Cara Membuka Usaha Gas Elpiji 3 Kg , 5 Kg Atau 12 Kg Di Rumah

Seperti kita ketahui, saat ini gas elpiji atau ejaan yang benarnya LPG merupakan bahan bakar penggati minyak tanah yang sudah di tetapkan pemerintah sejak beberapa waktu yang lalu, sehigga mau tidak mau, suka tidak suka, semua masyarakat harus beralih menggunakan gas elpiji untuk keperluan memasak di rumah, meskipun tidak sedikit yang masih sangsi untuk menggunakannya, karena banyaknya kasus meledaknya gas elpiji.

Hal inilah yang melatarbelakangi banyak yang melirik usaha gas elpiji sebagai salah satu peluang usaha yang sangat menguntungkan, karena sebagai pengecer gas elpiji kita tidak perlu mencari pembeli dengan susah payah, melainkan pembelilah yang akan mencari keberadaan kita, karena memang merupakan kebutuhan pokok yang sangat penting bagi para ibu ibu rumah tangga.

Selin itu, modal awal usaha gas elpiji 3 kg ini juga bisa di bilang cukup terjangkau, karena hanya perlu bermodalkan bebera tabung gas elpiji saja, sebenarnya kita sudah bisa memuli usaha ga LPG ini dengan menjadi sub agen ataupun pengecer di rumah kita.

Tapi bagaimana cara membuka usaha gas elipiji ini ya? inilah yang akan kita bahas pada kesempatan kali ini, khusus bagi sahabat yang tertarik dengan bisnis ini. Yuk kita simak langkah langkahnya di bawah ini.

1. Menjadi Pengecer

usaha gas elpiji 3kg bagi pemula

Nah ini adalah cara yang pertama untuk sahabat yang ingin membuka usaha gas elpiji dirumah. Cara ini sangat cocok buat sahabat yang hanya punya modal terbatas dan yang baru belajar usaha sendiri, karena cukup dengan modal beberapa tabung saja kita sudah bisa menjadi pengecer gas LPG.

Caranya?

Caranya gampang, sahabat tinggal mencari pasokan gas elpiji dari pengecer lain ataupun dari Agen gas elpiji yang ada di daerah sahabat. Namun jika sahabat ingin punya keuntungan yang lebih besar, maka lebih baik langsung membeli gas elpiji dari agennya langsung, biar dapat harga yang lebih murah untuk dijual kembali.

Tapi perlu izin nggak?

Untuk kelas pengecer gas elpiji tidak di perlukan izin, yang terpenting itu adalah kita bisa mendapatkan pasokan gas elpigi dengan harga yang lebih murah sehingga harga jual kita bisa bersaing di pasaran

Saran saya untuk sahabat yang masih pemula, lebih baik fokus kepada gas elpigi yang 3 Kg aja dulu, karena gas elpiji 3 Kg ini adalah yang paling banyak di cari oleh masyarakat, namun stoknya kadang sangat terbatas, jadi jika sahabat mau sukses jadi pengecer pastikan sahabat menjalin relasi yang baik dengan para agen sehingga bisa mendapatkan jatah untuk di jual kebali setiap agen mendapatkan kiriman langsung dari Pertamina.

Tips sukses lain sebagai pengecer adalah, lebih baik sahabat melayani delivery order, karena saat ini banyak orang yang malas untuk antri dan keluar rumah, sehingga peluang kita untuk mendapatkan pelanggan jadi lebih besar.


2. Menjadi Sub Agen Gas Elpiji

Bagi sahabat yang punya modal usaha lebih, maka menjadi sub agen gas elpiji bisa menjadi pilahan tepat, karena denga menjadi sub agent selain ketersedian stok lebih terjamin, biasanya kita bisa mendapatkan harga diskon yang lebih murah dari agen di bandingkan kita menjadi seorang pengecer.

Caranya?

#. Mengutarakan niat dan mengajukan proposal untuk menjadi sub agent gas elpiji ke agen agen terdekat di tempat sahabat.

#. Menyiapkan modal usaha, karena biasanya sang agen akan memberlakukan minimal pembilian untuk menjadi sub agen minimal 50 s/d 100 tabung tergantun kebijakan dari masing masing agen, dan biasanya kita harus membeli tabung langsung dari agent juga, agar lebih memudahkan kita untuk menjalin kerja sama dengan mereka.

#. Jika terjadi kesepakatan, maka tak lama pihak agen akan melakukan survey tempat usaha milik sahabat, dan sahabat sudah bisa memulai usaha gas elpiji sebagai sub agent sahabat.


3. Menjadi Agen Gas Elpiji

Yang terakhir untuk memuka usaha gas elpiji adalah dengan cara menjadi Agent gas elpiji langsung dari Petamina. Namun sayangnya, untuk menjadi agen ini bisa dibilang tidaklah mudah, karena selain sudah banyaknya agen gas elpiji yang bertebaran di seluruh indonesia, ada sejumlah pesyaratan yang juga harus di penuhi seperti :

#. Harus memiliki badang hukum tetap ( PT/ CV ).

#. Memiliki izin sebagai agent gas elpigi dari pemerintah desa setempat.

#. Memiliki legalitas usaha.

#. Mengajukan froposal ke Pertamina, dengan melampirkan foto terbaru dan foto copy KTP.

#. Menandatangi surat kerja sama yang isinya siap memenuhi segala peraturan yang sudah di tetapkan oleh pihak Pertamina.

#. Menyetorkan modal uang sebagai deposit ke pihak Pertamina pusat.

Jadi untuk cara ketiga ini, kayaknya tidak cocok untuk pemula, dan lebih dikhusukan kepada para pengusaha ataupun pemilik modal yang ingin terjun kebidang usaha gas elpiji.

So !! silahkan sahabat pilih ya mau yang mana?


Kelebihan Dan Kekurangan Usaha Gas Elpiji

Nah, setiap usaha tentu ada kelebihan dan kekurangannya, tak terkecuali dengan usaha gas elpiji, kelebihan dari usaha ini adalah sangat mudah di jalankan dan tidak perlu repot repot mencari pembeli, karena masyarakat sendirilah yang akan datang langsung ke pencer, sub agent maupun agen untuk membeli gas elpiji.

Hal ini terbukti dengan tidak pernah sepinya agen gas elpiji setiap ada produk yang baru datang dari pertamina, bahkan saya perhatikan sampai masyarakat rela antri.

Namun kekurangannya adalah untuk gas elpiji 3 Kg, sering kali terjadi kelangkaan stok dari pihak Pertamina sehingga sering terjadi kekosongan di agen. Nah jika ini terjadi maka solusinya adalah dengan menyediakan gas elpiji 5 kg yang harganya cukup terjangkau dan stok jarang sekali kosong.

Demikianlah sedikit ulasan tentang membuka usaha gas elpiji 3 Kg. 5 Kg atau 12 Kg di rumah, semoga bisa bermanfaat untuk kita semua.

4 komentar

Gimana caranya buka sub gas

Coba datang aja langsung ke agen gas elpiji di daerah Agan, tanya aja apa masih bisa jadi sub agen gas elpijinya

Sy jd terinspirasi untuk mulai usaha jd pengecer gas elpiji dulah,trmksh lho idenya,modal ga bnyak,barang ga cpt busuk,dam selalu dicari orang,

ok, sama sama, semoga sukses ya


EmoticonEmoticon