Menjalankan Bisnis Kuliner Online ? Kenapa Tidak

Saat ini, hampir semua jenis bidang usaha memanfaatkan internet sebagai sarana untuk mengembangkan bisnis serta memperoleh keuntungan yang lebih besar dibandingkan dengan menjalankan dengan metode konvensional.

Hal ini karena sekarang sudah seiring dengan pergeseran trends masyarakat yang tidak ingin ribet dan ingin serba praktis dalam berbelanja dengan alasan malas atupun karena kesibukan mereka sehari hari yang semakin padat.

Untuk itu jika sahabat ingin menjalankan bisnis kuliner secara online saya rasa itu adalah ide bisnis yang sangat bagus, karena saat ini treds berbelanja online tak terbatas kepada barang barang fashion sepert baju, sepatu dan tas saja.

Melainkan sekarang juga sudah cukup marak trens membeli makanan secara online, baik itu makanan ringan yang sudah dalam kemasan ataupun makan siap saji.

Terutama dikota kota besar, sudah banyak pelaku bisnis kuliner baik itu kelas restoran atau rumah makan yang menyediakan delivery order secara online baik dengan menyediakan fasilitar antar sendiri ataupun dengan bekerja sama dengan penyedia jasa antar makanan seperti gojek.

So ! bagi sahabat yang ingin menjalan bisnis kuliner online, gak perlu khawatir akan prosepek pasar yang belum jelas, karena saya yakin akan semakin baik kedepannya, walaupun memang untuk bisnis kuliner siap saji, tentu akan ada batasan wilayah pemasanan yang kita terapkan, mengingat makanan tersebut tidak tahan lama.

Namun saya rasa itu bukanlah masalah besar, karena kita bisa menargetkan pasar di dalam kota dan sekitarnya yang masih bisa kita jangkau.

Namun demikian sebelum sahabat menjalankan bisnis kuliner online ini, ada beberapa hal yang harus sahabat pahami agar bisnis kuliner online sahabat bisa sukses. Diantarnya :

Baca juga : Usaha jajanan anak sekolah yang patut dicoba
bisnis kuliner online
Siap Mengantar Pesanan Kemana Saja Dan Kapan Saja

Konsep Menjalan Bisnis Kuliner Online

Yang harus sahabat pahami disini, menjalankan bisnis kuliner online itu tidak cukup dengan hanya menyebarkan brosur ataupun spanduk yang bertuliskan menerima pesanan atau delivery order dengan mencantumkan nomor handphone sahabat.

Karena hal semacam ini sudah dari dahulu kala banyak dilakukan oleh para pelaku bisnis kuliner yang ada di indonesia, tapi lihat hasilnya kurang maksimal kan?

Nah, yag harus sahabat tahu konsep bisnis kuliner online yang benar adalah sahabat harus bisa menyediakan fasilitas khusus berupa website yang berisakan beraneka ragam menu makanan yang kita tawarkan, sehingga para pengunjung bisa dengan leluasa memilh menu yang mereka suka.

Selain itu dengan menyediakan website khusus juga, kita bisa dengan mudah mempromosikan bisnis kta tidak hanya secara offline saja, melainkan bisa mempromosikannya melalui media sosial seperti facebook, twitter, istagram yang sekarang jauh lebih power full dibandingkan hanya dengan menggunakan spanduk maupun browur

Masuk akal kan?

Kalau mengenai pengiriman, jika sahabat belum bisa menyedakan fasilatas kendaran sendiri maka sahabat bisa mengjukan kerja sama dengan beberapa penyedia jasa pengiriman makanan, namun akan lebih bagus jika sahabat bisa menyediakannya sendiri.

Cara Membuat Websitenya Bagaimana?

Jika sahabat tidak punya keahlian didalam bidang ini, maka sahabat bisa menggunakan jasa pembuatan website yang sudah ada diinternet, disana ada banyak sekali yang menawarkan jasa pembuatan website yang bisa di sesuaikan dengan budget.

Namun jika sahabat ingin belajar membuat website sendiri, maka sahabat bisa memanfaatkan blogger.com untuk  membuat website untuk bisnis kuliner online sahabat.

Karena blogger.com ini sifatnya flexibel bisa kita gunakan untuk berbagai macam saran keperluan bisnis online, ataupun hanya untuk sarana berbagai tips dan informasi seperti blog saya ini juga menggunakan blogger.com.

Untuk lebih jelas silahkan sahabat baca antikel saya yang lain tentang : Cara membuat toko online sendiri

Tips Sukses Menjalankan Bisnis Kuliner Online

Nah sekarang sahabat sudah sedikit mengerti tentang konsep bisnis kuliner online, selanjutnya agar sahabat sukses menjalankanya maka tips dari saya adalah.

1. Kelengkapan Menu Yang Di Tawarkan

Semakin banyak dan lengkap menu yang ditawarkan maka sahabat akan semakin mudah untuk meraih konsumen, karena konsumen mengggap bahwa toko sahabat adalah yang paling lengkap.

Untuk itu sebisa mungkin sahabat harus menyediakan aneka plihan menu masakan yang banyak disukai masayarakat, agar bisa memperoleh kepercayaa sekaligus sebagai branding bisnis sahabat.

Jika tidak mampu menyediakan sendiri sahabat bisa melakukan kerja sama dengan beberapa restoran dan rumah makan, yang mana sudah sahabat survei sendiri mengenai rasa dan kualitas masakan mereka.

Dari situ bisa kita pasang menu dari rumah makan tersebut di website kita, jadi jika ada konsumen yang tertarik memesannya, kita bisa melakukan order kepada mereka.

2. Tepat Waktu Dalam Pengirman

Waktu pengiriman ini juga harus benar benar di perhatikan, karena akan sangat berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan terhadap bisnsi kuliner kita.

Jika kita telat dalam mengantarkan makanan tersebut, bisa jadi makanan yang sampai sudah berbeda kualitas rasanya, ataupun konsumen merasa tidak puas dengan jasa yang kita gunakan.

So !! dalam hal ini pastikan sahabat mengguakan jasa pengiriman yang sudah berpengalaman, ataupun mengunakan karyawan sendiri yang sudah terlatih dan mengerti medan.



3. Tampilan Website Yang Profesional

Tampilan website bisnis kuliner online kita mewakili image dari bisnis yang sedang kita jalankan, so kalau tampilan website kita terkesan kampungan dan tidak profesional maka itu akan sangat berpengaruh terhadap kepercayaan para custumer.

Untuk itu, jika sahabat tidak punya keahlian dalam mendesain website jangan memaksakan untuk membuat website sendiri, tapi gunakan jasa pembuat website yang profesional dan sudah berpengalaman.

Walupun mungkin harus mengeluarkan budget lebih, namun saya rasa itu bukanlah masalah yang besar demi kelancaran bisnis yang sedang kita bangun.

Demikian sedikit ulasan tentang menjalan bisnis kuliner online, semoga bisa bermanfaat untuk sahabat semua.


EmoticonEmoticon