7 Tabungan Masa Depan Yang Harus Di Persiapkan Dari Sekarang

Seperti kata pepatah, tak penting siapa kita sekarang. Yang penting siapa kita 10 dan 20 tahun yang akan datang.

Ya itu benar adanya, karena masa depan adalah masa yang akan kita semua hadapi kelak, yang mana nasib kita dimasa depan nanti itu tergantung apa yang kita lakukan saat ini. Jika saat ini kita lebih banyak poya poya, maka bisa dipastikan masa depan kita akan suram kelak, meskipun saat ini sahabat begelimang harta.

Sebaliknya jika sahabat pandai menabung, maka akan ada secerca harapan di masa depan, meskipun munggkin saat ini kita hidup sangat sederhana.

Kalau sahabat jeli hal semacam ini sudah sering terjadi dimasyarakat kita, tak sedikit yang dulunya dia seorang yang karya raya, tapi dimasa depan dia hidup meminta minta karena hartannya dulu digunakan untuk berpoya poya.

Untuk itu, mulai dari sekarang mari kita siapkan masa depan kita sebaik mungkin, dengan mengelola keungan dengan baik, salah satunya dengan menyiapkan beberapa tabungan masa depan yang akan kita hadapi kelak.

Apa saja tabungan masa depan yang harus kita siapkan dari sekarang? yuk kita simak ulasannya di bawah ini :
Tabungan Masa Depan

1. Tabungan Modal Usaha

Kenapa ini saya tempatkan di posisi pertama?

Karena jika kita hanya mengandalkan gaji untuk menyediakan semua tabungan masa depan maka saya rasa akan sangat sulit, mengingat banyaknya kebutuhan sehari hari yang harus di penuhi.

Untuk itu, hal yang paling utama harus sahabat usahakan adalah tabungan untuk modal usaha. Kenapa? karena jika nanti modal usaha sudah terkumpul, maka usaha tersebut bisa membantu keuangan kita, yang tentunya bisa digunakan untuk menabung untuk tabungan masa depan yang lain.


2. Tabungan Investasi

Selanjutnya tabungan masa depan yang ke 2 yang harus sahabat siapkan adalah tabungan  investasi. Kenapa? Karena seperti kita tahu, tabungan dalam bentuk uang sangat rentan terkikis oleh lajut inflasi. sehingga kita sangat sulit untuk mengembangkan keungan kia dimasa depan, karena harga barang yang juga semakin naik setiap tahunnya.

Berbeda jika kita melakukan tabungan investasi seperti investasi tanah, maka dimasa depan bisa kita jadikan aset yang bisa diandalkan, karena tidak akan pernah terkikis oleh inflasi, malah nilainya akan cenderung meningkat dari tahun ketahunya.

Jadi. tabungan investasi harus kita jadikan prioritas, kalau kita ingin mempunyai kehidupan yang lebih baik dimasa depan kelak.


3. Tabungan Dana Darurat

Sebagai manusia biasa tentu kita tidak menginginkan sesuatu yang tidak baik terjadi pada diri kita dan keluarga. Namun sebagai manusia biasa juga kita tidak akan pernah bisa menolak jika ujian dan musibah datang.

Untuk itulah sangat penting untuk kita juga menyediakan tabungan dana darurat dari sekarang. sehingga jika suatu saat nanti kita dan keluarga mengalami musibah, kita tidak mengalami kesulitan dalam hal biaya.

Tabungan dana darurat ini bisa juga sahabat alihkan kedalam bentuk asuransi, seperti asuransi kesehatan, atau asuransi aset. yang sewaktu waktu bisa kita cairkan dananya ketika kita membutuhkan.

4. Tabungan Pendidikan Anak

Sebagai orang tua tentulah kita ingin memberikan pendidikan yang terbaik untuk anak anak kita, agar mereka bisa menjadi manusa yang berguna bagi masyarakat, negara dan juga orang tuanya.

Nah, sayangnya dari tahun ketahun biaya pendidikan itu sangatlah mahal, yang terkadang banyak orang tua yang tidak mampu untuk membiaya anak anaknya untuk melanjutkan pendidikan.

Nah, kalau hal demikian tidak ingin terjadi kepada sahabat, maka sahabat harus menyediakan tabungan pendidikan anak dari sekarang.

Ngak usah terlalu besar, cukup dengan rp.50.000 s/d Rp.100.000 perbulan saja, sebenarnya sudah lebih dari cukup jika dilakukan secara rutin hingga anak anak sahabat dewasa dan harus melanjutkan kependidkan yang lebih tinggi. Ia nggak?

Tinggal sahabat kalikan aja Rp.100.000 x 20 tahun sedah berapa? sedangkan uang 100 ribu itu kalau kita pegang ditangan, maka dalam satu hari saja sudah habis.


5. Tabungan Untuk Perumahan

Perumahan merupakan keperluan yang tidak bisa kita elakkan, suka tidak suka, mau tidak mau kita harus bisa mempunyai tempat tinggal sendiri, untuk kita dan keluarga kita, dan tak mungkin selamnya numpang dengan orang tua.

Untuk itu, sejak dini tabungan untuk perumahan ini sudah seharusnya kita anggarkan dan kita fikirkan, agar pada saatnya nanti kita bisa cepat memiliki rumah sendiri.

6. Tabungan Untuk Kendaraan

Dijaman sekarang ini, tidak memiliki kendaraan pribadi maka akan sangat sulit kita untuk sekedar bersilaturahmi ke tempat keluarga dan sahabat, ataupun untuk keperluan kerja kita sehari hari.

Apalagi buat kita yang tinggal di desa yang cukup terpencil dimana transportasi umum belum memadai, maka jika kita tidak memiliki kendaraan pribadi maka akan sangat sulit untuk ktia bisa beraktifitas.

Untuk itulah tabungan kendaraan ini juga harus masuk dalam rencana tabungan masa depan kita.


7. Tabungan Pensiun

Yang terakhir yang harus kita siapkan adalah tabungan pensiun, karena suatu saat nanti mau tidak mau kita akan memasuki masa pensiun, dimana suatu masa yang kita sudah tidak bisa leluasa untuk beraktifitas karena keterbatasan tenaga.

Suatu masa dimana kita sudah tidak bisa bekerja lagi, dan suatu masa kita menikamati masa tua sambil menunggu panggilan dari sang Ilahi.

Jika hal itu ktia tidak sipakan dari sekarang, maka akan sangat memberatkan kita nanti dimasa masa tua kita, seperti yang sudah banyak terjadi pada orang lain disekitar kita.


EmoticonEmoticon