Lebih Baik Kerja Atau Kuliah ? Saya Pilih Kerja

Lebih baik kerja atau kuliah? Bagi kalian yang mungkin baru saja menyelesaikan pendidikan di sekolah menengah atas, tentu sering mengalami dilema akan hal ini.

Apalagi buat kalian yang berasal dari keluarga yang kurang mampu. Disuatu sisi kalian ingin melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi, namun disisi lain kalian juga tidak ingin menambah beban orang tua lagi.

Jadi gimana donk, bingung pilih kerja atau kuliah ni?

Untuk menjawab dilema ini sebenarnya kembali kepada diri kalian sendiri lagi, seberapa besar keinginan kalian untuk kuliah, dan seberapa besar keyakinan kalian akan sukses dengan jurusan pilihan kalian.

Kalau saya pribadi sih, jujur dari awal saya mau lulus Sma (menjelang semester akhir) saya sudah memutuskan untuk memilih kerja, dan sama sekali tidak memiliki keinginan untuk kuliah.

Kenapa? Karena saya tidak ingin membebani kedua orang tua saya lagi dan saya ingin bisa hidup mandiri dan memnuhi kebutuhan hidup saya sendiri.

Karena menurut saya, kuliah itu hanya buang buang waktu dan biaya saja. Karena toh ujung ujungnya nanti juga harus cari kerja untuk bisa memenuhi kehidupan.
Ia kalau begitu lulus kuliah langsung dapat kerja, kalau nggak? Maka harus menunggu lowongan dan peluang kerja yang tak tentu arah.

Apalagi buat yang kuliah dengan harapan bisa menjadi pegawai negeripun sekarang sudah semakin susah, karen minimnya penerimaan pegawai negeri dan banyaknya persaingan.

Terbukti dgn banyaknya temen temen saya yang dulunya kuliah dan jadi sarjana, masih banyak yang belum dapat pekerjaan yang sesuai dengan ijazah mereka (yang untuk mendapatkannya sangat mahal).

Yang akhirnya mereka memilih untuk bekerja serabutan layaknya anak anak yang tidak kuliah.

Artikel terkait : Bingung cari kerja? jadi blogger aja
kuliah atau kerja


Jadi kalau saya ditanya mana yang lebih penting atara kuliah atau langsung kerja? maka saya lebih memilih untuk langsung kerja.

Tapi itu adalah pendapat pribadi saya.

Bukan berarti saya anti dengan yang namanya kuliah lho, bagi kalian yang memang memiliki kemampuan dan juga kemauan, maka gak ada salahnya untuk kuliah
Tetapi, kalau saya boleh ngasih saran, kalian harus fikirkan lebih dahulu tentang potensi jurusan serta peluang pekerjaan yang akan didapat nanti. Dan jangan hanya ikut ikutan teman saja, apalagi hanya terfokus agar bisa menjadi pegawai negeri.

Kenapa?

Seperti yang sudah saya jelaskan di atas, menjadi pegawai negeri itu tidak mudah, sekarang udh banyak saingan dan penerimaannya pun terbatas
Jadi lebih baik kalian pilih jurusan kuliah yang bisa memberikan kalian pekerjaan dengan mudah di masa depan kelak.

Hal hal demikian harus kalian fikirkan dengan matang sebelum kalian memutuskan untuk kuliah, agar tidak terjadi salah jurusan dan biaya kuliah kalian tidk terbuang percuma.

Kelebihan Langsung kerja dan kuliah lebih dahulu


Untuk melengkapi pembahasan kita kali ini maka tak lengkap kalau kita tidak tambahkan tentang kelebihan langsung kerja atau memilih kuliah lebih dahulu agar bisa memberikan sedikit gambaran kepada sahabat semua.

Kelebihan langsung kerja


1. Kita langsung bisa merasakan atmosfer dunia kerja

Yang perlu sahabat tahu, dunia kerja sangat jauh berbeda dengan dunia sekolah, disana kita akan di ikat dengan peraturan peraturan yang lebih ketat dan penuh kedisplinan, karena disana kita di gaji.

Maka bagi sahabat yang memutuskan untuk langsung kerja setelah SMA, kalian akan lebih cepat memahami atmosfer dunia kerja dan lebih cepat menyesuaikan diri dengan lingkungan lingkuangan kerja jika kita sudha merasakan kerja di beberapa perusahaan.

Baca juga : 6 Sektor pekerjaan dengan gaji tinggi di indonesia

2. Memiliki Pengalaman Kerja Lebih Cepat

Seperti kita tahu saat ini, banyak perusahaan yang tidak cuma mementingkan ijazah semata, mealiankan keterampilan dan pengalaman kerja yang dimilki seseorang. Nah buat kita yang memutuskan untuk langsung kerja, maka tentu kita akan bisa memiliki pengalaman kerja lebih cepat di bandingkan teman teman kita yang kuliah, yang suatu saat pengalaman kerja tersebut bisa kita gunakan untuk melamar kerja di tempat lain atau untuk kualifikasi gaji kita.

3. Lebih Mandiri Dan Memiliki Penghasilan Sendiri

Setelah kita kerja tentu kita akan memiliki penghasilan sendiri dari gaji kita setiap bulan, nah itu artinya kita sudah bisa mandiri dan tidak tergantung kepada orang tua lagi, yang itu artinya kita sudah menjadi manusia dewasa seutuhnya yang siap mengarungi kehidupan yang sesuangguhnya.

Bandingkan dengan teman kalian yang masih kuliah, mereka akan selalu tergantung kepada orang tua mereka sampa mereka lulus nanti.

4. Belajar Mengatur Keuangan Lebih Cepat

Pada saat kita sekolah dulu, keuangan kita selalu dibatasi dan di atur oleh orang tua kita, karena memang belum saatnya kita untuk memegang uang yang cukup banyak dan di khawatirkan kita tidak bisa mengatur keuangan dengan baik.

Nah, disaat kita sudah kerja dan punya gaji sendiri tentu ini merupakan suatu tantangan buat kita untuk mulai belajar mengelola keuangan yang kita punya, agar bisa kita manfaatkan untuk hal hal yang akan bermanfaat untuk masa depan kita kelak.

Karena disaat teman teman kita yang kuliah baru lulus dan mencari kerja, kita sudah pandai dalam mengatur keuangan.

Kelebihan Orang Yang Kuliah


1. Memiliki Pola Fikir Yang Lebih 

Terlepas dari jurusan apapun yang mereka pilih, terlepas dari berguna atau tidaknya ijazah mereka kelak, orang yang kuliah itu akan memiliki pola fikir yang lebih dibandingkan dengan yang hanya lulusan SMA.

Layaknya kita yang lulusan SMA dengan anak anak yang tidak sekolah pasti akan memiliki pola fikir serta sikap yang jauh berbeda bukan? inilah salah satu kelebihan jika kita memilih untuk kuliah lebih dahulu.

2. Kesempatan Karir Yang Lebih Terbuka

Tak bisa kita pungkiri juga orang orang yang memiliki pendidikan tinggi itu memiliki peluang karir yang lebih terbuka, dengan catatan mereka mengambil jurusan yang tepat yang sesuai dengan kebutuhan pasar dan juga sesuai dengna passion mereka.

Baca juga : Kerja sampingan sabtu minggu buat karyawan atau mahasiswa

3. Menjadi Ahli Dibidang tertentu

Dengan catatan orang yang kuliah tersebut benar benar mengutamakan untuk melatih keterampilan dan ilmu pengetahuan mereka dibandingkan mencari nilai semata, maka oarang orang yang kuliah itu akan menjadi ahli dibidang tertentu.

Semisal seperti : Dokter, Guru, Perawat, Arsitek, Insinyur merupakan keahlian keahlian yang hanya bisa kita dapatkan dengan cara kuliah.

Demikianlah kelebihan langsung kerja atau kuliah lebih dahulu, silahkan sahabat pilih dan timbang mana yang menurus sahabat lebih baik.


EmoticonEmoticon