Bingung Mau Usaha Apa Ya? Ikuti Tips Berikut Ini

Apakah sahabat sedang bingung mau usaha apa? dan tak tahu mau memilih usaha apa yang cocok dan menjajikan? tenang aja, sahabat menemukan artikel yang tepat, karena disini akan saya bagikan tips ampuh yang bisa di praktekkan oleh siapa saja yang pengen punya usaha tapi bingung  dan tak tahu harus mulai dari mana.

Seperti layaknya saya dahulu ketika saya sedang bingung mau usaha apa? dengan cara yang akan saya bagikan ini. Alahmdulillah akhirnya saat ini saya punya usaha sendiri dirumah yang bisa saya jalankan sembari menjalani profesi sebagai karyawan swasta di kampung saya.

Penasaran? Berikut bebera hal yang harus sahabat lakukan jika sahabat ingin buka usaha tapi bingung mau usaha apa.


1. Rubah Mindset

Ini sangat penting, karena umumnya kita para pemula yang ingin terjun kedunia bisnis pasti akan berfikir tentang bagaimana ya memilih usaha yang bagus?, bisnis apa ya yang menjanjikan?, usaha apa ya yang cocok untuk pemula? , yang mana pertanyaan dan fikiran seperti inilah yang sebenarnya membuat kita bingung.

Padahal semua jenis usaha itu sama saja,  sama sama memiliki peluang berhasil dan berkembang tergantung dari cara kita mengelola dan mengembangkannya. bukan tergantung dari jenis dan bidang usahanya.

Kenapa? karena di semua bidang usaha pasti akan kita temukan mereka mereka yang berhasil dibidang tersebut. itu artinya bukan bidang usahanya yang salah, tetapi kitalah yang tidak tahu mengembangkan dan mengelola usaha tersebut.

So !! rubah mindset kita dan jangan habiskan tenaga dan fikiran hanya untuk memilih dan memilih jenis dan bidang usaha yang akan kita tekuni, melainkan yakinkan diri kita bahwa apapun peluang usaha yang akan kita lakukan pasti akan berhasil jika kita tekun dan sabar dalam menjalaninya.
usaha apa ya


2. Pilih Usaha Yang Sesuia Dengan Hobi

Nah, setelah midset kita benar, maka langkah selanjutnya adalah pilh usaha yang sesuai dengan hobi. Kenapa? karena sesuatu yang kita lakukan berdasarkan kesenangan itu tidak akan pernah jenuh dan bosan kita lakukan, meskipun mungkin belum bisa memberikan hasil yang maksimal.

Nah ini sangat cocok buat kita yang baru belajar usaha, dengan melakukan usaha dibidang yang kita suka, maka kita tidak akan mudah menyerah di awal kita membangun usaha tersebut, karena memang pada dasarnya kita menyukai hal tersebut.

Cotohnya, jika sahabat hobi musik, maka sahabat bisa mencoba untuk jualan alat alat musik, membuka usaha orgen tunggal, pokoknya segala sesuatu yang berhubungan dengan musik.

Contoh lain, jika sahabat hobi menulis, maka sahabat bisa mencoba menjadi penulis lepas. penulis artikel blog, penulis buku self publis atau menjadi seorang blogger.

Intinya, apapun hobi sahabat cobalah cari peluang bisnis disana, saya yakin pasti kita bisa menemukannya.

Baca juga : Cara hobi yang menghasilkan uang

3. Mulai Dengan Usaha Tanpa Modal Uang

Tak dapat kita pungkiri, keterbatasan modal uang merupakan kendala utama yang banyak dialami semua orang dalam keingingannya untuk memulai usaha, yang membuatnya bingung dan pusing tujuh keliling.

Tapi jangan salah lho, tidak semua usaha memerlukan modal uang, apa lagi di zaman internet marketing seperti sekarang, ada banyak koq jenis usaha yang bisa kita lakukan tanpa modal uang, atau dengan hanya bermodalkan kouta internet ajha.

Cotohnya seperti saya sendiri, saat ini saya adalah menjalani usaha sembagai seorang blogger, yang kerjaanya tiap hari cuma nulis dan nulis saja di beberapa blog saya, termasuk salah satunya blog yang sahabat baca ini.

Dan alhamdulillah saya sudah bisa menghasilkan uang dari beberapa blog saya melalui monetisasi iknal google adsense yang saya pasang di blog ini, maka jangan heran, kalau di sela sela artikel yang sahabat baca ini ada beberapa iklan yang saya pasang, ya maklumlah sob, dari situlah saya mendapatkan penghasilan saya saat ini.

Contoh lain sahabat bisa menjual photo di situs situs microstock seperti sutterstcok.com ataupun sahabat bisa jualan online dengan sistem dorpshipper sehingga sahabat tidak memerlukan modal sama sekali.

4. Mulai Dengan Usaha Kecil Kecilan

Nah usaha modal kecil juga sangat cocok buat kita yang sedang bingung mau usaha apa. kenapa? karena umumnya usaha kecil kecilan itu sangat mudah dijalankan dan tidak perlu kahlian khusus.

Tapi kan keuntungan kecil banget?

Ya memang betul, keuntungan yang dapat mungkin tidak begitu besar, tapi coba sahabat fikir dech, kenapa usaha seperti mie instan dengan harga Rp.1500 bisa menjadi suatu bisnis yang besar? padahal keuntungan yang mereka dapat dari 1 piecenya kan bisa dibilang sangat kecil banget.

Nah dari sini maka bisa kita simpulkan, bahwa setiap usah itu bukan tergantung besar kecilnya keuntungan yang kita dapat, tetapi bagaimana cara kita untuk memasarkannya agar bisa mendapatkan banyak pembeli.

Keuntungan yang kecil tidak akan menjadi masalah kalau kita bisa mendapatkan ribuan bahkan jutaan pembeli, ia kan?

5. Usaha Bisnis Online

Beberapa dari kita pasti ada yang bingung mau usaha apa karena keterbatasan waktu dan harus bekerja di kantor setiap harinya. Kalau demikian, maka usaha yang pas buat sahabat adalah usaha bisnis online, karena bisa dikerjakan dimana saja dan kapan saja serta lebih flexibel waktunya.

Di blog ini sudah sangat banyak saya bahas tentang usaha bisnis online ini, ada banyak sekali jenis bisnis online yang bisa kita ikuti seperti :


  • Menjadi seorang blogger
  • Bisnis Affiliasi
  • Dropshipper
  • Menjai penulis tamu berbayar
  • Menjadi seorang content writer
Silahkan sahabat sesuaikan dengan kemampuan dan keinginan sahabat.

Kalau tidak punya keahlian gimana donk? banyak jalan menuju rhoma, kalau kita mau berusaha maka pasti kita bisa. Saya sendiri terjun kedunia blogger pada mulanya adalah seorang yang gaptek sama sekali tentang internet dan komputer, tapi alhmadulillah karena ketekunan dan kesabaran akhirnya sekarang saya tetap bisa exist menjadi seorang blogger.hehe.

Kesimpulan : Bingung mau usaha apa itu adalah hal yang wajar bagi seorang pemula, namun juga bukan suatu alasan dan hambatan untuk kita mulai membangun bisnis kita dari sekarang, karena walau bagaimanapun, menjadi seorang pebisnis adalah jalan yang harus kita tempuh jika kita ingin punya kehidupan yang lebih baik di masa depan.


EmoticonEmoticon