Tips Tetap Produktif Bagi Anda Yang Bekerja Dari Rumah

Saat ini pertumbuhan orang orang yang bekerja dari rumah sudah semakin banyak, seiring dengan pekembangan teknologi internet yang semakin besar yang memungkinkan seseorang untuk melakukan pertemuan jarak jauh, pertukaran data, dan mengirim laporan dengan cepat.

Maka tak heran jika sudah mulai banyak perusahaan yang mempekerjakan karyawannya secara flexibel hanya dari rumah, terutama di negara negara maju seperti amerika dan negara negara eropa lain.

Di indonesia sendiripun sebenarnya sudah banyak masyarakat yang bekerja dari rumah, meskipun hanya terbatas pada kalangan tertentu dan bersifat sebagai online entrepreneur seperti, blogger, freelace writer, content writer, web desginer, mobile aplication dll.

Nah yang perlu sahabat tahu disini, bekerja dari rumah itu sebenarnya tidaklah semudah dan segampang yang sahabat bayangkan, karena bekerja dari rumah itu bukan berarti hanya duduk diam dapat duit, melainkan kita tetap harus bekerja dan memastikan semuanya berjalan lacar.

Terutama buat sahabat yang bekerja dari rumah namun masih terikat dengan suatu perusahaan ataupun sahabat yang bekerja sendiri seperti saya sebagai seorang blogger, tetap saja, saya harus bisa disiplin dan komitmen agar bisa produktif dan bisa menghasilkan uang jauh lebih besar.

Karena kalau tidak, bukannya hasil yang kita dapatkan, tetapi malah kita akan terjebak pada rutinas kemalasan dan terjbak pada aktifitas pribadi yang terkadang banyak menyita waktu.

Untuk itu pada kesempatan kali, saya akan sedikit berbagi tips agar kita tetap bisa produktif meski kita bekerja dari rumah.
Bekerja Dari Rumah

1. Buat Jadwal Bekerja

Ini yang paling penting, karna bekerja dari rumah itu kita semua yang mengatur dan merencanakan semua, membuat jadwal bekerja adalah hal yang wajib untuk kita lakukan, agar kita bisa bekerja secara  produktif setiap harinya.

Karena kalau tidak, maka kita akan cenderung terjerumus dengan kegiatan kegiatan pribadi yang terkadang membuat pekerjaan kita terbengkalai dan akhirnya teretunda dan tidak produktif lagi.

Dengan membuat jadwal bekerja, maka kita bisa tahu kapan kita harus bekerja dan menyelesaikan semua pekerjaan kita tersebut dengan baik tanpa kurang satu apapun.

2. Pilih Dan Temukan Waktu Yang Paling Produktif

Ada yang lebih nyaman bekerja di malam hari, sebagian lagi lebih nyaman bekerja dipagi hari, semua orang memiliki passion sendiri dalam memilih waktu bekerja di rumah.

Nah untuk itu sahabat harus juga mengetahui dimana waktu paling produktif dan paling nyaman saat bekerja bagi sahabat, jika sahabat lebih nyaman bekerja malam hari, maka pastikan pada malam hari tersebut sahabat bisa menyelesaikan semua pekerjaan sahabat.

Jika sahabat lebih nyaman bekerja pada pagi hari, maka komitmenlah agar sahabat bisa menyelesaikan seluruh pekerjaan pada pagi hari.

Kalau saya pribadi, sebagai blogger, saya lebih nyaman dan konsisten bekerja pada pagi hari, setelah selesai sholat shubuh, maka sebisa mungkin saya untuk bisa menyelesaikan 2 artikel sampai tiba waktu dhuha.

3. Buat Ruang Kerja Yang Layak Dan Nyaman

Lokasi kerja yang nyaman akan sangat berpengaruh terhadap produktifitas kita saat bekerja dan menghasilkan karya karya brilian, untuk itu meskipun bekerja dari rumah, alangkah lebih baiknya jika sahabat memnydiakan ruang kerja khusus yang layak dan nyaman, sehingga sahabat bisa bekerja dengan sangat produktif.

Dibandingkan jika sahabat bekerja di kamar ataupun ruang tamu yang terkadang bisa membuat kita tidak berkonsentrasi saat bekerja karena banyaknya "gangguan" baik itu dari anak maupun lainnya.

4. Jangan Lupa Mandi Di Pagi Hari

Meskipun kita hanya bekerja dari rumah, namun bukan berarti kita melupakan kesehatan dan kebersihan tubuh kita, terutama mandi di pagi hari, karena mandi di pagi hari akan membuat tubuh kita bugar dan fresh, sehingga kita siap untuk menjalani aktifitas kita sehari hari.

5. Cari Suasana Baru Jika Sedang Bosan

Sebagai manusia biasa tentu tidak akan pernah lepas dari rasa jenuh dan bosan untuk menjalani aktifitas sehar hari, untuk itu alangkah baiknya adakalanya sahabat melakukan penyegaran dengan mencari suasana baru, misalnya dengan bekerja di cafe ataupun mall terdekat yang menyediakan ruang tempat bersanti.

Hal ini sangat ampuh untuk menumbuhkan produktivitas kita menurut saya pribadi, karena dengan sesekali melakukan penyegaran, maka otak kita akan kembali fresh dan bugar untuk melakukan rutinitas kita sehari hari.

6. Jangan Lupa Ibadah

Jangan lupa, kita hidup di dunia ini hanya sementara, tidak ada alasan apapun yang menyebabkan kita untuk menginggalkan ibadah, apalagi jika kita bekerja di rumah, justru seharusnya kita lebih rajin dan giat beribadah, karena kita memiliki banyak waktu lebih di bandingkan kita bekerja di kantor.

Yakinlah, dengan banyak beribadah tidak akan menghambat produktifitas kerja kita, malahan sebaliknya akan membuat kita lebih produktif dan bisa menghasilkan karya yang bagus dan bisa mebuat hidup kita sukses.

Karena sudah sifat dasar manusia, akan mendapatkan ketenangan jiwa jika mereka dekat kepada Tuhan yang menciptakan dan mengasihinya.

7. Istirahat Yang Teratur

Bekerja seharian penuh hingga melupakan istirah, saya rasa bukanlah cara yang bijak, karena akan membuat tubuh kita lelah dan keesokan harinya kita tidak bisa lagi seproduktif hari kemarin.

Untuk itu istirahat yang teratur juga sangat penting, untuk mengembalikan kebugaran tubuh kita, agar kita bisa kembali bekerja dengan bugar.

Lagian untuk apa kita sukses kalau ujung ujungnya kita tidak sehat? ia nggak? untuk itu istirahat yang teratur juga bagian terpenting untuk kita yang bekerja dari rumah, agar kita bisa lebih produktif lagi.

8. Sempatkan Diri Untuk Mengasah Sklil

Semakin kedepan, persaingan akan semakin pesat dan semakin ramai, dan hanya mereka mereka yang memliki kemampuan serta adaptasi yang baiklah yang mampu bertahan, untuk itu selalu sempatkan diri untuk mengasah sklill kita dengan banyak melakukan trial error maupun dengan banyak membaca dari sumber sumber yang dapat dipercaya.

Agar kita selalu bisa meningkatkan skill dan kemampuan kita serta melebarkan sayap bisnis dan usaha yang sedang kita jalani sekarang.

Demikianlah sediit tips tetap produktif bagi anda yang bekerja di rumah, semoga bisa bermanfaat utnuk kita semua.


EmoticonEmoticon