Laundry Sepatu : Usaha Baru Yang Sedang Booming Namun Minim Pesaing

Berbicara tentang usaha laundry, sebenarnya bukanlah suatu usaha baru dikalangan masyarakat kita, karena usaha ini sudah banyak yang menggelutinya, terutama di kota kota besar.

Namun bagaimana dengan laundry sepatu? saya yakin sahabat kerjaonline.my.id pasti masih banyak yang belum tahu. Ia kan? karena memang usaha laundry ini masih terbilang usaha yang masih baru seiring dengan perkembangan trend penggunaan sepatu sepatu bermerek seperti " Sneaker " yang kini banyak digandrungi oleh para kaula muda.


Nah, sadar akan harga sepatu bermerek mereka cukup menguras kantong, tentunya sangat disayangkan jika sepatu sepatu tersebut tidak dirawat dengan baik, salah satunya dengan mencucinya secara berkala di laundry lundry sepatu, mengingat untuk mencuci sepatu ini tidaklah semudah mencuci baju karena dari mulai peralatannya haruslah menggunakan spesifikasi khusus sesuai dengan jenis bahan sepatunya.


Inilah yang kemudian banyak di tangkap oleh para anak anak muda kreatif sebut saja seperti Tirta Mandira Hudi pemilik shoes and care Yogyakarta yang kini sudah melebarkan sayap di beberapa kota lainnya.


Atau seperti Dian Maya Puspita pemilik dari Shoe Bible yang bermarkas di pasar santa jakarta dan juga  Brian Pattiepeilohy pemilik usaha laudry sepatu Sneaklin, dan masih banyak lagi lainnya yang tidak bisa saya sebutkan semua.


Yang jelas usaha laundry sepatu ini sudah cukup banyak melahirkan pengusaha pengusaha muda baru dengan omzet yang bisa dibilang fantastis. Untuk itulah pada kesempatan kali ini saya sangat tertarik untuk mengulas tentang laundry sepatu ini yang semoga bisa memberikan inspirasi untuk kita semua.

Baca juga : Usaha yang bagus dan cocok untuk anak muda
laundry sepatu


Cara Memulai Usaha Lundry Sepatu

Nah bagi sahabat yang sampai sekarang masih bingung mau usaha apa, saya rasa usaha laundry sepatu ini bisa menjadi pilihan bagi sahabat, mengingat usah ini masih terbilang baru dan masih sangat minim pesaing, jadi peluang untuk sukses di usaha ini masih sangat terbuka lebar.

Tapi bagaimana cara memulainya?

1. Pengetahuan Tentang Peralatan Peralatan Shoe and Care


Ini adalah yang paling penting jika sahabat ingin terjun kedalam bisnis ini, karena seperti yang saya jelaskan sedikit diatas, mencuci sepatu sangat jauh berbeda dengan mencuci baju dan tidak sama dengan laundry umum.

Seperti pengalaman beberapa pengusaha laundry sepatu sebelum mereka memulai usaha ini mereka pernah mencoba mencuci sepatu mereka di laundry umum naman akhirnya yang terjadi bukannya bersih malah bisa menjadi rusak dan pudar.

Untuk itulah jika sahabat ingin membuka usaha laundry sepatu ini maka sahabat wajib membekali diri sahabat dengan pengetahuan tentang peralatan yang digunakan oleh shoe and care dari mulai sabun yang digunakan, sikat, mesin pengering dll.

2. Mengetahui Cara Mencuci Sepatu Yang Benar


Nah setelah sahabat mengetahui tentang peralatan yang digunakan oleh shoe and care maka sahabat juga harus tahu menggunakan peralatan tersebut agar bisa mencuci sepatu dengan benar.

Karena untuk mencuci sepatu ini bisa dibilang sangat kompleks karena ada bagian bagian tertenu yang bahkan harus menggunakan sikat yang berbeda beda atau ada bagian bagian tertentu yang justru tidak boleh disikat.

Untuk itu sangat penting sahabat untuk melakukan banyak praktek sebelum membuka usaha yang satu ini.

Dan jika sahabat rasa sudah mulai mahir maka sahabat sudah bisa memulai usaha laundry sepatu sendiri.

Waralaba Laundry Sepatu

Untuk sahabat yang masih kebingungan dalam menggali informasi tentang peralatan peralatan yang digunakan oelh shoe and care serta cara mencuci sepatu yang benar, maka solusinya adalah dengan mengikuti waralaba laundry sepatu.

Karena saat ini sudah cukup banyak usaha landry sepatu yang mengusung konsep franchise seperti :

Shoebible

Setelah cukup sukses mengembangkan usahanya, kini shoebible mengusung konsep waralaba agar bisa mengembangan sayap dan mengajak para anak muda di seluruh indonesia yang ingin membeli usaha laundry sepatu seperti mereka.

Dimana ada 2 paket bisnis yang ditawarkan yakni paket reguler : Rp. 15 juta s/d Rp.20 juta dan juga paket Exklusif yang dibandrol dengan harga : Rp.45 juta s/d Rp.60 juta.

Dimana dari kedua paket tersebut para mitra yang bergabung akan mendapatkan fasiltas dan peralatan lengkap seperti mesin cuci, mesin pengering, shoe bag, bahan baku washer serta peralatan lainnya.

Dan yang tak kalah penting adalah para mitra akan mendapatkan juga bimbingan dan pelatihan secara langsung, sehingga semua mitra bisa menjalankan usaha dengan profesional.

The Clean Bar

Ada juga the celan bar yang merupakan bisnis jasa laundry sepatu yang berasal dari kota solo. juga mengusung konsep waralaba bagi siapa saja yang ingin bergabung menjadi mitra mereka dengan harga paket yang ditawarkan mulai dari Rp.75 juga s/d Rp.80 juta dengan fasilitas semua peraltan shoe and care, tas, booth , tv lcd dan juga pendampingan samapai waktu yang tak terbatas.

Shoes And Care

Kelebihan dari waralaba laundry sepatu yang satu ini adalah tidak adanya Royalty fee setiap bulannya dan paket investasi yang di tawarkanpun cukup terjangkau karena bisa dimulai dari hara Rp.30 juta s/d 75 juta dengan estimasi balik modal selama 4 bulan.

Demikianlah sedikit ulasan tentang usaha laundry sepatu yang sedang booming akhir akhir ini semoga bisa bermanfaat utnuk sahabat semua.


EmoticonEmoticon