukan, terutama di negara kita tercinta ini.

Semoga, setelah kita mengetahui dan memahami arti investasi ini, kita semua jadi lebih semangat lagi untuk berinvestasi demi kehidupan yang lebih baik lagi tentunya. Kenapa? yuk langsung saja kita simak ulasannya dibawah ini.


Investasi Adalah?

apa itu investasi

Menurut wikipedia arti investasi adalah suatu pembelian barang ataupun produksi yang tidak digunakan secara langsung, melainkan digunakan untuk produksi yang akan datang dengan harapan memperoleh keuntungan dimasa yang akan datang.

Dengan kata lain investasi bisa diartikan menanamkan suatu modal di masa kini dengan tujuan untuk mendapatkan keuntungan dimasa yang akan datang dari modal yang ditanamkan tersebut baik berupa barang ataupun uang.

Sedangkan para ahli sendiri mendefinisikan investasi dengan berbagai macam versi tergantung dari sudah pandang mereka sendiri seperti :


  • Menurut Sadono Sukirno
Investasi adalah pembelanjaan dan penanaman suatu modal suatu perusahaan untuk membeli barang dan perlengkapan produksi untuk menambah untuk menambah kemampuan produksi dari suatu perusahaan tersebut.
  • Menurut Hendry Simamora
Investasi artinya suatu aktiva yang dilakukan oleh perusahaan untuk menambah pertumbuhan kekayaan melalui distribusi seperti pendapatan buangan, royalty, pendapatan sewa dll.
  • Menurut Haming Dan Basalamah
Investasi adalah pengeluaran pada saat sekarang untu membeli aktiva real seperti emas, tanah, mobil dan properti, ataupun aktiva keungan seperti saham, reksadana untuk tujuan mendapatka keuntungan yang besar di masa yang akan datang.

Manfaat Investasi

Nah , dari beberapa devinisi investasi di atas, maka bisa kita lihat bahwa pada dasarnya manfaat investasi itu bisa kita rasakan tidak secara langsung melainkan di kemudian hari kelak, seperti.

  • Meningkatkan Aset
Contohnya jika kita pada saat ini membeli sebidang tanah seharaga 20.000.000 , maka 5 sampai 10 tahun kedapan harga tanah yang kita beli tersebut akan meningkat pesat, bahkan hingga berkali kali lipat.

Berbeda jika uang 20 juta tersebut hanya kita tabung saja di bank, maka hingga 10 tahun kedepanpun uang kita tidak akan pernah betambah.

  • Terhindar Dari Inflasi
Masih seperti contoh di atas, misalnnya pada saat ini kita punya uang 20 juta, kemudian hanya kita tabung saja di bank ataupun dirumah, maka 5 sampai 10 tahun kedepan, meskipun uangnya tetap 20 juta, namun pada hakikatnya nilai uang tersebut sudah berkurang, karena dari tahun ketahun harga barang selalu naik seiring dengan perkembangan zaman.

Inilah yang dimaksud dengan terhindar dari inflasi jika kita melakukan investasi dari sekarang.
  • Memiliki Kehidupan Yang Lebih Baik Di Masa Depan
Sebagai manusia, tentu kita menginginkan kehidupan yang lebih baik dimasa depan kelak, misalnya seperti membeli rumah, mobil ataupun membiayai pendidikan anak anak hingga ke perguruan tinggi dimasa yang akan datang.

Nah tentu untuk meraih itu tidaklah mudah dan tidak bisa kita gapai hanya dengan mengandalkan gaji bualan saja, inilah salah satu manfaat dari invesatsi juga, dengan rajin berinvesatasi dari sekarang, meskipun dimulai dari investasi investasi yang kecil, maka akan sangat bermanfaat dimasa yang akan datang.

Jenis Jenis Investasi

Nah sekarang kita sudah mengetahui pengertian serta manfaat di invesatsi, untuk sahabat yang ingin berinvestasi dari sekrang, maka perlu sahabat ketahui jenis jenis investasi di bawah ini.


Adalah jenis investasi yang diperuntukan untuk memperoleh keuntungan dimasa depan dengan jangka waktu yang cukup panjang, contoh deari jenis investasi jangka panjang ini seperti.

Investsi tanah,  Investasi properti, membangun perusahaan, mebangun ruko, invesatasi blog dll, intinya segala sesuatu yang bisa memberikan ketungan terhadap kita dimasa yang akan datang dalam jangka waktu yang cukup lama.

# Investasi Jangka Pendek

Ada juga invesaasi jangka pendek yang bisa kita gunakan untuk mengembangkan aset dengan cepat ataupun sebagai modal untuk bisa berinvestasi jangka panjang seperti :

Forex, Reksadana, Saham, tabungan emas.

Demikianlah sedikit tentang pengertian investasi, manfaat serta jenis jenisnya, semoga bisa bermanfaat untuk kita semua.

2 komentar

wah blognya mantab gan, meskipun tampilannya kecil tapi fokus, saya jadi tertarik untuk menjadi penulis tamu, dan bisa juga kemungkinan menjadi partner, jika tertarik hubungi saya gan, terimakasih
Fb: https://web.facebook.com/hanifnur.rachman.96

Terima Kasih gan, saya memang sengaja pake template minimalis, karena hanya pengen fokus di konten saja, oke gan, nanti kapan kapan saya hubungi


EmoticonEmoticon