Cara Mengelola Keuangan Pribadi Agar Punya Masa Depan Cerah

Mengelola keuangan merupakan hal yang sangat penting bagi setiap individu di dunia ini, Seperti kata pepatah " Bukan seberapa besar penghasilan yang bisa kita dapatkan melainkan seberapa besar uang yang dapat kita simpan dan berpa banyak uang tersebut bisa bekerja untuk anda".

Kenapa demikian? Karena jika penghasilan kita setinggi langit sekalipun kalau pengeluarannya juga sama besarnya, maka sama saja, dimasa depan kita tidak bisa memiliki apa apa.

Untuk itulah mengapa banyak para pakar keungan yang menekankan pada cara kita mengelola keuangan bukan pada seberapa besar kita mendapatkan penghasilannya, karena pecuma saja kita bisa mendapatkan penghasilan yang besar namun kita tidak mengelola uang tersebut semua akan berkahir sia sia.

Makanya jangan heran jika mungkin sahabat  sering mendapati para miliarder yang bangkrut, orang kaya yang jatuh miskin, itu semua karena mereka tidak bisa mengelola keuangan dengan baik.

Nah untuk itu kali ini kerjaonline ingin berbagai tips mengatur keungan pribadi dan usaha agar tidak boros dan bisa terus berkembang dari tahun ke tahunnya, dan tentunya masa depan yang cerah akan menanti kita semua . Yuk langsung saja kita simak ulasannya dibawah ini.


1. Buat Daftar Pengeluaran Wajib ( Tidak Bisa Di Tunda )

Cara Mengatur Keuangan

Ini adalah yang paling penting dalam mengatur dan mengelola keuangan, karena kita semua tentau memiliki pengeluran wajib setiap bulan yang tidak bisa kita tundah ( wajib di bayar), dengan membuat daftar pengeluaran wajib tersebut, maka akan selalu mengiangatkan kita bahwa dari penghasilan kita setiap bulan itu tidak semua hak kita melainkan sudah ada pos pos yang menunggu.

Hal ini untuk menghindari kita merencanakan membeli sesuatu yang melebihi ambang batas penghasilan kita sebelum di potong oleh pengeluaran wajib yang akan menyebabkan kacaunya keuangan, bahkan bisa berdampaf pada timbulnya hutang disana sini.

Terutama buat pengeluaran wajib yang cukup besar sepert listrik, pulsa, pdam, cicilan.

2. Buat Daftar Pengeluran Untuk Kebutuhan Pokok

Selain pengeluaran wajib, manusia juga memiliki pengeluaran untuk kebutuhan pokok seperti makanan, pakaian, alat alat rumah tangga, perlengkapan mandi dll. 

Ini juga sangat penting untuk kita buatkan daftar apa saja yang mau kita beli setiap bulannya, agar kita bisa tahu berapa jumlah pengeluaran yang di butuhkan untuk kebutuhan pokok tersebut dan jangan sampai terjadi penumpukan barang.

Dengan membuat daftar kebutuhan pokok ini juga bisa menghindarkan kita dari membeli barang barang yang belum kita butuhkan, karena seperti kita tahu jika kita berbelanja di mall ataupun super market terkadang kita mudah tergoda untuk membeli semua barang di sana, padahal belum begitu kita perlukan.

3. Hindari Berhutang

Sebisa mungkin hindari hutang, karena dengan berhutang kita akan sangat sulit mengontrol pengeluaran kita, apalagi jika berhutang untuk keperluang pokok kita dirumah, kebiasan berhutang terkedang membuat kita tambah boros, karena kita merasa bisa mengambil barang seenak saja saja, tapi begitu tiba saanya harus membayar, akhirnya kita kaget karena ternyata jumlah yang harus kita bayarkan cukup banyak.

4. Jangan Sering Makan Di Luar Rumah

Sekali kali mungkin tidak masalah, tapi coba dech sahabat bandingkan pengeluaran sahabat pada saat makan diluar rumah dengan memasak sendiri di rumah, sangat jauh bukan perbedaannya?

Yupz, itu karena memasak sendiri itu memang jauh lebih hemat, karena harga bahan bahan mentah yang kita dapat di pasar juah lebih murah di bandingkan yang sudah di masak apalagi yang sudah masuk restoran.

Bagi kita yang ingin memiliki keuangan yang baik, maka menghindari makan di luar rumah adalah pilihan yang sangat bijak untuk bisa menghemat pengeluaran.

5. Sisihkan 1/3 dari penghasilan untuk menabung

Berapa besarpun penghasilan yang kita dapatkan, sebisa mungkin untuk menyisihkan 1/3nya untuk kita tabung, terutama di awal gajian ( bagi para karyawan) ataupun setiap mendapatkan penghasilan ( bagi yang wirausaha).

Ini sangat penting, karena tanpa memiliki tabungan lantas bagaimana kita bisa mengembangkan keunganan? baik itu untuk wirausaha ataupun investasi semuanya memerlukan modal.

Untuk itu paksakan diri untuk bisa menabung, meskipun itu kecil, asalkan dilakukan secara konsisten maka suatu saat akan terlihat hasilnya.

6. Lakukan Investasi

Setelah kita bisa menabung, maka jangan diamkan saja tabungan kita di bank, karena itu hanya akan memperlambat perkembangan uang kita, tetapi setelah uang tabungan kita cukup banyak maka gunakan untuk berinvestasi yang terbukti lebih efektif dan efisien untuk mengembangkan keuangan.

Investasi yang paling bagus adalah investasi investasi jangka panjang seperti : investasi tanah, investasi property, emas yang merupakan produk produk yang memiliki harga selalu berkembang dari tahun ketahunnya.

7. Menahan Diri

Satu hal lagi yang paling penting dalam mengatur keuangan adalah menahan diri untuk tidak membeli barang barang yang tidak kita butuhkan, dan menahan diri untuk selalu makan dan belanja diluar karena kebiasan kebiasan tersebut tanpa sadar kadang membuat kita sangat boros dan pengeluaranpun tidak terkendali.

Untuk itu, biasakan diri untuk komitmen terhadap perencanaan pengeluaran yang sudah sahabat buat di awal.

8. Selalu Ingat Masa Depan

Mengatur keuangan itu memang tidak gampang, karena terkadang ada saja godaan yang membuat kita tidak displin dan tidak bisa menahan diri untuk memenuhi semua keinginan kita.

Untuk itu sangat penting untuk sahabat selalu mengingat masa depan, agar kita selalu sadar bahwa hidup itu bukan untuk saat ini saja, melainkan yang lebih penting adalah untuk mada depan kita kelak.

Karena kita tidak mungkin selamanya hanya bekerja dengan mengandalkan tenaga saja, yang suatu saat akan lemah, melainkan kita harus bisa menciptakan suatu aset yang suatu saat bisa bekerja untuk kita, disaat kita sudah tidak bisa bekerja lagi.

9. Cari Penghasilan Tambahan

Hanya mengandalkan gaji bulanan saja tentu akan sangat sulit bagi kita untuk mengelola keuangan dengan baik, untuk itu salah satu jalan terbaiknya adalah dengan mencari penghasilan tambahan di luar pekerjaan utama kita.

Tapi kerja apa?

Tenang aja, dimana ada kemauan disitu pasti ada jalan, misalnya dengan cara mencari penghasilan tambahan dari internet, yang saat ini sudah banyak dilakoni oleh anak anak generasi saat ini.

Seperti bisnis affiliasi, droshipper, jualan online, ataupun menjadi seorang blogger seperti saya.

Demikian cara mengelola keuangan pribadi agar punya masa depan yang cerah, semoga bisa bermanfaat untuk kita semua.


EmoticonEmoticon