Bagaimana Cara Menjadi Pengusaha Yang Sukses Dari Nol Di Usia Muda

Jika di tanya apakah anda ingin jadi pengusaha sukses? dengan tegas, saya yakin semua orang akan menjawab " Ya " . karena siapa sih yang tidak ingin menjadi seorang pengusaha sukses dengan segudang kemewahannya, serta bisa mewujudkan semua yang dia inginkan.

Tapi masalahnya menjadi pengusaha sukses, apalagi di usia yang masih muda itu tidaklah mudah, karena dibutuhkan kesabaran serta proses yang panjang sebelum akhirnya mereka bisa mewujudkan kesuksesannya dan menjadi seorang pengusaha.

Seperti yang sudah saya tulis diartikel saya yang lain tentang kumpulan kisah pengusaha sukses dari nol keseluruhan dari mereka tidak ada seorangpun yang meraih kesuksesannya dengan mudah, melainkan melalui proses jatuh bangun dan ketekunan yang tinggi sampai akhirnya mereka bisa meraih kesuksesan .

Itulah mengapa banyak para "calon pengusaha"  yang berhenti ditengah jalan, karena tidak tahan dan sanggup menanggung beratnya cobaan serta penuh ketidakpastiannya dunia usaha.

Tapi dimana ada kemauan disitu pasti ada jalan, kalau kita ingin sukses maka kita harus menempuh jalan yang pernah dilaui oleh mereka para orang sukses. Apalagi buat sahabat yang masih berusia muda, pejalanan sahabat masih panjang, dari pada sahabat gunakan untuk hal hal yang tida bermanfaat. lebih baik sahabat gunakan untuk belajar cara menjadi seorang pengusaha sukses sejak dini.

Sehingga suatu saat nanti ketika sahabat beranjak dewasa, maka sahabat sudah bisa mandiri atau bahkan sudah memiliki usaha sendiri.

Contoh pengusaha muda yang sukses dari nol adalah yasa singgih yang berasil meraih kesuksesannya di usianya yang belum genap 20 tahun, dan hebatnya lagi di memulai usahanya benar benar dengan modal kecil, karena dia hanya bermodalkan pinjam baju dari tanah abang dan menjualnya melalui internet.

Jadi jika sahabat beranggapan menjadi pengusaha sukses di usia muda itu mustahil maka buang buang jauh fikiran itu, karena sudah banyak yang membuktikannya. tapi bagaimana cara menjadi pengusaha yang sukses di usia muda tersebut?

Berikut step by step yang harus sahabat lakukan :
cara menjadi pengusaha sukses


1. Persiapkan Mental 

Meskipun dunia usaha merupakan dunia impian semua orang, namun seperti kita ketahui untuk berada di puncak kesuksesan sebagai seorang pengusaha itu tidaklah mudah, karena penuh dengan ketidakpastian dan jalan yang terjal yang tak jarang membuat kita lelah dan putus asa.

Jadi kalau sahabat tidak memiliki mental yang kuat, maka saya jamin sahabat akan menyerah di tengah jalan sebelum akhirnya sahabat bisa jadi pengusaha yang sukses.

So !! dari awal memulai usaha, sebaiknya sudah sahabat persiapkan mental sahabat untuk menghadapi hal hal teruruk yang akan sahabat alami. Sehingga seandainya sahabat mengalami hal terburuk sekalipun sahabat sudah siap ( Meskipun kita tetap berharap yang terbaik tentunya).

Tinggalkan juga mental mental karyawan yang selama ini melekat pada diri kita, yang mengajarkan kita untuk selalu tergantung pada perusahaan dan menerima apa adanya yang sudah perusahaan berikan.

Padahal sebagai manusia yang punya kelebihan kita pasti bisa lebih dari itu dan kita bisa mencpitakan peluang usaha dengan menjadi seorang wirusahawan.

Baca juga : kiat hidup sukses bagi generasi milenial

2. Persiapkan Kemampuan

Jika kita sudah memiliki mental sekuat baja layaknya gatot kaca, maka yang tak kalah penting lagi adalah mempersiapkan kemampuan, ini sangat penting karena mental kuat saja, takkan mampun merubah apa apa kalau kita tidak memiliki keterampilan dan kemampuan.

Namun yang perlu digaris bawahi, kemampuan yang saya maksud disini bukan berarti kita yang tidak memiliki background pendidikan tinggi ataupun keterampilan. melainkan mempersiapkan kemampun yang saya maksud adalah dari awal memulai usaha jangan sampai kita hanya fokus kepada hasil dan hasil saja.

Melainkan fokuslah kepada pengasahan sklill dan pengalaman dari apa yang sedang kita lakukan, sehingga kita tidak terjebak kepada keinginan cepat berhasil, padahal kita memulai usaha dari nol besar.

Semisal sahabat ingin menjadi blogger sukses, maka dari awal sahabat membuat blog yang harus sahabat fikirkan adalah bagaimana sahabat belajar dan praktek secara langsung untuk mengasah kemampuan sahabat didunia blogging dan internet marketing, sehingga hasil nanti akan mengikuti.

Jangan sebaliknya, dari awal ngeblog sudah langsung ingin menghasilkan uang sehingga lupa untuk mengasah keterampilan diri dan menggunakan cara cara curang untuk bisa dengan cepat menghasilkan uang dari blog. begitulah kira kira.

3. Buat Planning Yang Jelas

Seperti kata pepatah, melakukan sesuatu tanpa rencana, maka itu artinya sahabat merencanakan kegagalan sahabat.

Ya itu benar adanya, karena tanpa rencana yang jelas maka sahabat bagai berlayar di samudera luas tanpa tujuan, terombang ambing oleh arus ombak yang tak tahu akan membawanya kemana.

Jadi, dari awal sahabat hendak memulai usaha maka sahabat harus memubat rencana sedetail mungkin tentang.

  • Produk yang akan sahabat jual
  • Mendapatkan produk dari supplier
  • Lokasi usaha yang akan kita gunakan
  • Cara pemasaran
  • Cara promosi
Semua itu sudah harus tertuang dengan jelas didalam rencana kerja sahabat. lebih bagus lagi kalau semua planing itu sahabat catat dan selalu dinginat.


4. Jalani Dan Nikmati Prosesnya

Ini adalah yang paling berat dan banyak orang yang tidak mau menjalaninya, padahal tanpa proses maka mustahil kita bisa sukses. Karena bahkan untuk membuat mie instan yang katanya bisa langsung di makan, tetap saja kita harus memasaknya dengan air panas, menambahkannya bumbu bumu agar kita bisa menikmati dengan penuh kelezatan.

Begitu juga jika sahabat ingin jadi pengusaha sukses, apapun yang terjadi maka jalani dan nikmatilah prosesnya walaupun mungkin belum sesuai dengan apa yang sahabat inginkan, karena memang itulah yang harus sahabat jalani sebelum merasakan kesuksesan.

Jangan percaya jika ada orang yang mengantakan bisa menjadi pengusaha sukses dalam satu malam, karena jika memang itu benar, maka seluruh manusia di muka bumi ini akan memilih jadi pengusaha.

Jangan percaya dengan orang yang mengatakan punya trik khsus untuk bisa jadi pengusaha sukses dengan mudah, karena jika memang itu benar tidak mungkin dia berusuah payah untuk mengajarkannya kepada orang lain dengan imbalan uang recehan.

Ia nggak?

NIkamati dan jalani saja prosesnya, maka sahabat akan mendapatkan kesuksesan pada waktunya.


5. Pandai Melihat Peluang 

Selanjutnya yang tak kalah penting jika sahabat ingin menjadi pengusaha sukses adalah, harus padai melihat peluang yang ada disekita lingkungan kita.

Maksunya adalah, sahabat harus mampu melihat mana bisnis yang mampu berkembang kedepannya, mana bisnis yang hanya musiman, dan mana bisnis yang tidak ada matinya.

Seperti saat ini, bisnis yang sedang trending adalah bisni dengan konsep online marketing, baik itu dalam bentuk toko online ataupun berjualan dengan menggunakan marketplace yang ada.

Maka sahabat harus mampun melihat dan mengambil peluang ini, karena kedepan sistem bisnis online akan semakin merkembang seiring dengan perkembangan internet yang semakin pesat, dan terbukti banyak ambruknya bisnis bisnis konvesional yang tidak mau berhijrah menggunakna konsep bisnis online.


6. Belajar Dari Mereka Yang Sudah Sukses

Jika kita berteman dengan tukang minyak wangi, maka sedikit banyak kita akan kecipratan bau wangi dari minyak wangi yang dia jual, jika kita berteman dengan pandai besi, maka sedikit banyak kita akan kecipratan panasnya api yang dia gunakan.

Begitulah kira kira, jika kita ingin menjadi pengusaha sukses maka betemanlah dan belajarlah dari mereka mereka yang sudah sukses, karena dari mereka kita bisa belajar bagamana mereka mengelola sebuah bisnis hingga bisa besar.

Dari mereka juga kita bisa belajar bagaimana mereka mengelola keuangan dengan baik, melakukan pemasaran dan lain sebagainya.

7. Evaluasi Apa Yang Telah Kita Lakukan

Sudah sekian lama sahabat terjun didunia bisnis namun tidak berhasil jua? berarti ini saatnya sahabat melakukan evaluasi terhadap hal yang sudah sahabat lakukan selama ini, karena mungkin ada beberapa hal yang sahabat lakukan yang ternyata menghambat kesuksesan sahabat.

Karena sebagai manusia biasa tentu akan ada banyak hal yang terlewatkan meskipun terkadang sudah kita rencanakan sedemikian rupa, untuk itulah mengapa melakukan evaluasi ini sangat penting.

Bandingkan apa yang sudah sahabat lakukan selama ini, denan mereka mereka yang sudah sukses, apa sahabat sudah melakukan hal yang sama atau belum, atau jangan jangan malah selama ini sahabat melakukan banyak hal yang salah.

Demikianlah sedikit ulasan tentang cara menjadi pengusaha sukses, semoga bisa bermanfaat untuk sahabat semua.


EmoticonEmoticon