Bingung Gak Punya Uang Dan Kerjaan Sama Sekali? Ini Dia Solusinya

Gak punya uang dan kerjaan adalah 2 hal sangat menjengkelkan dan juga membuat kepala pusing tujuh keliling. karena selain kebutuhan hidup yang tidak bisa ditunda setiap harinya, tak punya uang dan kerjaan juga akan mengancam masa depan anda kelak.

Apalagi buat anda yang sudah memilii istri dan anak, tentu saat saat seperti ini merupakan saat yang sangat berat buat anda, karena anda tidak hanya memikirkan untuk diri anda sendiri melainkan juga untuk anak dan istri anda juga.

Namun dengan demikan, seberat apapun keadaan yang harus anda jalani, jangan sampai membuat anda stres dan putus asa, karena Tuhan tidak akan menciptakan masalah tanpa jalan keluar dan Tuhan tidak akan memberikan cobaan jika hambanya tidak mampu untuk menjalaninya.

Dan sebenarnya juga masih ada banyak hal yang bisa anda lakukan ketika anda tidak punya uang agar bisa bertahan hidup diantaranya:
solusi tidak punya uang


1. Jual Barang Bekas Ataupun Yang Masih Berharga

Dirumah, anda tentu masih memiliki sejumlah barang bekas ataupun barang yang masih berharga. Nah, jual saja barang tersebut agar anda bisa memenuhi kebutuhan hidup anda sementara tanpa harus berhutang, yang kadang malah justru bisa memperburuk keadaan.

Anda bisa coba menjual barang barang tersebut secara online melalu media sosial seperti facebook, disana ada banyak sekali komunitas komunitas jual beli barang bekas dengan anggota puluhan ribu, sehingga sangat memungkinkan banyak yang bermintat jika memang barang tersebut masih layak pakai.

Atau anda bisa menjualnya kepada tetangga ataupun teman siapa tahu merreka membutuhkan barang tersebut.

Jika tidak punya barang yang bisa dijual giamana donk?


Maka mau tidak mau anda harus bisa mencari pinjaman uang kepada saudara ataupun teman, dengan catatan anda harus bisa menggunakan uang tersebut dengan bijak agar anda bisa dengan cepat mengembalikannya.

2. Berjualan Makanan Atau Minuman

Nah setelah anda mendapatkan uang dari hasil jual barang bekas ataupun dari hasil pinjuaman, maka jangan gunakan uang tersebut hanya untuk membeli makanan saja, melainkan gunakanlah uang tersebut untuk berjualan makanan dan minuman, agar anda bisa mendapatkan penghasilan rutin.

Kenapa berjualan makanan dan minuman? karena untuk memulai bisnis minuman tidaklah di perlukan modal besar koq. tapi memiliki potensi keuntungan yang cukup besar.

Contohnya seperti jualan es kelapa muda, jualan es tebu, jualan es campur, jualan es buah atau jualan gorengan dan sarapan, saya rasa tidaklah diperlukan modal yang terlalu besar, namun sangat banyak peminatnya.

Sahabat bisa mencoba berjualan di piggir jalan raya yang ramai asalkan tidak menggangu lalu lintas dan minta izin kepada pemiliknya.

3. Memancing

Selanjutnya jika anda masih bingung gak punya uang dan bingung mau kerja apa? maka sahabat bisa melakukan aktifitas memancing. Kenapa memancing? karena selain bisa menghilangkan suntuk dan stres, kalau ada rezeki maka anda bisa mendapatkan udang ataupun ikan yang bisa anda jadikan lauk dirumah, ataupun bisa dijual untuk mendapatkan uang.

Seperti ditempat saya yang paling populer untu kegiatan mengisi waktu luang ataupun mencari penghasilan tambahan adalah memancing udang galah karena harga perkilonya yang cukup lumayan yakni Rp.100000 per kilogram.

Atau bisa juga memancing ikan gabus yang lebih mudah untuk didapatkan, karena haibitat ikan gabus yang mudah berkembang biak dimana saja ada sungai ataupun parit.

4. Berkebun

Selain memancing solusi tak punya uang sama sekali selanjutnya adalah berkebun atau berocok tanam, baik itu buah buahan, sayur mayur atau umbi umbian merupakan jenis tanaman yang sangat mudah untuk ditanam dan bisa menopang kebutuhan hidup anda.

Jika anda tidak punya lahan, maka anda bisa mencoba meminjam lahan kosong kepada tetangga atau desa, saya yakin mereka akan dengan senang hati meminjamkannya, jika memang tanah mereka tersebut kosong dan terlantar.

Di kampung tempat saya tinggal sendiri banyak yang melakukan hal ini, banyak yang meminjam lahan yang tidak terpakai kepada pemiliknya, dan mereka dengan senang hati meminjamkannya karena mereka juga mendapatkan keuntungan dengan terawatnya lahan dan tanah mereka, jika ada yang mengelolanya.

5. Dapatkan Uang Dengan Menulis Artikel Di Blog

Bagi anda yang memiliki keahlian menulis, maka solusi saat tidak punya uang adalah dengan menjadi penulis artikel di blog blog yang menerima penulis tamu berbayar seperti klikmania, babe, dan situs situs lainnya ( silahkan anda cara di google dengan keyword penulis tamu berbayar). Maka anda akan banyak menumukan blog atau website yang menerima kerja online mengetik, jika artikel yang anda buat sesuai dengan kriteria yang mereka butuhkan.

6. Mencari Pekerjaan Di Situs Situs Freelance

Selanjutnya anda bisa juga mencoba mencari pekerjaan di situs situs freelacne online seperti sribulancer.com, freelance.co.id, project.do.id dan masih banyak yang lainnya.

Disana ada banyak sekali orang orang yang memerlukan tenaga frelance untuk berbagai kategori pekerjaan seperti, input data, desain grapic, menulis artikel dll.

Silahkan sahabat baca lebih lanjut : 7 tempat mencari pekerjaan online gratis di internet

7. Mencari Kerang

Selain memancing, hal mudah yang bisa sahabat lakukan pada saat ga ada uang adalah mencari kerang, di pinggir pantai ataupun di sungai sungai kecil, biasanya ada 2 jenis umum kerang yang umum banyak dikonsumsi masyarakat adalah yang hidup dilumpur dan juga hidup di pasir pantai.

Untuk menemukannyapun tidaklah sulit, karena cukup dengan menggunakan alat bantu seperti garuk ataupun parang untuk mendeteksi keberadaan kerang yang biasanya bersebunyi ditumpukan lumpur dan pasir anda sudah bisa menemukannya.

Demikianlah sedikit tips beberapa hal yang harus dilakukan ketika tidak punya uang biar tidak pusing tujuh keliling, semoga bisa bermanfaat untuk sahabat semua.


EmoticonEmoticon