Cara Setting Ad Balance Yang Tepat Untuk Meningkatkan Bpk Adsense

Fitur ad balance ini sebenarnya sudah cukup lama diluncurkan oleh pihak google adsense, hanya saja masih banyak blogger yang belum tahu bagaimana sebenarnya melakukan setting adbalance yang tepat di dalam blog mereka agar mendapatkan hasil yang maksimal sesuai dengan fungsinya.

Sesuai dengan yang diutarakan oleh pihak google, ad balance ini adalah untuk mengatur agar iklan yang kita tampilkan di blog kita adalah hanya iklan iklan yang potensial yang memberikan bayaran yang cukup tinggi.

Karena seperti kita ketahui nilai dari pengiklan satu dan yang lainnya tentu berbeda beda, tergantung dari seberapa besar budget yang mereka miliki, serta tergantung dari siapa yang memasang iklannya tersebut. Fitur ad balance ini diharapkan mampu menjawam semua keluh kesah para publisher adsense selama ini, terutama untuk blog bahasa indonesia yang terkenal dengan CPC yang sangat kecil

Itulah yang membuat banyak blogger penasaran dengan fitur yang satu ini, termasuk saya sendiri, di awal awal peluncuran ad balance ini saya pernah mencoba dengan melakukan setingg ad balace dengan setingan sebesar 85 %. namun setelah saya tunggu beberapa hari tetap saja tidak ada perubahan.

Mungkin settinganya kurang besar ( dalam benak saya) akhirnya saya putuskan untuk merubah setinggan ad balance akun google adsense saya menjadi 75 % dengan harapan bisa mendapatkan hasilnya.

Namun setelah kembali menunggu, tetap saja tidak ada perubahan, alhasil sayapun memutuskan untuk mengembalikan setinggan adbalance kembali ke 100 %, karena saya tidak ada perubahan yang saya dapat.

Pada saat itupun ketika saya search di google tentang pengaturan ad balance ini saya belum bisa menemukan tutorial yang tepat. jadi ya sudahlah saya putuskan untuk tidak mengaktifkannya.

Baca juga : Cpc adsense meningkat setelah tidak share artikel ke sosmed


cara setting ad balace yang tepat
Setting adbalace yang tepat adalah dengan melakukan trial error sampai menemukan hasil yang tepat

Namun aneh, setelah saya setingg ad balace menjadii 100 % malah terkadang saya bisa mendapatkan BPK yang cukup besar di hari hari tententu, dari sinilah saya simpulkan mungkin adbalance ini tidak cocok dengan blog saya. hehe.

Begitulah ceritanya awal perkenal saya dengan fitur terbaru dari google adsense ini kurang begitu berkesan dan sayapun berhenti melakukan experiment, sampai tiba masa kelam bagi para publisher adsense yakni pada awal tahun 2018 kemaren yang mana banyak yang mengeluhkan anjloknya nilai Bpk adsense di blog mereka.

Dan itulah juga yang saya rasakan, karena bpk pada bulan januari itu anjok sampai 50% dibandingkan Bpk pada bulan bulan sebelumnya.

Dengan kejadian ini, saya kembali terpanggil untuk mencoba pengaturan adbalace, dan kali inipun tak tanggung tanggung, saya langsung melakukan setting adbalace hingga 50 %, dengan harapan bisa memulihkan dengan segera bpk adsense yang anjlok, dan benar saja meskipun tidak kembali seperti biasanya, namun setidaknya BPK adsense yang saya dapatkan tidak anjlok anjlok amat lah.

Begitulah hingga akhir january setting adbalace di akun adsense saya saya biarkan sebesar 50 %, karena cukup efektif untuk menaikkan bpk bulan january yang anjlok.

Sampai tiba waktunya bulan februari, tepatnya seminggu sebelum di terbitkannya artikel ini, saya merasa sedikit kurang merasa puas dengan bpk saya yang cenderung tidak mengalami peningkatan, meskipun sudah saya setting ad balace hingga 50 %.

Perasaan kurang puas ini datang, karena pada bulan november dan desember tahun lalu meskipun saya tidak mengaktifkan ad balace namun bisa menghasilkan BPK yang lebih dari yang sekarang.

Baca juga : Cara mengaktifkan ads.txt di blogger

Dari sini saya sembat terfikir kembali untuk mengembalikan setting adbalace kembali menjadi 100 %, sebelum akhirnya saya melihat postingan salah satu blogger di forum google+ yang menyatakan bahwa bpk meningkat pesar setelah melakukan setting ad balace sebesar 70 %.

Dan dia mengatakan bahwa setting ada balance yang tepat itu harus di cari dan dialkukan ujicoba, jika 50% gak membuahkan hasil, maka diturnkan menjadi 60%, 70%, 80 % hingga mendapatkan settingan yang tepat.

Mendengar hal tersebut, saya langgsung tancap gas untuk mengubah setingg ad balace saya karena memang kurang memberikan hasil dan saya langsung merubahnya ke 70% lalu saya diamkan selama kurang lebih satu minggu.

Dan hasilnya, Tara...
pengaturan ad balance

Alhamdulillah saya berhasil mendapatkan bpk adasense diatas $0.10. wow sungguh pantastis rasanya, karena sebelum sebelumnya saya tidak pernah mendapatkan bpk lebih dari $0.10.

Terlepas dari benar atau tidaknya peningkatan ini murni karena pengaturan ad balance ataupun yang lainnya, yang jelas sampai artikel ini di tulis almahduillah saya masih mendapatkan nilai bpk yang stabil tak jauh berbeda dari screenshot di atas.


Baca juga : Target $100 perbulan dari google adsense akhirnya tercapai

Jadi Cara Setting Ad Balance Yang Tepat?

Kesimpulannya adalah masing masing blog itu memiliki settingan yang berbeda, dan untuk mendapatkan hasil yang terbaik jalan satu satunya adalah dengan melakukan percobaan sendiri dari masing masing settingan dari mualai 50 %, 55%, 60%, 65%,%70 dan seterusnya sampai sahabat menemukan settingan yang tepat.

Namun untuk blog yang masih baru saya sarankan jangan melakukan setting ad balance terlalu besar hingga 50 % karena bisa menyebabkan iklan blank, jadi saya sarankan sahabat melakukan trial di settingan 70% keatas.

Demikianlah sedikit tentang pengalaman saya melakukan setingg ad balance, semoga bisa membeikan sedikit manfaat buat sahabat blogger semua.

2 komentar

Waaaah terjawab sudah apa yang ada di pikiranku mas, terimakasih penjelasanya, eeh pengalamanya deng hihi hihi

Alhamdulillah mas Ukim kalo pengalaman saya bisa menjawab yang ada dipikiran sampean.
Berarti saya hebat donk.. :)


EmoticonEmoticon