Cara Membuat Perencanaan Usaha Yang Baik Untuk Pemula

Seperti kata pepatah, " Jika anda melakukan sesuatu tanpa rencana, itu sama dengan anda merencanakan kegagalan anda ".

Ya, itu benar adanya. Karena tanpa suatu perencanaan yang baik, maka dalam melakukan segala sesuatu itu, laksana kita sedang berjalan di tempat asing tanpa adanya penuntun jalan, yang akhirnya membuat kita tesesat tak tahu kemana.

Begitu juga dalam melakukan suatu usaha ataupun bisnis, tanpa melakukan perencanaan usaha yang baik di awal kita memulai bisnis, maka itu akan membuat kita melakukan usaha secara serampangan, tanpa arah dan tujuan yang jelas, sehingga usaha kita sulit berkembang dan terkesan dijalankan secara untung untungan.

Padahal dalam dunia bisnis tidak ada namanya keberuntungan, yang ada adalah kerja keras dan kerja cerdas dengan strategi marketing yang matang, mengingat banyaknya persaingan yang menggeluti bidang yang sama seperti yang kita jalani.

Untuk itu sangat penting dari awal memuali bisnis kita juga melakukan perencanaan usaha dengan baik meliputi segala sesuatu yang berhubungan dengan kemajuan usaha yang akan kita bangun kelak.

Secara garis besar berikut cara membuat perencanaan usaha yang baik untuk pemula :

1. Menentukan Jenis Usaha Yang Akan Kita Geluti

Cara Membuat Perencanaan Usaha
Ini adalah hal utama yang harus kita rencanakan dan sekaligus kita tentukan, mengingat banyaknya jenis usaha yang ada di dunia ini yang bisa kita pilih, tak heran terkadang membuat kita bingung dan akhirnya memutuskan untuk  memilih jenis usaha secara sembarangan. 

Meskipun memang ada istilah menjalankan suatu usah aitu " just do it " jalani saja dulu, mengenai hasil mah belakangan. Namun bukan berarti kita menjalankan usaha itu tanpa rencana Sehingga begitu kita memulai usaha tersebut, akhirnya kita bingung sendiri dan tak tahu harus berbuat apa.

Tetapi dari awal seharusnya sudah kita buat perencanaan yang matang tentang jenis usaha yang akan kita pilih ini dengan beberapa pertimbangan :

# Seberapa Besar Minat Kita Di Dalam Jenis Usaha Yang Akan Kita PIlih

Semisal sahabat berkeinginan untuk terjun ke dalam usaha properti, maka sebaiknya sebelum sahabat terjun langsung, tanyakan pada diri sahabat seberapa besar minat diri sahabat kedalam bisnis property tersebut.

Kenapa ini penting?

Karena jika memang minat sahabat sangat besar di dalam bisnis property tersebut, maka akan mempermudah sahabat dalam menghadapi segala hal yang akan terjadi nantinya di dalam usaha tersebut. karena memulai sesuatu dengan minat itu akan sangat menyenangkan meskipun itu sulit.
# Seberapa Besar Potensi Keberhasilan Dari Jenis Usaha Yang Akan Kita Pilih

Selain minat, sangat penting juga untuk sahabat memperhatikan seberapa besar potensi keberhasilan dari jenis usaha yang akan sahabat pilih tersebut, karena tentunya nanti akan percuma jika kita sudah melakukan dengan sungguh sungguh tapi ternyata jenis usaha tersebut kurang potensial.

Untuk itu jika sahabat sudah tertarik menekuni suatu jenis bisnis, maka penting juga untuk meneliti potensi dari suatu bisnis tersebut.

Caranya?

Dengan mengamati pelaku pelaku usaha di dalam bidang usaha yang akan sahabat pilih, jika pelaku usaha di bidang yang akan sahabat pilih tersebut banyak yang sukses dan telah berlangsung cukup lama, bahkan mungkin hingga puluhan tahun, itu salah satu tanda bahwa bidang usaha tersebut cukup potensial untuk kita geluti.

# Seberapa Besar Kemampun Yang Kita Miliki Dalam Bidang Usaha Yang Akan Kita Pilih

Sangat penting juga untuk sahabat mempertimbangkan seberapa besar kemampuan sahabat dalam bidang usaha yang akan sahbat pilih, karena kemampuan dalam mengelola suatu usaha itu juga sangat penting dan salah satu penentu kesuksesan.

Namun juga jangan sampai hal ini menjadi penghalang sahabat untuk memulai usaha, karena kemampuan usaha itu bisa kita peroleh sembari berjalan, namun dengan mengetahui batas kemampuan usaha kita kita bisa menjadi lebih siap dalam mengauring dunia usaha dan lebih mengutamakan meningkatkan skill usaha kita lebih dahulu.

2. Menentukan Lokasi Usaha

Lokasi Usaha merupakan salah satu penentu terbesar dalam kesuksesan suatu usaha, terutama dalam hal usaha offline, karena semakin strategis suatu lokasi usaha maka akan sangat mudah kita untuk memperbesar usaha kita dengan cepat.

Itulah mengapa banyak para pebisnis yang rela membeli ataupun menyewa lokasi usaha yang strategis dengan harga yang sangat mahal, karena mereka tahu akan potensi yang bisa didapatkan dari lokasi tersebut.

Dan dalam hal perencanaan lokasi usaha ini ada beberapa hal yang haru sahabat pertimbangkan :

# Tingkat Keramaian

Ini adalah hal utama yang harus sahabat perhatikan dalam menentukan lokasi usaha yang akan sahabat pilih, karena semakin ramai suatu lokasi usaha tersebut maka akan semakin besar peluang usaha sahabat untuk seukses.

Bukan hanya letaknya saja yang di pinggir jalan raya, melainkan kepadatan jumlah penduduklah yang harus sahbat perhatikan dengan baik, karena meskipun letak lokasi usah akita di jalan raya, kalau penduduknya masih sedikit maka itu juga akna percuma.

# Daya Beli Masyarakat

Hal lain yang harus sahabt perhatikan dalam menentukan lokasi usaha adalah daya beli masyarakat sekitar, terutama untuk sahabat yang ingin melakukan usaha diluar bisnis sembako dan juga makanan.

Karena tingkat daya beli masyarakat suatu tempat dengna tempat lain itu bisa berbeda tergantung dari SDM dan juga sumber pendapatan dair masyarakat sekitar.

# Prilaku Masyarakat Sekitar

Penting juga untuk memperhatikan kecenderunagan prilaku masyarakat di sekitar lokasi usaha kita, apakah cocok dengan usaha yang akan kita bangun, baik itu berkaitan dengan adat dan tradisi setempat, ataupun tingkat keamanan lingkungannya akan sangat berpengaruh terhadap kesuksesan usaha sahabat.
Baca juga : Cara mencari tempat strategis untuk jualan

3. Startegi Pemasaran Yang Akan kIta Gunakan

Startegi pemasaran yang akan kita gunakan juga harus direncanakan dari awal kita hendak melakukan suatu usaha, karena pemasaran memegang peranan yang sangat penting untuk kesuksesan usaha kita.

Karena tentunya sebagai pemula didalam suatu bidang usaha maka tentu belum banyak yang mengetahui tentang keberadaan bisnis sahabat sehingga haruslah benar benar kita fikirkan strategi yang matang untuk memasarkan usaha kita tersebut.

Dimana dalam hal ini biasanya ada 2 hal yang harus kita rencanakan.

# Strategi Pemasaran Konvensional

Meliputi pemasaran melalui boursur brosur, diskon ataupun memperkenalkan bisnis kita di buzar yang di adakan di daerah kita agar produk yang kita jual cepan di kenal oleh masyarakat.

# Strategi Pemasaran Online

Dizaman sekarang tidak memanfaatkan media online sebagai sarana pemasaran tentu sangatlah fatal mengingat media online sekarang merupakan media yang paling efektif didalam hal pemasaran, sering dengan perpendahan trendz belanja masyarakat dari konvensional ke belanja online.

Terutama jika sahabat berkecimpung dalam usaha fahsion, aksesoris. makanan merupakan sesuatu yang sudah tidak asing lagi masyarakat untuk membelinya secara online.

Untuk itu dari awal memulai usaha, hendaknya sudah sedemikian rupa kita rencanakan dengan baik, tentang bagaimana sahabat akan memasarkan usaha sahabat secara online, apakah melalui blog, media sosial, marketplace ataupun mengunakan semuanya.

4. Proyeksi Laba Dan Kerugian

Dalam dunia usaha tentu tidak akan terlepas dari laba dan rugi, apa lagi di awal awal kita memulai usaha merupakan saat saat rentan dimana kita akan mengalami kerugian dan keuntungan yang belum stabil.

Untuk itu melakukan proyeksi laba dan rugi dengan merencanakannya dari awal sangatlah penting, agar sahabat sudah siap sedia dalam menghadapi semua kemungkinan yang akan terjadi.

Proyeksi laba rugi ini meliputi :

# Perkiraan biaya Operasional

Setidaknya sahabat harus mengetahui berapa gambaran besar biaya operasional yang akan sahabat keluarkan untuk keperluan usaha sahabat selama 1 bulan, sehingga sahabat bisa mempersiapkan semuanya dari sekarang dan tidak gelabakan ketikan memulai usaha nantinya.

# Perkiraan Keuntungan

Mengetahui perkiraan keuntungan juga sangat penting, agar sahabat bisa mengetahui seberapa besar keuntungan yang bisa sahabat dapatkan dari usaha sahabat tersebut, sehingga bisa diandalakan dimasa depan.

# Antisipasi Kerugian

Anggap saja dari awal memulai usaha hingga 6 bulan kedepan kita akan mengalami kerugian, mengingat kita belum menguasai pasar dan belum banyak yang mengetahui bisnis kita, maka antisipasi kerugian ini sangat penting, untuk menopang usaha kita agar tidak bangkrut dan mati sebelum berkembang.

5. Hal Hal Yang Harus Dilakukan Untuk Mempercepat Perkembangan Usaha

Yang terakhir jangan sampai sahabat lewatkan adalah membuat perencanaan yang akan mempercepat perkembangan usaha sahabat diluar hal hal di atas seperti :

# Melakukan evaluasi terhadap usaha yang sudah sahabat lakukan

Dengan melakukan evaluasi terhadap usaha yang kita lakukan maka kita akan mengetahui mana hal hal yang efektif dan mana yang tidak terhadap perkembangan usaha sahabat, sehingga sahabat bisa dengan segera melakukan perbaikan.

# Perencanaan pengelolaan keuangan

Pengelolaan keuangan juga sangat penting, karena disinilah letak apakah usaha kita akan berhasil ataupun bangkrut, karena jika kita salah dalam melakukan pengelolan keuangan, maka usaha kita akan sulit berkembang.

Apalagi jika sampai mencampur adukan antara keuangan usaha dengan keuangan sehari hari, maka akan sulit untuk bisa membuat usaha kita menjadi lebih besar.


EmoticonEmoticon