Pengertian Entrepreneur, Ciri ciri Serta Kelebihan Dan Kekurangannya

Apa itu entrepreneur? bagi sahabat yang mungkin baru terjun kedunia bisnis tentu agak sedikit asing dengan kata ini, karena memang entrepreneur sendiri merupakan serapan dari bahasa inggris yang kini sudah banyak di gunakan oleh masyarakat kita.

Untuk itulah pada kesempatan kali ini kita akan membahas secara tuntas tentang pengertian dari entrepreneur ini agar sahabat tidak terkesan " Kuper " karena tidakmengetahui defininisi entrepreneur itu sendiri

Apalagi buat sahabat yang memiliki jiwa seorang wirausaha, maka sangat wajib untuk sahabat mengetahui apa itu entrepreneur.

Ok, gak usah bertele tele lagi, langsung saja yuk kita bahas apa yang yang dimaksud dengan entrepreneur.

Jadi Pengertian Entrepreneur Adalah?

Ada 2 Versi:
Pengertian entrepreneur

1. Pengertian entrepreneur secara bahasa


Adalah seseorang yang pandai dalam melakukan aktifitas wirausaha baik dalam mengenali produk produk baru, cara produksi, menyusun manajemen operasi serta pandai dalam memamasarkannya sehingga membuat aktiftas wirausahanya menjadi berkembang.

Atau dengan kata lain entrepreneur adalah sebutan bagi seseorang yang memiliki usaha sendiri dan mereka ahli dalam mengelola usahanya hingga menjadi seorang pengusaha sukses

Jadi sudah jelaskan antrepreneur = pengusaha 

Tapi bukan sembarang pengusaha, melainkan mereka yang sudah ahli, dan sukses didalam mengembangkan usahanya .
Baca juga : Cara memulai usaha yang baik dan benar

2.pengertian entrepreneur menurut para ahli

Untuk memantapkan pengetahuan kita tentang apa itu entrepreneur maka tak lengkap kalau kita tidak menghadirkan pendapat para ahli tentang apa itu entrepreneur, karena walau bagaimanapun mereka lebih tahu dari kita orang awam.

Berikut bebera pendapat para ahli tentang definisi entrepreneur :
  • Menurut Ricard Cantilon
Entrepreneur artinya seseorang yang berani mengambil resiko meskipun hasil yang akan di dapatkan masih belum ada kepastian ataupun bisa mendapatkan hasil yang berlainan dalam suatu usaha ataupun investasi.

  • Menurut Prijosaksono Dan Bawono
Definisi entrepreneur adalah mengacu pada 3 kata yakni : destiny, courage, action. Dimana destiny bermakna Tujuan hidup  serta sikap mental kita  dalam menggapai suatu keinginanan. Courger bermakna : Sikap untuk siap memulai dan menghadapi tantangan sertia action artinya : segera melakukan action atau langkah awal untuk memulai suatu usaha.

  • Menurut Kasmir
Arti entrepreneur adalah orang yang berjiwa pemberanai serta siap menghadapi segala resiko untuk membuka usaha dalam berbagai kesempatan dan peluang usaha sekecil apapun.

  • Menurut Meriedith
Entrepreneur adalah orang orang yang memiliki kesanggupan dalam melihat dan menilai suatu pelaung usaha, serta mengumpulkan sumber daya agar bisa melakukan tindakan yang tepat dan memperoleh kesuksesan.

  • Menurut Sri Edi Swasono
Pengertian entrepreneur adalah seorang pengusaha, namun tidak semua pengusaha adalah entrepreneur melainkan hanya mereka yang mampun menjadi pioner dan penanggung resiko dalam masa depan bisnis mereka.

GImana? sekrang sudah ngerti kan apa yang di maksud dengan entrepreneur? selanjutnya

Ciri Ciri Seorang Entrepreneur

Sebenarnya kalau sahabat sudah memahami tentang definisi entrepreneur diatas maka sahabat bisa dengan mudah mengenali ciri ciri seorang entrrepreneur, namun biar sahabat nggak bingung berikut ini akan saya berikan gambaran besar ciri ciri seorang entrepreneur.


  • Memiliki Mental Baja
Ini adalah ciri ciri utama dari seroang entrepreneur. Kenapa? karena dunia bisnis itu adalah dunia yang penuh ketidak pastian dan penuh akan persaingan, jadi hanya mereka mereka yang bermental bajalan yang mampu bertahan dan layak menyandang sebutuan seorang entrepreneur.

Karena bagi mereka yang tidak memiliki mental baja, maka dalam hitungan bulan atau bahkan dalam hitungan hari mereka sudah menyerah dan keluar dari dunia wiarusaha.

  • Melihat Masa Depan
Seorang entrepreneur adalah seseorang yang selalu melihat masa depan. Kenapa? karena baginya tidak penting siapa dia sekarang , melainkan siapa dia dimasa depan kelak.

Tidak masalah baginya saat ini mereka bekerja keras dan jatuh bangun dalam bisnis mereka, yang terpneting di masa depan kelak mereka akan meraih kesuksesan, itulah prinsip yang selalu mereka pegang.

Dari pada saat ini berleha leha denga menjadi seorang karyawan yang semuanya sudah ditanggung perusahaan. namuan apa yang akan terjadi dimasa depan, jika kita hanya jadi karyawan seumur hidup?

  • Mampu Melihat Peluang
Selanjutnya seorang entrepreneru adalah seorang yang mampu melihat peluang yang ada di sekitarnya, sekecil apapun peluang terseebut, karena baginya dari hal kecil tersebutlah suatu saat bisa menjadi besar.

Seorang entrepreur juga mampun melihat mana peluang usaha yang potensial dan mana peluang usaha yang kurang produktif kedepan serta dalam jangaka panjang.

  • Memiliki Sikap Optimistis
Seorang entrepreneur adalah sesorang yang selalu memiliki sikap optimistis dalam setiap usaha yang dia lakukan, karena baginya tidak akan pernah ada usaha yang akan menghianati hasil.

Meskipun munngkin akan butuh waktu yang cukup lama sampai akhirnya mereka bisa berhasil, namun mereka selalu optimis dalam setiap langkah yang dia lakukan.

Keuntungan Dan Kerugian Menjadi Seorang Entrepreneur

Dalam setiap hal pasti akan selau ada keuntugan dan kerugiannya, untuk itu tak lengkap rasanya kalau di positngan kali ini tidak kita ulas juga tentang kentungan dan kerugian menjadi seorang entrepreneur merujuk dari pengertiannya di atas.

Keuntungan menjadi seorang entrepreneur adalah :

  • Memiliki Kehidupan Yang Lebih Baik
Coba perhatikan kehidupan masyarakat kita. Mereka yang memilih menjadi seorang wirausahawan pastilah memiliki kehidupan yang lebih baik dibandingkan menjadi seorang karyawan. ia nggak? kenapa demikian? karena mereka memiliki kesempatan berkembang dengan cepat dibandingkan menjadi seorang karyawan.

Terutama dari segi penghasilan, seorang entrepreneur ketika berada dipuncak kesuksesannya maka akan memiliki penghasilan yang bahkan terkadang tak terbayangkan bagi seorang karyawan.

  • Tidak Terikat Dan Menjadi Bos Terhadap Diri Sendiri
Menjadi seorang entrepreneur atinya kita menjadi bos terhadap diri sendiri, artinya kita sudah tidak terikat lagi dengan segala aturan yang dibuat oleh orang lain layaknya kita bekerja di perusahaan.

Sebaliknya seorang entrepreur dia sendirilah yang membuat aturan dan strategi untuk bisa membawanya ke puncak kesuksesan dalam hidupnya.

  • Memiliki Kesempatan Lebih Besar Dalam Memenuhi Semua Impian
Sebagai seorang entrepereneur juga memiliki kesempatan lebih besar dalam memenuhi semua keinginan dan impian, karena penghasilan seorang entrepreneur itu tidak terbatas, dan setiap saat bisa terus berkembang, sehingga memenuhi semua impian dan keinginan bukanlah hal yang mustahil.

Berbeda jika kita menjadi seorang karyawan maka, akan sangat sulit kita dalam memenuhi semua impian, karena penghasilan yang sangat terbatas.
Kekurangan Menjadi Seorang Entrepreneur

  • Memiliki Resiko Yang Lebih Besar
Ini adalah kekurangan yang paling utama menjadi seorang entrepreneur, karena di awal awal membangun suatu usaha pastilah akan banyak rintangan dan masalah yang silih berganti yang terkadang banyak membuat para entreprenur bangkrut dan menderita kerugian.

Hal inilah yang paling banyak membuat seseorang enggan untuk menjadi seorang entrepreneur.

  • Memiliki Penghasilan Yang Tidak Pasti
Seseorang entrepreneru juga tidak memiliki penghasilan yang pasti, sehingga di awal awal membangun bisnis mereka, terkadang mereka harus hidup secara prihatin, karena masih minimnya penghasilan.

  • Memenuhi semua kebutuhan Sendiri
Berbeda dengan seorang karyawan, yang sudah ada jaminan kesehatan, kecelakaan kerja dari perusahaan, seorang entrepreneur harus memenuhi semua kebutuhan hidupnya sendiri tanpa bantuan dari siapapun.


EmoticonEmoticon